PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Supermarket Pamella Empat)

  • Eki Sanusing, Eko Giyartiningrum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada supermarket Pamella Empat). Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen supermarket Pamella Empat. Sampel dalam penelitian ini sebesar 86 responden. Teknik penentuan sampel menggunakan teknk Sampling Purposive, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang kemudian diolah menggunakan (SPSS).

Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F, koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan, kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-hitung sebesar 2.144 lebih besar dari t-tabel 1.98. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-hitung sebesar 3.136 lebih besar dari t-tabel 1.98. Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-hitung sebesar 4.376 lebih besar dari t-tabel 1.98. Secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai f-hitung sebesar 70.447 dengan f-tabel 3.11.

References

Alvin Mariansyah. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen. Vol. 3, No. 2, 2020. Universitas Bina Darma.

B.Tombeng.,F.Roring.,F.S.Rumokoy. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 891 – 900. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ciciek Adhies Putri dan Juni Trisnowati. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Sfa Steak & Resto Karanganyar. Surakarta Management Jurnal Vol. 3 No. 1 Juni 2021. Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta

Diapinsa Gema Zakaria. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Tranportasi Taksi Blue Bird. Skripsi Tidak Diterbitkan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 1990. Perilaku Konsumen Jilid I (Boediono. Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Eswika Nilasari dan Istiatin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo”, dalam Jurnal Paradigma, Volume 13 Nomor 01, Februari – Juli 2015., 4.

F.S.Maramis.,J.L.Sepang.,A.S.Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA. Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1658 – 1667. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Giovana, Ayungnityas. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis. Volume 01. Th.20. Universitas Pelita Bangsa

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT. Elex Media Komputindo
Nasution, M. Nur, 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Edisi Ketiga, Ghalia Indonesia, Bogor.

Nita Felicia. 2020. Studi Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) Untuk Kategori Produk Food. Jurnal Majemen Bisnis dan Kewirausahaan Volume 4/No.1/Januari - 2020 : 54- 59. Program Studi Magister Manajemen Universitas Tarumanagara.

Prof. Dr. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis ( Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D ). Bandung : Alfabeta, CV.

Philip Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Ahli Bahasa Bob Sabram, MM. Edisi Bahasa Indonesia . Jakarta : Erlangga

Philip Kotler, Amstrong Gary. 2007. Prsinsip – prinsip Pemasaran. Ahli Bahasa Bob Sabram, MM. Edisi Bahasa Indonesia . Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua Cetakan Ketiga. Yogyakarta : Andi Offse.
Published
2023-12-30
How to Cite
Eko GiyartiningrumE. S. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Supermarket Pamella Empat). Journal Competency of Business, 7(02), 12-22. https://doi.org/10.47200/jcob.v7i02.2213