FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PAMELA EMPAT

Authors

  • Nurfila Nurfila Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Rinaldi Rinaldi Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Mifta Fitriyana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Keywords:

perilaku konsumen, minat beli, keputusan pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan keputusan yang dimiliki seorang konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan tertentu. Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen menggambarkan seberapa jauh pemasar dalam usaha memasukan suatu produk ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan minat beli terhadap keputusan pembelian di Pamella Empat Yogyakarta.

Penelitian ini dilaksanakan di Pamella Empat Yogyakarta. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Pamella Empat. Variabel dalam penelitian ini mencakup Perilaku Konsumen (X1), Minat Beli (X2) sebagai variabel independen, dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas. Sedangkan Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji hipotesis parsial (T), uji hipotesis simultan (F) dan koefisien deteminasi.

Pengujian hipotesis simultan menunjukkan terdapat pengaruh signifikan X1, X2, terhadap Y (0,000 < 0,05). Sedangkan pengujian hipotesis parsial menunjukkan pengaruh X1 terhadap Y sebesar (0,00 < 0,05) dan X2 terhadap Y sebesar (0,00 < 0,05). Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan pengaruh sebesar 0,813 atau 81,3% sedangkan sisanya sebesar 19,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Perilaku Konsumen berpengaruh signifikan terhadapat Keputusan Pembelian di Pamella Empat. Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Pamella Empat Yogyakarta.

References

Anggraini, N., Yolandika, C., Utoyo, B., & Irawati, L. (2022). Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Lada Di Provinsi Lampung. Jurnal Agrisep, 23, 43-51.

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Jakarta: Graha Ilmu.

Augusty Ferdinand (2006). Metode Penelitian Manajemen. Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen Semarang: Universitas Diponegoro.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Bilson, Simamora, (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen., cetakan ketiga., Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Cholilawati, D. S., & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 9, 18-24.

Freddy Rangkuti. (2004). Flexibel Marketing, Teknik Agar Tetap Tumbuh dalam Situasi Bisnis yang Bergejolak dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4, 415-424.

Huda, N., Hulaify, A., Zakiyah, Z., & Komarudin, P. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pusat Baju Bekas Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3, 1-12.

Hamidi, D. Z., & Prakoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomak, 4, 1-18.

Ibnu Syamsi, S.U. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

John, Michael dan Mowen Minor. (2002). Perilaku Konsumen Konsumen. Jakarta Erlangga.

Keller, P, & Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. In Jakarta Erlangga (Vol. 106).

Katona. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi 11 Jilid 2. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12 Ali Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5, 51-59.

Simon, Herbert A. (1960). Ilmu Baru Keputusan Manajemen. Harper dan Row.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku konsumen. Alfabet, Bandung.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8, 147.

Utomo, Y. T., Rahim, A. M., & Sasono, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Belanja di Pamella Yogyakarta. Journal of (Placeholder1).

Umadji, N., Lapian, J. S., & Jorie, R. J. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Roti di Bread Factory. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7.

Yusuf, M., Supardi, S., Lutfy, F. M., & Sau, F. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Kartu XL. YUME: Journal of Management, 4.

Bab II Telah Pustaka" - Penjelasan tentang keputusan pembelian menurut Assuari (1966:130).

Bab II Telah Pustaka" - Penjelasan tentang pengambilan keputusan pembelian melibatkan lebih dari satu orang menurut Kotler (1984) dalam Paulus Lilik (2011:39.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Nurfila, N., Rinaldi, R., & Fitriyana, M. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PAMELA EMPAT. Journal Competency of Business, 8(01), 39–52. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/JCoB/article/view/2516

Most read articles by the same author(s)