ANALISA KINERJA LALU LINTAS JALAN KALIURANG (STUDI KASUS : JALAN KALIURANG KM 5,8 – 9,3 , KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Authors

  • Singgih Subagyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Suryanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Muhammad Nefo Handriansyah Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/civetech.v6i2.2502

Keywords:

Derajat Kejenuhan, Hambatan Samping, Kapasitas Jalan, Kecepatan Arus bebas, Volume Lalu Lintas, Waktu Tempuh

Abstract

Jalan Kaliurang merupakan sebuah jalan utama yang terletak di Sebelah Utara Kota Yogyakarta dan dekat dengan tempat Menuju wisata seperti Wisata Merapi dan di kawasan ini terdapat beberapa bangunan hotel, Pertokoan , Kos-Kosan dan Kampus Sehingga banyak kendaraan yang melintas, keluar/masuk, dan parkir di ruas jalan, serta banyak aktivitas manusia disekitar ruas jalan tersebut. Metode Penelitian yang di gunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan pencatatan secara langsung dilapangan. Untuk datan primer meliputi : data geometri jalan, data volume lalu lintas dan kecepatan lalu lintas. Sedangkan data sekuder meliputi studi literatur dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Sebagai Dasar penyelesaian data yang di gunakan adalah volume lalu lintas, Hambatan samping, kapasitas jalan, Derajat kejenuhan, Kecepatan arus bebas dan kecepatan dan waktu tempuh yang terdapat pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Dari hasil survei selama 5 hari dan di lakukan analisis pada hari minggu pagi maka di peroleh  bahwa volume puncak sebesar 6570,5 Smp/Jam, Pada hari Jum’at dengan Frekuensi bobot Kejadian Kejadian 497,8. Analisis perhitungan Kapasitas jalan pada jam puncak yaitu 4.060,8 Smp/jam, serta nilai Derajat Kejenuhan sebesar 0,87.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rafi dan Adi Theo Pratama. 2019. Analisis kinerja pada ruas jalan tentara pelajar.https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/C11A/2014/C.111.14.0053/C.111.14.0053-15-File-Komplit-20190215112013.pdf.

Andrianus Adi, Nusa Sebayang, dan Eding Iskak. 2024. Analisa kemacetan lalu lintas di jalan provinsi ruas jalan karanglo – bts kota batu karangploso kabupaten malang. https://eprints.itn.ac.id/14482/8/Jurnal.pdf.

Arkhan Afif Maisan. 2022. Evaluasi kinerja ruas jalan kaliurang di depan pasar gentan. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40663.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2023. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI).

Penerbit Bina Marga. Jakarta.

Dishub Kabupaten kulonprogo. 2021. Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dimaksud dengan Lalu Lintas adalah gerak kendaraan dan orang di Ruang Lalu Lintas Jalan, https://dishub.kulonprogokab.go.id/detil/364/undang-undang-nomor-22-tahun-2009-tentang-lalu-lintas-dan-angkutan-jalan.

Dwi Haryanto. 2021. Analisis Dan Optimalisasi Simpang Tiga Bersinyal (Studi kasus Simpang Tiga Tegalyoso Klaten). Tugas Akhir. (Tidak Diterbitkan). Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Hatmal Sangaji. 2023. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Affandi Gejayan. Tugas Akhir. (Tidak Diterbitkan). Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Julianto, Eko Nugroho, 2010, Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang, Semarang, Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan.

Namira Rosyada. 2023. Analisis lalu lintas harian jalur satu arah (studi kasus : jalan letjen suprapto kota yogyakarta). Tugas Akhir. (Tidak Diterbitkan). Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Nugroho, Untoro, 2017, Evaluasi Kapasitas Ruas Jalan Pantura Kabupaten Brebes, Brebes,Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan.

Rachmat. Mudiyono, 2017. Analisis Kinerja Ruas Jalan Majapahit Kota Semarang. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Wibowo. Sony. Sulaksono. Dkk, Pengantar Rekayasa Jalan. Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2001.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Subagyo, S., Suryanto, S., & Nefo Handriansyah, M. (2024). ANALISA KINERJA LALU LINTAS JALAN KALIURANG (STUDI KASUS : JALAN KALIURANG KM 5,8 – 9,3 , KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). CivETech, 6(2), 35–46. https://doi.org/10.47200/civetech.v6i2.2502

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>