PENGARUH KOMUNIKASI LISAN TERHADAP MINAT ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN PT SARI HUSADA MENGAJUKAN KREDIT DI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOPERKASA
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2524Keywords:
Komunikasi Lisan, Minat, Koperasi, KreditAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi anggota koperasi karyawan untuk mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa komunikasi lisan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Dengan komunikasi seseorang dapat mengetahui informasi dari orang-orang di sekitar tentang suatu hal, termasuk kredit perbankan.
Sampel dalam penelitian ini adalah anggota koperasi Karyawan PT SGM Sarihusada Yogyakarta, yang meliputi pimpinan dan pengurus koperasi serta anggota yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. yang disebarkan kepada angota koperasi karyawan Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Volume berpengaruh signifikan terhadap minat angggota kopearasi mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa; (2) Sebaran berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa dan (3) Volume dan sebaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat anggota koperasi karyawan mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa.
References
Basu Swasta, 2002, Marketing, Penerbit BPFE, Yogyakarta
Buchari Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung
Christopher Lovelock, 2011, Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi, Erlangga, Jakarta
Engel, dkk, 1994, Perilaku Konsumen. Edisi Ke -6, Binarupa, Jakarta
Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS for Windows, BP Undip, Semarang
Joechen Wirtz dan Cristopher Lovelock, 2022, Services Marketing: People, Technology, Strategy, 9th edition, Word Scienyific Publising
Leon Schiffman dan Leslie lazar Kanuk, 2009, Perilaku Konsumen, Penerbit: PT Indeks, Jakarta
Mitha Rana Paragita, 2013, Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Mengajukan Kredit pada PT.Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk Cabang Nganjuk, Jurnal Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
Paul Peter J dan Olson Jerry, 2000, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Penerbit: Erlangga, Jakarta
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta
Philip Kotler, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Philip Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Schiffman, Leon dan Kanuk. Leslie. 2009. Consumer Behavior Eight Edition : International Edition New Jersey ; Pearson Prentice Hall. USA
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta
Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Penelitian, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta
Skripsi tidak dipublikasikan
_______www.finansialbisnis.com/read/…/ , diakses tanggal 10 Mei 2024
_______Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) , diakses tanggal 12 Juni 2024
---------- e- Jurnal