PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN BEKAS IMPOR THRIFT DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2520Keywords:
Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Signifikan parsial dan simultan Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Bekas Impor Thrift Di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen thrift. sampel dalam penelitian ini adalah 200 konsumen. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah purposive sampling, metode penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Yang kemudian diolah menggunakan statistical Package For Social Science (SPSS) versi 25. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis data dengan uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji t dan f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh nilai t-hitung sebesar 2.920 dan t-tabel sebesar 1.972. Sehingga Ho ditolak atau kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli pakaian bekas impor thrift di yogyakarta. Citra merek, nilai t-hitung sebesar 2.148 dan t-tabel sebesar 1.972. Sehingga Ho ditolak atau citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli pakaian bekas impor thrift di yogyakarta. Harga, diperoleh nilai t-hitung sebesar 4.763 dan t-tabel sebesar 1.972. Sehingga Ho ditolak atau harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli pakaian bekas impor thrift di yogyakarta. Secara simultan, kualitas produk, citra merek, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli pakaian bekas impor thrift di yogyakarta.
References
American Society For Quality Control. (2010) Qualitty Cost – What and How. Wilwauke WI: ASQC Quality Cost Commite.
Erlina dan Irwaan Hardiyansa (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Sonny Playstation. Jurnal Ilmiah Manajemen.
Fandy Tjiptono (2008). Strategi pemasaran , Edisi III, Yogyakarta:CV. Andi Offset.
Fauziah, M. N., & Setiawan, H (2020). Pengaruh Brand Image, Product Quality, Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Thrift Shopping Fashion di Instrgram. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Simba) 4.
Ferdinad Augusty (2006). Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuah Stud Pendahuluan. Jurnal Sains dan Pemasaran Indonesia
Guilford, J.P (1999). Fundamental Statustic In Psyhology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
Hadipranata (1999). Psychology. Yogyakarta Liberty.
Hermawan Kristanto & Hery Padjoprastyono. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI).
Indra Ade Irawan, (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 7, No. 1, Juni 2021, Hal. 17-32.
Indahsari (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo perss.
Indah Siti Mahmudah dan Monika Tiarawati (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White. Jurnal Bisnis dan Manajemen.
Kotler, Philip, (2000). Marketing Management, The Millnennium Edition, Prentice Hall, Inc. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12. Jakarta. Erlangga Kotler & Amstrong, Manajemen Pemasaran, 13th edn (Erlangga, 2009).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management 13th Edition. Londong: Pearson Education
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Erlangga.
Kotler. P., & Amstrong G.(2012). Manajemen Pemasaran.
Putra, Gede Krisna Hadi Pranata, (1999). Pengaruh Konpensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Cau Coklat Internasional Marga Tabanan. Skripsi. Jurusan Manajemen. Universitas Pendidikan Ganesha.
Rangkuti (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integtated Marketing Comunitatoin. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosnaini Daga. 2017. Citra Merek, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makasar; Global-RCI.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R & D). Bandung: Alfabeta, cv
Sujadi (2019). Analisis Tingkat Akurasi Penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)Tanah Terhadap Nilai Pasar Di Kota Mataram Tahun 2017”, Journal of Economics and Business, 5(1), pp. 67 - 87. 10.29303/ekonobis.v5i1.29.
Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua Cetakan Ketiga. Yogyakarta Andi Offse
Tri Putri Hertandri Setyani & Ir Wasis Gunadi, MM . (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen
Wibawa Prasetya & Careen Yulius. (2018) Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepusan Konsumen dan Minat Beli Ulang: Studi Pada Produk Eatlah. Jurnal Teknologi.
William J. Stanton (2000). Prinsip Pemasaran, Edisi Ketuju, Jakarta:Erlangga