PENGARUH FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG KE OBYEK WISATA PUNCAK PINUS BECICI BANTUL YOGYAKARTA

Authors

  • Wahono Wahono Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Heri Prasetyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2525

Keywords:

Pesona Wisata, Komunikasi Lisan, Daya tarik wisata, Minat berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung ke obyek wisata Puncak Pinus Becici di Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang pernah atau sedang berkunjung ke objek wisata Puncak Pinus Becici. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang diajukan kepada 100 responden.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang dilanjutkan dengan uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pesona wisata komunikasi lisan, citra destinasi, dan simultan signifikan terhadap variabel minat berkunjung.

References

Albarq, A. N. (2014). Measuring the Impacts of Online Word-of-Mouth on Tourists’ Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research, 14-22

Aliffudy, V., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). PENGARUH PERSEPSI NILAI, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (Studi kasus pada Jawa Timur Park 3 Kota Wisata Batu). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(12).

Aprilia, Fitri, Srikandi Kumadji, Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Komunikasi lisan Terhadap Minat Berkunjung serta dampaknya pada Keputusan Berkunjung: Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 24, No. 2, 1-6

Arafat, wilson. 2006. Behind a Powerfull Image. Yogyakarta: Andi Offset

Babin, Barry, 2015. Modelling Consumer Satisfaction and Komunikasi lisan: Restaurant Patronage In Korea, The Journal Of Service Marketing. Vol 19 No.3 hal 133 – 139.

Basiya, R., & Rozak, H. A. (2012). Dinamika Kepariwisataan. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah, Vol. 11, No. 2.

Baud-Bovy, Manuel & Fred Lawson (1997). Tourism and Recreation Development: A Handbook of Physical Planning. Great Britain : The Architectural Press Ltd.

Chi, C.G.-Q., Qu, H. (2008): “Examining the structural relationship of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: an integrated approach”, Tourism Management, vol 29 (4), p. 624-636.

Engel, James F. Roger D. Blackwell dan Paul W Miniard. 2006. Perilaku Konsumen, (Alih Bahasa Bidi Janto), Jilid II, Edisi Keenam, Binarupa Aksara, Jakrta Barat.

Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hal 122.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Indriastuty, N., Saputro, W. E., & Sukimin, S. (2020). ANALISIS DAYA TARIK WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56-73.

Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana Indonesia.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Tiga belas. Dialihbahasakan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Dialihbahasakan oleh A.B Susanto. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, John C. and Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Alih bahasa Dwi Kartini Yahya. Jilid 2. Ed. 5. Jakarta: Erlangga.

Sernovitz, Andy. 2010. Komunikasi lisan Marketing : How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York : Kaplan Publishing.

Sinaga, Supriono (2010:12) Potensi dan Pengembangan objek wisata di kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.

Stanley Lemeshow, David W. Hosmer J, Janeile Klar & Stephen K. Lwanga, 1997,Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan, Gajah Mada Uneversity Press, Yokyakarta, hal. 2

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis.(Edisi I). Bantul: ANDI OFFSET. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi, S., Sukhemi, S., & Siswanta, L. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA SENDANGSARI, PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL MELALUI ANALISIS SWOT. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(1), 151-162.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 118

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic komunikasi lisan terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 1-10.

Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing ISBN 978-602-19897-0-8.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Wahono, W., & Prasetyo, H. (2024). PENGARUH FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG KE OBYEK WISATA PUNCAK PINUS BECICI BANTUL YOGYAKARTA. Journal Competency of Business, 8(01), 155–169. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2525

Most read articles by the same author(s)