PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PEDAGANG KAKI LIMA DI MALIOBORO
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v8i01.2519Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Signifikan parsial dan simultan Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pedagang Kaki Lima Di Malioboro
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pedagang kaki lima malioboro. sampel dalam penelitian ini adalah 384 konsumen. Pengambilan data dalam penelititian ini adalah convenience, metode penentuan sampel secara bebas. Yang kemudian diolah menggunakan statistical Package For Social Science (SPSS) versi 25. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner .Metode analisis data denga uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), regresi linier berganda, uji t dan F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh t-hitung sebesar 3.230 t-tabel sebesar 1.966. Hal ini dapat dipastikan bahwa Ha diterima atau kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pedagang kaki lima di malioboro. Harga, diperoleh t-hitung sebesar 2.138, t-tabel sebesar 1966. Hal ini dapat dipastikan bahwa Ha diterima atau harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pedagang kaki lima di malioboro. Promosi, diperoleh t-hitung sebesar 5.645 dengan t-tabel sebesar 1955. Hal ini dapat dipastikan bahwa Ha diterima atau promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pedagang kaki lima di malioboro. Secara simultan, kualitas pelayanan, harga, dan promosi, di peroleh F-hitung sebesar 13.564 dengan f-tabel sebesar 2.40. Hal ini dapat dipastikan bahwa Ha diterima atau kualitas pelayanan, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pedagang kaki lima di malioboro.
References
Abd. Rohman, M, (2017). Dasar-dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media
Arianto, B. (2020) ‘Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid- 19’, 6(2), pp 233-247.
Basu Swastha, Pengantar Bisnis Modern, Edisi ketiga, Cet ke-11, ( Yogyakarta :
Liberty Yogyakarta, 2007), h. 222
Dewi Urip wahyuni. (2020) Pengaruh Layanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kai Acces. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 9 Nomor 8 Agustus 2020
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Ed III, (Yogyakarta: ANDI, 2008), h. 21
Hanny Siagan, Venny. (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Pada Perusahaan Gojek Indonesia Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. Journal Business And Entrepreneushif. Volume 5 Nomor 3 Desember 2021 (hlm 1- 11)
Ifafatin, dkk Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. (Studi kasus pada CV. Fastprint Indonesia, JL. Manyar Kertoarjo VII no. 36 Surabaya)
Kotler,Philip.2003. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuagan. Jakarta: PT Rajagrafinso Persada
Kurnia Alamsyah Effendy Harahap. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Meseum Ronggowarsitu Semarang.
Lemeshow, S., dan Levy, P.S (1997) Sampling Of Populations: Methods And Applications ( (Fourth Edi). John Wiley dan Sons, Inc.
Muhammad Tesar (2022) Pengaruh Layanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kai Acces Layanan Gojek Di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 11 Nomor 5 Mei 2022
Lola Syah Luta. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Amrita Tour Kediri. Simki-Economic Vol. 02 No 02 Tahun 2018. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller Edisi 13 Jilid 1 dan 2 (2009) Manajemen Pemasaran Erlangga Jakarta
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller Edisi 13 Jilid 1 (2009) Manajemen Pemasaran. Salemba
Rivai Wirasasmita, dkk, Kamus Lengkap Ekonomi, (Bandung: Pionir Jaya, 2002), h. 399
Rickhy Hendra Susanto (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Evora Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 7 Nomor 11 November 2018
Rizky Satria Akbar. (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen Gojek. Jurnal STEI Ekonomi Volume 20 Nomor 20.
Sulaksana, Wildan (2017) Pengaruh Kualias Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Global Motor Center Yogyakarta. Skripsi Tesis, Sanata Darma University.
Sulastri. (2017) Pengaruh Edukasi, Komitmen Keislaman dan Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Medan
Sukmanawati dan Purwati. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasaan Pelanggan Grab. JKSP- ALMATAMA. Volume 1, No 1 Maret 2022. (hlm 61-84)
Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
TJiptono, Fandy. (2017) Service Management. Yogyakarta: ANDI.
William, William., & Purba, Tiurniarti (2020). “Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mazda di Kota Batam”. Jurnal Emba: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Volume 7, Nomor 1 (hlm.1987-1996).
Zeithamel, V.A., Bitner., M.J & Gremler., D.D (2018) What Are Services? (7th ed). Mc Grae Hi Education
Https://www.uptmalioboro.com
Https://m.harianjogja.com/jogjapolitan/read/2022/01/20/510/1093735/bengini-sejarah-keberadaan-pkl-di-maliobor