Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Terhadap Kepercayaan Pelanggan Pada Supermarket Superindo Yogyakarta (Studi Kasus Cabang Perintis Kemerdekaan)

  • Anugrah Wijaya, Heri Prasetyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Kualitas pelayanan, nilai, kepercayaan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan nilai terhadap kepercayaan pelanggan pada supermarket SuperIndo Yogyakarta Cabang Perintis Kemerdekaan, dengan sampel 90 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 for windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan supermarket SuperIndo Yogyakarta Cabang Perintis Kemerdekaan. Begitu juga variabel nilai secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan supermarket SuperIndo Yogyakarta Cabang Perintis Kemerdekaan. Secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan nilai terhadap kepercayaan pelanggan supermarket SuperIndo Yogyakarta Cabang Perintis Kemerdekaan. Variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini yaitu variabel kualitas pelayanan.

References

Asih, K. (2021). Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan : Pengaruhnya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Manajemen Retail, 1(2), 62–84.
Dwiya, & Sri, K. G. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepercayaan Pelanggan: Studi Kasus Pada Honda Astra Motor. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 75–87.
Ismail, Muhammad. (2014). Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra dan Loyalitas Merek. Kediri: IPB Press.
Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Estadana Venture Cabang Kotabunan Sulawesi Utara. Journal Competency of Business, 5(1), 48–61.
Katili, S., & Prasetyo, H. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Estadana Venture Cabang Kotabunan Sulawesi Utara. Journal Competency of Business, 5(1), 48–61.
Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Jakarta:Erlangga
Kotler Philip and Kevin Lane Keller.(2016). Marketing Management.15e Global Edition. Pearson.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Indeks: Jakarta
Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT. Gramedia Pustaka
Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono.(2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : ANDI
Tjiptono. F. (2016). Service, Quality & Satisfaction.Edisi Ke-4.CV Andi Offset.Yogyakarta.
Wisnu Hadi. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Kereta Api di Stasiun Wonokromo Surabaya. 1(69), 5–24.
Published
2023-12-30
How to Cite
Heri Prasetyo, A. W. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Terhadap Kepercayaan Pelanggan Pada Supermarket Superindo Yogyakarta (Studi Kasus Cabang Perintis Kemerdekaan). Journal Competency of Business, 7(02), 23-35. https://doi.org/10.47200/jcob.v7i02.2214