PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO MURAH JAYA BANGUNAN CABANG JALAN KALIURANG YOGYAKARTA

Authors

  • Restya Novianto, Eko Prasojo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2515

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Murah Jaya Bangunan cabang Jalan Kaliurang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan Toko Murah Jaya Bangunan cabang Jalan Kaliurang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Convenience Sampling dengan mengambil sampel 100 pelanggan. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program komputer SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t variabel kualitas produk memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05. Nilai signifikansi uji t variabel citra perusahaan sebesar 0,021 lebih kecil dari 0,05. Maka variabel kualitas produk dan citra perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Toko Murah Jaya Bangunan cabang Jalan Kaliurang. Namun, hasil uji t variabel kualitas pelayanan belum dapat membuktikan hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Murah Jaya Bangunan cabang Jalan Kaliurang, karena nilai signifikansi yang diperoleh 0,829 lebih besar dari 0,05.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Atfal. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Granada Delanggu Kelaten. Skripsi. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Devi, Lenggang Kurnia Intan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya

Dharmmesta, Basu Swasta dan Hani Handoko. 1987. Manajemen Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Engel, James F. et. al., 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Bina Aksara.

Ghozali I. 2016. Aplikasi Analisis Multivatiete dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handi Irawan. (2002). 10 prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Juliandi A. Irfan, dan Manurung S.2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin, Lane. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Diterjemahkan oleh Bob Sabran, M.M. Gelora Aksara Pratama: Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Malik, Ibrahim dan Siti Marijam. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol.4, No.1 Februari 2019

Mahira, Prasetyo Hadi, Heni Nastiti. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset

Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntasi. UPNVJ. Vol 2, 2021 hlm.1267-1283

Maulana, Ade Syarif. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.TOI. Jurnal Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta. Vol.7 No.2, November 2016

Pangandaheng, Fony. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Hadji Kalla Palu. Jurnal Katalogis. Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Tadulako. Volume 3 Nomor 2, Februari 2015 hlm 51-67

P.S., Dharwanto dan Pangestu Subagyo. 1986. Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.

Sembiring, Inka Janita, Suharyono, Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Vol. 15 No.1 Oktober 2014

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality Management, Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Veronica, Deka. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Salon Dewi di Kota Jambi). Jurnal Development. Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Eko Prasojo, R. N. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO MURAH JAYA BANGUNAN CABANG JALAN KALIURANG YOGYAKARTA. Journal Competency of Business, 8(01), 30–38. https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2515