STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BARBERSHOP DENGAN PENDEKATAN SWOT ANALISIS (Studi Kasus Pada Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta)

Authors

  • Mulyono Mulyono Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Heri Prasetyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2518

Keywords:

SWOT, Strategi, Pemasaran, Babershop

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi perusahaan Joni Barbershop dari faktor internal dan eksternal yang ada di perusahaan, untuk mengetahui dimana posisi perusaahaan saat ini dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Joni Barbershop pada sat ini.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis SWOT( strength , weakness, opportunities dan treats). Dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah karyawan Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta yang berjumlah 7 orang. Penelitian ini bertempat  di Joni Barbershop Jln Besi Jangkang Widodomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta.. Hasil dari penelitian ini adalah pada faktor internal yaitu nilai kekuatan yang tinggi berada pada pengaruh lokasi terhadap kelangsungan usaha. Kemudian dalam kenyamanan tempat serta pemberian ruang tunggu yang terpisah,nilai kelemahan paling tinggi terdapat pada poin keterbatasan ketrampilan karyawan dalam merawat peralatan Hasil analisis data pada faktor eksternal yaitu nilai peluang yang tinggi berada pada kemampuan menangkap pangsa pasar di lingkungan usaha nNilai ancaman paling tinggi terdapat resiko penurunan fungsi peralatan, strategi pemasaran yang di terapkan di Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta adalah dengan menggunakan strategi SO (Strength and Opportunities).

References

Bakara, G. L. (2015). Pengembangan Strategi Pemasaran pada PT . GRAHA VINOTI KREASINDO Cabang Surabaya, 284–291.

Gunawan, A. (2011). Strategi Pemasaran PT . PASSION FOR HANDICRAFT Dengan Pendekatan Analisis SWOT.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran, Marketing Manajemen, Edisi Revisi, Jakarta: Prenhallindo.

Mardhatillah, R. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. FORISA NUSAPERSADA Padang.

Nuariputri, H. (2010). Analisis SWOT Terhadap Penetapan Strategi Pemasaran Pada PT. KUSUMAHADI SANTOSA di Karanganyar (Studi Pada Divisi Pemasaran I Lokal).

Prawitasari, S. Y. (2010). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi Pada Dealer Honda Tunggal Sakti Semarang).

Rangkuti, F. (1997). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.

Setiadi. N. J, (2003), Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Jakarta: Prenadamedia Group.

Setyawan, R. (2015). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sunarno, C. (2001). Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Memanfaatkan Jasa Hotel Sriwedari Yogyakarta.

Tandoko, C. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Pada PT . GRAND PRIX INDOAGUNG, 631–638.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Mulyono, M., & Prasetyo, H. (2024). STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BARBERSHOP DENGAN PENDEKATAN SWOT ANALISIS (Studi Kasus Pada Joni Barbershop di Sleman Yogyakarta). Journal Competency of Business, 8(01), 69–80. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2518

Most read articles by the same author(s)