PENGARUH PRODUK DAN NILAI DENGAN PERSPEKTIF ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Supermarket Mirota Kampus)

  • Devi Elidasari, Heri Prasetyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Produk, Nilai, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran produk dan nilai dengan perspektif Islam dan dampaknya terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Supermarket Mirota Kampus). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel independent X1 Bauran Pemasaran Produk dan X2 Nilai. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Y Keputusan Pembelian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang disebar-luaskan kepadaa responden mirota kampus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknis analisis deskriptif, asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.127 dengan thitung sebesar 5.233 dengan signifikansi 0.05% dan df (n-k-1) atau 286-3-1=283 maka di peroleh t-tabel sebesar 1.968. Bauran Pemasaran Nilai secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0.369 dengan thitung sebesar 10.051 dengan signifikansi 0.05% dan df (n-k-1) atau 286-3-1=283 maka di peroleh t-tabel sebesar 1.968. Bauran Pemasaran Produk dan Nilai Secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 102.460.

References

Al-Qur’an karim dan terjemahannya. 2017. UII Press Yogyakarta
Alom, M. M., & Haque, M. S. (2011). World Journal of Social Sciences Marketing: An Islamic Perspective. World Journal of Social Sciences, 1(3), 71–81.
Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 1990. Perilaku Konsumen Jilid I (Boediono. Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdiction, 9(1), 128. https://doi.org/10.18860/j.v9i1.5135
Firdaus, R., Pasrizal, H., Elsy, Y., Batusangkar, I., & Indonesia, B. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 19(1), 48–55.
Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan: Teori dan Kajian Empiris. Pustaka Horizon.
Hardius Usman, Nurdin Sobari, dan Emil Azman Sulthani.2020 Islamic Marketing (Sebuah Pengantar). Cetakan Pertama. PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Marista, D. (2018). Analisis Persaingan Usaha Di Pasar Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, July, 1–23.
Mubarok, N., & Maldina, E. Y. (2017). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-Economic Vol. 3.
Nasuka, M. (2020). Konsep Marketing Mix Dalam Perspektif Islam. BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 5(01), 27-46.
Nilai, I., Pancasila, N., Best, D., Corporate, P., & Indonesia, P. (n.d.). Oleh : Heri Prasetyo
Instistusi : Universitas Cokroaminoto Yogyakarta , Email : [email protected] HeruPriyanto

Instistusi : Universitas Cokroaminoto Yogyakarta , Email : [email protected]
Surifah Instistusi : Universitas Teknologi Yogyakarta , . 04(02), 167–176.
Philip Kotler, Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Ahli
Bahasa Bob Sabram, MM. Edisi Bahasa Indonesia . Jakarta : Erlangg
Philip Kotler, 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Ahli Bahasa Bob Sabram, MM. Edisi Bahasa Indonesia . Jakarta: Erlangga
Pasrizal, H. (2013). Konsep Marketing dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah.
Nizham, 01(01), 35–44.

Rizkika, R. (2018). Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Online Di Kota Pekanbaru. 2018. https://repository.uin-suska.ac.id/20491/

Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234

Romli, S., Arwan, A., & Irham, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Dakwah Dalam Manajemen Pemasaran Di Bank Bni Syariah Pekanbaru. Idarotuna, 1(1), 68–78. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v1i1.6075

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis ( Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D ). Bandung : Alfabeta, cv

Siregar dan Imsar.2020 Implementasi marketing mix dalam meningkatkan konsumen café hidden tea ( Perspektif Etika Islam ).Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Saputra.2022.Pengaruh Islamic Marketing Terhadap keputusan Pembelian Produk Batik Jambi Cempaka Putih.

Tjiptono. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua Cetakan Ketiga. Yogyakarta : Andi Offse.

Tyas.2014 Pengaruh bauran pemasaran terhadap niat menjadi mitra perspektif islam pada bmt beringharjo cabang madiun. JESTT Vol, 1 No. 7 Juli 2014

Zakharia, M. S., & Sujianto, A. E. (2022). Pengaruh Marketing Mix Syariah (7P) terhadap Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Ayam Lodho Pak Yusuf Plosokandang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 835– 852. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1122Zainal, V.R.,

Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., & Veithzal, A. P. (2017). Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Akasara

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76
Published
2023-12-30
How to Cite
Heri PrasetyoD. E. (2023). PENGARUH PRODUK DAN NILAI DENGAN PERSPEKTIF ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Supermarket Mirota Kampus). Journal Competency of Business, 7(02), 1-11. https://doi.org/10.47200/jcob.v7i02.2192