PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (Studi Kasus : Jalan Gito Gati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Authors

  • Suryanto Suryanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Indra Suharyanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Ninda Zuhaira Fasya Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/civetech.v5i2.1898

Keywords:

Hambatan samping, volume lalu lintas

Abstract

Tingginya suatu nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan mempengaruhi penurunan pada inerja jalan. Besarnya hambatansamping sangat berpengaruh terhadap kapastitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor faktor yang mempengarhi kinerja lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan dan survei hambatan samping untuk melihat besarnyapengaruh gangguan. Penelitian ini dilakukandengan cara survei volume lalu lintas selama 4 hari yaitu pada yanggal 16,17,18,19 Februari 2023. Perhitugan selanjutnya dilakukan dengan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014 untuk Jalan Perkotaan.

Bersasarkan hasil perhitungan didapat Q sebesar 1697,5 smp/jam. Kecepatan tempuh sebesar 31 km/jam dan waktu tempuh sebesar 23,2 detik. Kapasitas (C) sebesar 3575,12 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0.475 dan tingklat pelayanan C. Berdasarkan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 untuk Jalan Perkotaan faktor hambatan samping yang paling berpengaruh adalahkendaraan keluar/masuk dari samping jalan. Hal ini menunjukan perlu adanya penertiban aktivitas jalan pada jam jam puncak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzy,Hadi Nur.,2021,analisis tingkat pelayanan jalan akibat hambatan samping pada kondisi pandemi covid-19, Universitas Komputer Indonesia , Bandung

…………. …..2014. Panduan Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jendral Bina Maga, Jakarta

Matondang,Ardiansya Putra., 2018, Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan di pasar kampung pon jalan medan tebing tinggi kabupaten serendang bedagai, universitas muhamadiyah sumatra, Medan

Syaputra, R., Sebayang, S., & Herianto, D. (2016). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Proklamator Raya–Pasar Bandarjaya Plaza). Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, 3(3), 441-454. Indrayana, I. G. N. G. A., & Agung, G. N. G. (2013). Analisis Kinerja Ruas Jalan dan Biaya Perjalanan Akibat Tundaan Pada Ruas Jalan. J. Ilm. Elektron. Infra Strktur

Tek. Sipil, 2.

Desembardi, F., Sukrisman, A., Pristianto, H., & Ulayanto, H. (2018). Analisis Kinerja Ruas Jalan Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Pada Jalan AM Sangaji Gonof KM. 12 Kota Sorong.

Zakiyah, N. (2016). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Lambung Mangkurat Di Pasar rahmat Kota samarinda. Kurva Mahasiswa, 4(2), 1190- 1200.Kota Samarinda

Maulana Rudyansah, G. (2021). Analisa Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Evektivitas Pengguna Jalan Kota tegal (Studi Kasus Ruas Jalan Letjen Suparto Kota Tegal) (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal). Kota tegal

Rauf, H., Sendow, T. K., & Rumayar, A. L. (2015). Analisa Kinerja Lalu Lintas Akibat Besarnya Hambatan Samping Terhadap Kecepatan dengan Menggunakan Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Ruas Jalan dalam Kota pada Segmen Jalan Lumimuut). Jurnal Sipil Statik, 3(10).

Fikri, N. (2022). Analisis Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Ruas Jalan Pasar Pagi Parak Laweh dan Pasar Pagi Dadok Tunggul Hitam) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang). Kota Padang

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Suryanto, S., Suharyanto, I., & Fasya, N. Z. (2023). PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (Studi Kasus : Jalan Gito Gati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta). CivETech, 5(2), 54–63. https://doi.org/10.47200/civetech.v5i2.1898

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>