PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT REPURCHASE PADA KLINIK KECANTIKAN DI YOGYAKARTA

Authors

  • Adzanestra Nabila Khairunisa, Eko Giyartiningrum, Uju Suji'ah Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v8i2.2773

Keywords:

Customer Satisfaction, Service Quality, Minat Repurchase, Klinik Kecantikan, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh : (1) Customer satisfaction terhadap minat repurchase pada klinik kecantikan di Yogyakarta, (2) Service quality terhadap minat repurchase pada klinik kecantikan di Yogyakarta, (3) Customer satisfaction dan service quality terhadap minat repurchase pada klinik kecantikan di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menjelaskan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini belum diketahui jumlahnya sehingga, menggunakan rumus lemeshow agar mendapat nilai minimal responden sebesar 96 responden dan sampel penelitian yang telah dilakukan penyebaran serta pengisian kuesioner sebesar 110 responden melalui teknik purposive sampling dengan kriteria berikut (1) Konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa klinik kecantikan di Yogyakarta minimal 2 kali, (2) Minimal usia 18 tahun, (3) Berdomisili atau bertempat tinggal di

Yogyakarta. Uji prasayarat analisis meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Teknik analisis data meliputi analisis regresi ganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) customer satisfaction secara parsial memiliki nilai t sebesar 2.194 dan nilai signifikansi 0,03≤0,05 maka berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat repurchase; 2) service quality secara parsial memiliki nilai t sebesar 6.404 dan nilai signifikansi 0,00≤0,05 maka berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat repurchase; 3) pada uji stimultan variabel customer satisfaction dan service quality memiliki nilai signifikan 0,00≤0,05 artinya kedua variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

References

Amelia, R., & Bintarti, S. (2023). Kualitas Pengalaman Dalam Memoderasi Gaya Hidup, Kesadaran Merek Dan Kualitas Rasa Terhadap Niat Beli Ulang. Dynamic Management Journal, 7(3), 311–324.

Budiaji, W. (2013). The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 129. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy

Damayanti, S. B., Supiani, T., Jubaedah, L., Teknik, F., & Jakarta, U. N. (2023). Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Perilaku Perawatan Kecantikan Laser Photorejuvenation. 01(03), 588–599.

Eva Nurmalita Sari, R. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Di Yogyakarta. 7(1), 119–127.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunarathne, U. (2018). Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction in Hotel Industry. International Journal of Scientific and Reserach Publications, 4(11), 42. https://doi.org/10.30647/trj.v2i1.20

Hasniati, H., Indriasar, D. P., & Sirajuddin, A. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention Produk Online dengan Customer Satisfaction sebagai Variable Intervening. Management and Accounting Research Statistics, 1(2),11–23. https://doi.org/10.59583/mars.v1i2.10

Indarto AS, Nutrisia Aquariushinta Sayuti, A. R. (2016). Perilaku Mahasiswi Dalam Perawatan Kecantikan Secara Tradisional Indarto AS, Nutrisia Aquariushinta Sayuti , Atik Riwati. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, 1(1), 1–99.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press

Japarianto, E., & Nugroho, B. W. (2020). Analisa Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Pada Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10025

Jessica, Medinal, & Ruben Manullang, R. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Vanity Seeking Dan Materialism Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Kecantikan (Studi Kasus Pada Kimly Aesthetic Clinic Di Pangkalpinang). Jurnal Ilmiah Bisnis Elektronik, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.61533/jinbe.v1i1.154

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2015. Marketing Management. Jakarta : Pearson Education

Kumala sari, D. N. J. N. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Minat Masyarakat Muslim Terhadap Permintaan Produk Yafa’s Beauty & Health care : Studi kasus Klinik Kecantikan Yafa’s Kota Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi JUMSI, 3(2),922–935. https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i2.4051

Lindiawatie, Shahreza, D., & Ria, A. (2022). Batasa: Bangun Cipta, Rasa, & Karsa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(20), 14–20. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/batasa/article/view/1189

Maridjo, H., & Amelia, P. (2020). Pengaruh Vanity Seeking, Purchase Experience, Dan Celebrity Endorser, Pada Minat Beli Ulang Dengan Sikap Terhadap Laneige Sebagai Variabel Mediasi. Jemap, 3(2), 160. https://doi.org/10.24167/jemap.v3i2.2833

Nabila et.al. (2024). The Influence Of Brand Equity and Brand Trust On Customer Satisfaction and Repurchase Intantion (Study at Women Who Use Scarlatte Whitening Skincare and BodycareProduct). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1057–1065. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rahmawati, A. P., Prihastuty, R., & Azis, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Repurchase Intention. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(3), 293–298.

Rahmawati, N. W. (2021). Kepercayaan Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Klinik Kecantikan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 472. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6456

Riduwan. & Akdon. (2013). Rumusan dan Data Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadikin, A., Misra. I., & Hudin. M.S. 2020. Pengantar Manajemen dan Bisnis. Yogyakarta : K-Media

Salsabila, Basrah Saidani, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening : Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Keuangan, 3(8.5.2017), 87–100. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk

Salsabila, S., Lina, L. F., & Novita, D. (2022). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Terhadap Keputusan Perawatan Pada Klinik Kecantikan Di Bandar Lampung. Jurnal TECHNOBIZ, 5(1), 2655–3457.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Sudarsono, Heri. 2020. Manajemen Pemasaran. Jember : Pustaka Abadi

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R/D. Bandung : Alfabeta

Syahria, Y., & Havidz, I. L. L. (2023). Apakah Price Discount Dan Service Quality Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Dapat Mempengaruhi Model Repurchase Intention : Studi Kasus Konsumen Shopee Food. Journal Akuntansi Dan Manajemen Esa Unggul, 11(1), 1–14.

Tan, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee. Agora, 7(1), 1–7. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8183/0

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan,dan Penelitian,Andi Offset, Yogyakarta

Tufahati, N., Barkah, C. S., Tresna, P. W., & Chan, A. (2021). The Impact of Customer Satisfaction on Repurchase Intention (Surveys on Customer of Bloomythings). Journal of Business & Applied Management, 14(2), 177. https://doi.org/10.30813/jbam.v14i2.3098

Warganegara, T. L., & Alviyani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Puspita Cabang Kotabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 26–33. https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.455

Warganegara, T. L., & Alviyani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Puspita Cabang Kotabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 26–33. https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.455

Werdiastuti, P. E., & Agustiono, A. (2022). The effect of product quality and price toward repurchase intention at Taco Casa Bali during Covid-19 pandemic. Asian Management and Business Review, 2(2), 193–206. https://doi.org/10.20885/ambr.vol2.iss2.art7

Widanti, A., Abdillah, W., & Murni, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Konsumen Hypermart. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 172–186. https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/23039

Widiartini, N. P. ., Wimba, I. G. ., & Puja, I. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(6), 1219–1230. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24

Wiradarma, I. W. A., & Respati, N. N. R. (2020). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Service Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Lazada Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 637. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p12

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Uju Suji’ah, A. N. K. E. G. (2025). PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT REPURCHASE PADA KLINIK KECANTIKAN DI YOGYAKARTA. Journal Competency of Business, 8(2), 59–72. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i2.2773