PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT KARYAWANPT ANGKASA PURA LOGISTIK MENGAJUKAN PEMBIAYAANDI BANK PERKREDITAN RAKYAT SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.1320Keywords:
Komunikasi Lisan, Volume, Dispersion, MinatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi lisan terhadap minat karyawan untuk mengajukan kredit, Komunikasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Dengan komunikasi seseorang dapat mengetahui informasi dari orang-orang di sekitar tentang suatu hal, termasuk kredit perbankan.
Sampel dalam penelitian ini adalah Karyawan PT Angkasa Pura Logistik Kantor Cabang Yogyakarta, yang meliputi pimpinan dan staff yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) volume berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen mengajukan kredit di Bank BPR Sleman; (2) Dispersion berpengaruh signifikan terhadap minat koonsumen mengajukan kredit di Bank BPR Sleman dan (3) komunikasi lisan(volume dan dispersion) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah mengajukan kredit di Bank BPR Sleman.
References
Aidil. (2014). Analisis Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada Bank BRI Kanca Tebing Tinggi Unit Sei Rampah. Jurnal Ilmiah Accounting Changes, Volume 2, No.1, 26-38
Alma Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung
Ariani, D. Wahyu, 2009,Manajemen Operasi Jasa Edisi Pertama,Yogyakarta : Graha Ilmu
Engel, dkk, 1994, Perilaku Konsumen. Edisi Ke -6, Binarupa, Jakarta
Fajar, L. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ghara Ilmu
Fajar Kartika Sari, (2016), Pengaruh komunikasi, pelayanan dan prosedur kredit terhadap keputusan pengambilan kredit dengan reference group sebagai variabel moderating pada badan kredit desa (bkd) Gombong(Skripsi).
Ghozali Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS for Windows, BP Undip, Semarang.
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gujarati, D. 2012. Dasar-Dasar Ekonomitrika. Jakarta: Salemba Empat.
Kevin Aditya Pratama, (2018), Analisis kualitas word of mouth terhadap kepuasan nasabah bank rakyat Indonesia cabang Ponorogo,(skripsi)Universitas Darul Ulum
Kamila, Intan, (2017), Pengaruh komunikasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah (studi kasus pada bank syariah mandiri cabang Bekasi) (skripsi).
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane, (2009:5), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta, (2008:76)
Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Lintang, Cyntia, (2012), Pengaruh kualitas komunikasi lisan terhadap kepuasan nasabah penerima kredit pada bank rakyat indonesia unit pangkep, (skripsi).
Lovelock Cristopher, (2011:36), Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi, Erlangga, Jakarta
Mastura, Zainatun, (2018), Pengaruh komunikasi lisan nasabah terhadap kepuasan nasabah (studi pada pt. Bank Aceh syariah kpo Banda Aceh, skripsi). STIE YKP Yogyakarta,
Majidah, Irma, (2020), Pengaruh kualitas komunikasi efektif dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada pt. Pegadaian (persero) cabang Kebayoran Lama (skripsi).
Moenir, (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho Dedi wahyu, (2012), “Pengaruh lokasi, pelayanan dan prosedur kredit terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada pd. BPR Bank Boyolali”
Paragita Mita Rana, 2013, Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Mengajukan Kredit pada PT.Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk Cabang Nganjuk, Jurnal Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
Paul Peter J dan Olson Jerry, 2000, Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Penerbit: Erlangga, Jakarta
Putra Mufika Perdana, (2015), “Pengaruh komunikasi perbankan terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit dengan pelayanan dan prosedur kredit sebagai variabel moderating pada BPR Bank Bantul” (skripsi)
Sari Fajar Kartika, (2016), Pengaruh komunikasi, pelayanan dan prosedur kredit terhadap keputusan pengambilan kredit dengan reference group sebagai variabel moderating pada badan kredit desa (bkd) Gombong (skripsi)
Sari Anita, (2015), Analisis kualitas komunikasi pelayanan jasa pada bni syariah cabang pekanbaru, (Skripsi).
Schiffman Leon dan Leslie lazar Kanuk, 2009, Perilaku Konsumen, Penerbit: PT Indeks, Jakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suryani (2014) “Analisis factor komunikasi pelayanan di bank syariah (studi pada PT Bank Muamalat Indonesia cabang Medan)”.
Sutrisno, Hadi, 2004, Metodologi Penelitian, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta
Swasta, Basu, 2009:10, Marketing, Penerbit BPFE, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemn Jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998, tentang perbankan
www.finansialbisnis.com/read/…/ , diakses tanggal 10 Oktober 2021 e- Jurnal