PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI YOGYAKARTA

Authors

  • Sadarhati Daeli Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Eko Giyartiningrum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2527

Keywords:

Social Media Marketing, Kualitas Pelayanan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Yogyakarta. 2) Untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Yogyakarta. Dan 3) Untuk Mengetahui Sosial Media Marketing dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna Shopee di Yogyakarta.

            Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif . Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu : Sosial media marketing (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan keputusan pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner di google form pada pengguna shopee di Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda dengan bantuan SPSS versi 29.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif sosial media marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6.040; nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,570. 2) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee di Yogyakarta dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3.497 nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,564. 3) terdapat pengaruh antara sosial media marketing dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pengguna shopee di Yogyakarta, dibuktikan dari nilai f hitung sebesar 176.264; nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.

References

databoks.katadata.co.id

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2012), Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset

Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P. & Keller. (2012), Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kisowo, G. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Mahakarya Kemasan Digital. Journal of Management and Social Sciences, 1(3), 211-219. doi: 1059031/jmsc.v1i3.172

Ramadhan, W. D., Rachmawati, I. K., & Alamsyah, A. R. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Digital Marketing, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Bina Manajemen, 11(2), 124-136.

Andriani, Femi., & Nalurita, Sari. (2021). Pengaruh iklan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia (studi kasus pada pengguna tokopedia di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266-278.

Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-15.

Gede Wisnu Saputra, & G. A. K. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 9(7). doi: 10.24843/ v09.i07.p07

Susanto, V. I., & Alexander, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan melalui Aplikasi Layanan Shopee Food di Kota Tangerang. IKAMABI, 2(2), 42-52.

Aglis Andhita Hatmawan, dan Slamet Riyanto. (2020), Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen,. Sleman: CV Budi Utama.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Daeli, S., & Giyartiningrum, E. (2024). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI YOGYAKARTA. Journal Competency of Business, 8(01), 116–137. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2527