PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MIXUE DI KABUPATEN KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2526Keywords:
Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, MixueAbstract
Penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu harga, lokasi, kualitas pelayanan, dan loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Mixue di Kabupaten Klaten. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Mixue di Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Regresi Linear Berganda dan Koefisien Determinasi Adjusted R-squared.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh nilai thitung sebesar 3.200 dan ttabel sebesar 1.984. Sehingga Ho ditolak atau harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan Mixue di Kabupaten Klaten. Lokasi, nilai thitung sebesar 2.269 dan ttabel sebesar 1.984. Sehingga H0 ditolak atau lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan Mixue di Kabupaten Klaten. Kualitas Pelayanan, diperoleh nilai thitung sebesar 3,213 dan ttabel sebesar 1.984. Sehingga H0 ditolak atau kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan Mixue di Kabupaten Klaten. Secara simultan harga, lokasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelangan Mixue di Kabupaten Klaten.
References
Abdulloh, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Water Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo).
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito, P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 5(2), 1653-1664. DOI: https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1323
Ahmad, Subagyo. (2016), Marketing In Business, edisi pertama, cetakan pertama. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.
Al-Salamin, H & Al-Hassan, E (2016). The Impact of Pricing on Consumer Behaviour in Saudi Arabia : Al-Hassa Case Study. European Journal of Business Management, Vol.8 No.12, 2016. https://ln.run/km8Oc
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Budiastuti, Dyah Dan Agustinus Bandur (2018), Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis Dengan Nvivo, Spss Dan Amos, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Data Restoran Cepat Saji Dengan Gerai Terbanyak 2021, Ada Mixue (Dataindonesia.Id). https://Dataindonesia.Id/Industriperdagangan/Detail/Data-Restoran-Cepat-Saji-Dengan-Gerai-Terbanyak-2021-Ada-Mixue
Dede, A., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pasar Jaya Klender Ss). S1 Manajemen, 1-28.
Dharma, Robby. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6, No. 2.
Fandy Tjiptono Dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction, Edisi 4, ANDI, Yogyakarta.
------------------------------------------------- (2011). Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Gaspersz, V. 2002, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta, Gramedia.
Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss c23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
------------------- (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
------------------ (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2016). Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Terj. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Janah, M. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Ice Cream Mixue (Studi Pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya) (Doctoral Dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University). https://erepository.uwks.ac.id/14319/
Jeremia Kolonio & Djurwati Soepeno. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal Emba Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 831 – 840 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. DOI:https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22910
Kotler, Philip (2009), Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 Dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kurniawan, D., & Mustamu, R. H. (2013). Pengaruh Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran X di Surabaya. Agora, 1(3).
Kurniyawati, E., & Anggadha, F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bprs Suriyah Cabang Salatiga). Jurnal Baabu Al-Ilmi: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 142-152. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ba.v5i2.2709
Lestari, R., & Nugraha, A. (2020). Pengaruh Interaksi Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 85-98.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nazir.Mohammad,Ph.D.(2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia Ladjamudin, Bin, Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta. Graha Ilmu.
Nofindri, M. L., Sutarjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Mini Market Wirda Kota Padang. Matua Jurnal, 3(1), 59-72. pertama. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.
Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada E-commerce Shopee. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 537-553. DOI: https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.63
Pratama, I. G. A., Susanti, P. H., & Purwaningrat, P. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widyaamrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1388-1397. Pt Alfabet.
Purwanto, A., & Sudargo, F. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 45-57.DOI: https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1904
Putri, A. D., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 78(1), 82-90.
Raka Aditya, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Provider Telkomsel (Studi Kasus Pada Grapari Telkomsel Bekasi Cyber Park) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Sadiq, M. F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Logo Halal Terhadap Loyalitas Konsumen Mixue Cabang Gatot Subroto.
Saktiyanto, T. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Ahass Primadana Motor Pesanggaran–Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Manajemen.
Saputra, D. B., & Wantara, P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Alfamart Simogunung Surabaya). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (Jkim), 2(4).
Sari, P. M., & Rahayu, A. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Jasa Laundry. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1-10.
Sari, S. N. A., & Lutfiani, M. (2023, October). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Mixue Cisaat. In Senmabis: Conference Series (Vol. 1, No. 1, Pp. 97-105).
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1). DOI :https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22916
Smith, J. (2019). The Impact Of Price, Location, And Service Quality On Customer Loyalty: A Review Of Literature. Journal Of Hospitality And Tourism Management, 26, 123-135.
Soriton, J. F., Tampi, J. R., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Berusaha Motor Kawangkoan. Productivity, 2(7), 537-543.
Statistik Boba Asia Tenggara - Goodstats. https://Goodstats.Id/Article/Indonesia-Negara-Paling-Doyan-Boba-Di-Asia-Tenggara-2022-Bw796
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
----------- (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alphabet
---------- (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Supriyanto, A., & Masruroh, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Padang Di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 348-358.
Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. Jamin: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1-16.
Taufan, S., & Akhsan, M. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bengkel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 274-295.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Iii, Yogyakarta : Cv. Andi Offset
---------------------- (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Tran, V. T., Le, T. T., & Nguyen, N. P. (2021). The Interaction Effects of Price, Location, and Service Quality on Customer Loyalty. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 1121-1130.
Ubaidillah, F., & Suwitho, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warkop Stk Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 12(9).
Wasiman, W., Silitonga, F., & Wibowo, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Bintang Dua Di Kota Batam. Jurnal Cafetaria, 1(2), 64-73. DOI:https://doi.org/10.51742/akuntansi.v1i2.162