PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI DIY
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.870Keywords:
brand trust, brand awareness, product quality, purchasing decisionsAbstract
This study aims to determine the effect of brand trust, brand awareness and product quality on purchasing decisions for Xiaomi smartphones for all consumers of Xiaomi smartphone users in Yogyakarta. The population used in this study were all consumers who use Xiaomi smartphones in Yogyakarta, with a sample of 100 respondents. The sampling technique used nonprobability sampling with a purposive sampling approach. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis method used is multiple linear regression analysis, classical assumption test, hypothesis testing. The results of this study indicate that brand trust and product quality partially influence purchasing decisions. Brand trust, brand awareness and product quality simultaneously influence purchasing decisions.
References
Agustyan, R. dan Baehaqi, M. (2020) ‘Analisis Pengaruh Online Consumer Review, Warranty Product Dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Smartphone Xiaomi Di Kabupaten Kebumen’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 2(2), 240–250.
Amilia, S. dan Asmara, O. (2017) ‘Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa’, Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Arivetullatif (2019) ‘Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Association Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Padang)’, Ensiklopedia Social Review, 1(2), 150–155.
Budianti, A. C. dan Anjarwati, A. L. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Redmi 1s (Studi Pada Pengunjung Wtc Surabaya)’, Jurnal Ilmu Manajemen (Jim), 5(1), 1–9.
Budianti, A. C. dan Anjarwati, A. L. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Redmi 1s (Studi Pada Pengunjung Wtc Surabaya)’, Jurnal Ilmu Manajemen (Jim), 5(1), 1–9.
Firmansyah, M. A. (2019) Pemasaran: Produk Dan Merek (Planning Dan Strategy). Surabaya: Qiara Media.
Helsar, O., Tobing Dan Setiawan, B. (2020) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Varian Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Survey Persepsi Mahasiswa Ibik Bogor)’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 95–104.
https://www.idc.com/ (di akses pada tanggal 16-02-2021)
Madeline, S. Dan O. Sihombing, S. (2019) ‘The Impacts Of Brand Experiences On Brand Love, Brand Trust, And Brand Loyalty: An Empirical Study’, Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 91–107.
Porajow, K. C., Kalangi, J. A. F.dan Tamengkal, L. F. (2020) ‘Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Manado’, Jurnal Productivity, 1(5), 446–452.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, A. dan Siregar, Z. (2019) ‘Pengaruh Harga Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone (Studi Kasus Pada Oppo Store, Sinergy Celular Medan)’, Jurnal Plans Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis, 14(1), 17–21.
Timpal, N., Lapian dan Rate, P. Van. (2016) ‘Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Attitude Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia (Studi Kasus Pada Siswa SMA Dan SMK Di Kota Manado)’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 308–317.