MANAJEMEN SUPERVISI PROYEK JALAN

  • Singgih Subagyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: manajemen, supervisi, proyek jalan

Abstract

Proyek jasa konstruksi merupakan bagian dari pekerjaan secara umum yang dikerjakan dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan. Proyek jalan merupakan merupakan bagian dari pekerjaan jasa konstruksi. Pada pelaksanaan proyek jalan ada sistem manajemen yang terdiri dari manajemen pelaksanaan dan manajemen supervisi. Pada pelaksanaan proyek oleh kontraktor berlaku sistem manajemen peleksanaan yang terdiri dari manajemen bahan, tenaga kerja dan peralatan. Dan pada pekerjaan pengawasan oleh konsultan supervisi berlaku manajemen supervisi yang berupa monitoring, kontroling dan reporting.Tujuan dari penulisan Karya Ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pekerjaan yang dilakukan pada proyek jalan, yang meliputi sistem organisasi, personil-personil yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini dan system pelaporan yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penulisan Karya Ilmiah ini dengan menggunakan studi literature, pencarian bahan-bahan yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan raya pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 1990, Kerangka Acuan Tugas Layanan Jasa Konsultan, DPU Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta

Anonim, 1990, Buku Pedoman Tentang Tugas Dan Kewajiban Supervise Pekerjaan Jalan dan Jembatan, PT. BIEC Internasional, Bandung.

Anonim, 1998, Sertifikasi Ahli Pelaksana Jalan Dan Jembatan : Manajemen Proyek, Badan Sertifikasi Asosiasi DPP HPJI, Jakarta

Anonim, 1998, Sertifikasi Ahli Pelaksana Jalan Dan Jembatan : Manajemen Penyelenggara Proyek, Badan Sertifikasi Asosiasi DPP HPJI, Jakarta.

Djojowirono, S, 2001, Manajemen Konstruksi, KMTS FT UGM, Yogyakarta.

Soeharto, Imam, 1995, Manajemen Proyek : Dari Konseptual Samapi Oprasional, Erlangga, Jakarta.

Sudinarto, 1995, Manajemen Konstruksi Professional, Erlangga, Jakarta.

Waryanto, Akhmad, 2001, Perencanaan Dan Penjadwalan Konstruksi, Diktat Kuliah Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik, Universitas Indonesia, Jakarta.

Published
2019-02-01
How to Cite
SubagyoS. (2019). MANAJEMEN SUPERVISI PROYEK JALAN. CivETech, 1(1), 48 - 61. https://doi.org/10.47200/civetech.v1i1.846
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)