IDENTIFIKASI RESIKO KECELAKAAN PERLINTASAN SEBIDANG DI JALAN SOROWAJAN BARU, KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47200/civetech.v5i1.1552Keywords:
perlintasan sebidang, probabilitas kecelakaan, standar teknis, kinerja perlintasanAbstract
Untuk mengetahui kinerja perlintasan sebidang diperlukan identifikasi resiko kecelakaan perlintasan sebidang yang menyangkut evaluasi perlintasan sebidang, prediksi dan probabilitas kecelakaan. Evaluasi Perlintasan Sebidang dinyatakan dengan perbandingan kondisi perlintasan Perlintasan sebidang JPL 348, Jalan Sorowajan Baru, Kota Yogyakarta yang ada dengan standar teknis menurut Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : SK.770/KA.401/DRJD/2005, terdiri data teknis, rambu, marka dan isyarat. Tidak semua kinerja Perlintasan sebidang JPL 348 memenuhi standar teknis menurut Peraturan, Resiko kecelakaan dihitung berdasarkan Departemen Perhubungan AS, Federal Administrasi Jalan Raya meliputi prediksi tumbukan awal, tumbukan per tahun di perlintasan a= 4935, Probabilitas Kecelakaan Fatal= P(FA | A) =0,1492, Probabilitas kecelakaan cedera= P(IA/A)= 0,2658
Downloads
References
Asward Yusandy. 2013. Studi Kelayakan Perlintasan Sebidang antara Jalan Kereta Api dengan Jalan Raya.
Amal, A.S., dkk. (2002). “Pengaruh Penutupan Pintu Kereta Api Terhadap
Tundaan dan Panjang Antrian Kendaraan Pada Jalan Raya Malang-Surabaya Km.10. Malang”. Jurnal Pilar, volume 11 nomor 2
Julianto, Eko Nugroho. (2010). “Hubungan Antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang”. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, Volume 12 no.2
U.S Departement of transportation. (2007) “Railroad Highway Grade Crossing Handbook.
Said (2004). Kajian Satu Persimpangan Sebidang Jalan Dan Jalan Rel. Tesis ITB, Bandung.
Suwardi. (2005). “Pengaruh Lintasan Kereta Api Terhadap Lalu Lintas Jalan Slamet Riyadi Purwosari Surakarta”. Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, Vololume 6 No.2
DAOP VI Yogyakarta,” Grafik Perjalanan Kereta Api (2022)”