PENGARUH KOMUNIKASI LISAN TERHADAP MINAT ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN PT SARI HUSADA MENGAJUKAN KREDIT DI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOPERKASA

Authors

  • Agus Chandra Pradana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Heri Prasetyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2524

Keywords:

Komunikasi Lisan, Minat, Koperasi, Kredit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi anggota koperasi karyawan untuk mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa komunikasi lisan  merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Dengan komunikasi seseorang dapat mengetahui informasi dari orang-orang di sekitar tentang suatu hal, termasuk kredit perbankan.

Sampel dalam penelitian ini adalah anggota koperasi Karyawan PT SGM Sarihusada Yogyakarta, yang meliputi pimpinan dan pengurus koperasi serta anggota yang berjumlah  100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. yang disebarkan kepada angota koperasi karyawan Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Volume berpengaruh signifikan terhadap minat angggota kopearasi mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa; (2) Sebaran berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa dan (3) Volume dan sebaran secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat anggota koperasi karyawan mengajukan kredit di Koperasi Simpan Pinjam Koperkasa.

References

Basu Swasta, 2002, Marketing, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Buchari Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung

Christopher Lovelock, 2011, Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi, Erlangga, Jakarta

Engel, dkk, 1994, Perilaku Konsumen. Edisi Ke -6, Binarupa, Jakarta

Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS for Windows, BP Undip, Semarang

Joechen Wirtz dan Cristopher Lovelock, 2022, Services Marketing: People, Technology, Strategy, 9th edition, Word Scienyific Publising

Leon Schiffman dan Leslie lazar Kanuk, 2009, Perilaku Konsumen, Penerbit: PT Indeks, Jakarta

Mitha Rana Paragita, 2013, Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Mengajukan Kredit pada PT.Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk Cabang Nganjuk, Jurnal Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Paul Peter J dan Olson Jerry, 2000, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Penerbit: Erlangga, Jakarta

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta

Philip Kotler, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

Philip Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

Schiffman, Leon dan Kanuk. Leslie. 2009. Consumer Behavior Eight Edition : International Edition New Jersey ; Pearson Prentice Hall. USA

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Sutrisno Hadi, 2004, Metodologi Penelitian, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta

Skripsi tidak dipublikasikan

_______www.finansialbisnis.com/read/…/ , diakses tanggal 10 Mei 2024

_______Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) , diakses tanggal 12 Juni 2024

---------- e- Jurnal

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Pradana, A. C., & Prasetyo, H. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI LISAN TERHADAP MINAT ANGGOTA KOPERASI KARYAWAN PT SARI HUSADA MENGAJUKAN KREDIT DI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOPERKASA. Journal Competency of Business, 8(01), 138–154. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2524

Most read articles by the same author(s)