PENGARUH KOMUNIKASI LISAN, KEPEDULIAN KARYAWANDAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DI AKUR OPTIK BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.1319Keywords:
Komunikasi Lisan, Kepedulian Karyawan, Kualitas Layanan, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi lisan, kepedulian karyawan dan kualitas layanan terhadap minat beli pelanggan di Akur Optik Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner kepada 80 pelanggan yang pernah berkunjung ke Akur Optik Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi liner berganda, uji signifikansi simultan (uji F), uji signifikansi parsial (uji t), dan uji koefesien determinasi (uji R2).
Penelitian menghasilkan temuan bahwa komunikasi lisan (X1), kepedulian karyawan (X2) dan kuailtas layanan (X3) secara parsial (uji t) memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Kemudian secara simultan komunikasi lisan, kepedulian karyawan dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadapterhadap minat beli dengan nilai Fhitung (13,253) > Ftabel (2,92). Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan komunikasi lisan, kepedulian karyawan dan kualitas layanan yang dapat dijelaskan oleh variabel minat beli sebesar 34,3%, sedangkan sisanya yaitu 75,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Adapun koefisien variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli adalah variabel komunikasi lisan/X1 sebesar 4,142.
References
Adi, Rifki Nugroho, 2013. Analisisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dengan Sistem Pre-Order secara Online (Studi Kasus pada Online Shop Choper Jersey). Skripsi UNDIP
Agnelia, R.A. dan Wardhana, A. 2016. Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Baraya Travel Pool Buah Batu. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 10, No. 2, Oktober 2016.
Anas, A. 2019. Pengaruh Kenikmatan Makanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Sate Padang Kupak. Jurnal Ilmiah Maksitek Vol 4. No. 2, Juni 2019.
Aptaguna A. dan Pitaloka E. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Jasa Go-jek. Widyakala Volume 3 Maret 2016.
Aries, M. 2018. Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Skripsi. Jurusan Administrasi Bisnis Minat Bisnis Internasional, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyanti, N.M., Astuti, S.R.T. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management. Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016.
Bakti, U., Hairudin, dan Alie, M.S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung.
Basu, Swastha dan Irawan 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Destari. N., Kasih. Y., Analisis Pengaruh Atribut Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian, Palembang.
Erida. 2009. Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Insenttif Terhadap Perilaku Wom (Word-Of-Mouth) Konsumen Jasa Angkutan Penumpang Bis Antar Kota Antar Provinsi Kelas Eksekutif di Bandung. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern. Vol.1 No. 1 Januari-Juni 2009.
Febiana, D., Kumadji, S., & Sunarti. 2014. Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 1-6.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas. Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harrison–Walker, L. Jean. (2001). The Measurement of Word-of-Mouth Communication and an Investigation of Service Quality and Customer Commitment as Potential Antecedents. Journal of Service Research, 4(1) Agustus, hal. 60–75
Hasan, A. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut Word of Mouth Marketing. Cetakan Pertama. Yogyakarta: MEDPRESS.
Hidayat, A. A. 2014. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data: Contoh Aplikasi Studi Kasus. Jakarta: Salemba Medika.
J. Paul Peter & James H. Donnelly Jr. 2007. Marketing Management
Knowledge & Skills, 7th Edition, McGraw Hill International Edition, Singapore.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2013. Marketing Management Edisi 14. Global Edition.Pearson Prentice.
Kotler, Philip & Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip, 2006, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan Hendra Teguh dkk, Jakarta: PT. Prenhalindo.
Latifah, N. 2013.Analisis Pengaruh Kemenarikan Desain Produk, Persepsi Harga, dan Kepedulian Karyawan Terhadap Keputusan Pembelian Lensa Kontak Pada Optik Beta Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.
Leon, G. S., & Kanuk, L. L. 2010. Consumer Behavior. 10/E. Boston: Pearson.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Nisa, A.S. 2018. Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dalam Berbelanja Online di Instagram. Skripsi, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Philip Kotler, 2002,Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, Jakarta: PT Prenhallindo.
Salsyabila, S.R., Pradipta, A.R., Kusnanto, D.2021. Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace shopee. Jurnal Manajemen - Vol. 13 (1) 2021, 37- 46.
Saputra, Candra T. 2016. Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Pada Siswa Kelas XI Kriya Kayu SMKN 1 Pacitan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Yogyakarta: Alfabeta.
Suryani dan Hendrayadi, Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam, Jakarta : Pradana Media Group, 2015
Tjiptono, 2011. Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.
Wulandari, S. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Transportasi Migo di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 8 No 2 Tahun 2020.
Yunita Y.L. dan Oktaria V. 2013. Pengaruh Produk, Kualitas Layanan, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di DeBoliva Signature Sutos. Skripsi. Program Sarjana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Petra Surabaya.