KARAKTERISTIK BANGKITAN PERJALANAN PERUMAHAN KELAS MENENGAH BERBASIS RUMAH TANGGA

  • Suryanto Suryanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: bangkitan perjalanan, perumahan klas menengah, berbasis rumah tangga, regresi linear

Abstract

Perlunya pendataan dan analisis setiap saat dan tempat mengenai jumlah perjalanan yang berasal dari kawasan pemukiman yang berupa perumahan beserta faktor-faktor yang mempengaruhi. pendataan dan analisis tersebut diperlukan setiap saat dan tempat karena hampir semua unsur-unsur atau faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah perjalanan merupakan fungsi tempat dan waktu.  Unsur-unsur yang merupakan variabel atau peubah terdiri dari jumlah pemilikan kendaraan,  pendapatan, dan ukuran rumah tangga (karakteristik rumah tangga). Metode analisis regresi dipakai untuk pendekatan model karena data yang diperlukan tidak banyak, dan terdapatnya uji statistik untuk menguji keabsahan model. Dari hasil Proses model analisis korelasi dengan metode analisis langkah demi langkah, model terbaik yang dihasilkan adalah Karakteristik bangkitan perjalanan perumahan klas menengah berbasis rumah tangga, dengan contoh Bangkitan Pergerakan yang berasal dari Perumnas Condongcatur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dipengaruhi oleh Ukuran Rumah Tangga, Pemilkan Kendaraan, dan Pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006, Panduan Pengelolaan Hibah Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Kreativitas Mahasiswa, Edisi VII, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Depdiknas Nasional, Jakarta.

Indriati, E., 2003, Menulis Karya Ilmiah, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Miro, Fidel, 2005, Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mochtar, I., B., 2001, Bahan Kuliah Cara Penulisan Laporan Teknik, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Morlok, E., K., 1978, Pengantar dan Perencanaan Teknik Transportasi, Diterjemahkan oleh Johan Kelanaputra Hainim, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sihotang, F., M., F,. 2007, Hubungan antara Luas Wilayah Komersial di Pusat Perbelanjaan Perkotaan dengan Tarikan Perjalanan, Jurnal Teknik Sipil Vol. 4, No. 2, Juli 2007, Jakarta

Sudjana, 1989, Metoda Statistik, Penerbit Tarsito, Bandung.

Tamin, O., Z., 1997, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Tamin, O., Z., 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Contoh Soal dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung.

Taaffe, E., J., Gauthier, H., L., dan O’Kelly, M., E., 1996, Geography of Transportation, Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Walpole, R., E., dan Myers, R., H., 1995, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Penerbit ITB, Bandung.

Warpani, Suwardjoko, 1990, Merencanakan Sistem Perangkutan, Penerbit ITB, Bandung.

Published
2019-08-01
How to Cite
SuryantoS. (2019). KARAKTERISTIK BANGKITAN PERJALANAN PERUMAHAN KELAS MENENGAH BERBASIS RUMAH TANGGA. CivETech, 1(2), 72 - 81. https://doi.org/10.47200/civetech.v16i1.728
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)