KOMPARASI AGREGAT PROGO DAN MERAPI DAN PENGARUNYA TERHADAP MUTU BETON FS 45

  • Nurokhman Nurokhman Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Hery Kristiyanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Singgih Subagyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Hery Hermanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Agregat Progo, Merapi, Beton FS 45

Abstract

Kekuatan beton dipengaruhi oleh bebrapa factor dan salah satunya adalah properti mutu agregat diantaranya gradasi, berat jenis, kandungan lumpur, dan keausan. Parameter tersebut akan mempengaruhi banyaknya proporsi material dalam target mutu beton. Dalam SNI 7656:2012 untuk campuran beton normal dipengaruhi butiran maksimum split, berat jenis, dan gradasi yang pada akhirnya akan memberikan porsi volume agregat dalam 1 m3. Tujuan penelitian mengetahui dan menganalisis properti agregat halus dan agregat kasar sumber Kali Progo dan sumber Merapi, dan pengaruhnya pada campuran beton FS 45.

Hasil pemeriksaan agregat Kali Progo berat jenis (Bulk) agregat halus 2,64, berat jenis kering permukaan 2,69, berat jenis semu (apparent) 2,77, dan penyerapan (absorption) 1,77%. Sedangkan agregat Merapi Sleman berat jenis (Bulk) agregat halus 2,505, berat jenis kering permukaan 2,586, berat jenis semu (apparent) 2,726, dan penyerapan (absorption) 3,244%. Untuk menghasilkan kuat lentur beton FS 45  kuat lentur rencana 45 kg/cm2 dan slump 3-6 cm dengan agregat Progo diperlukan fas 0,3 dengan perbandingan  1 PC : 0,9 AH : 1,88 AK sedangkan beton agregat Merapi 1 PC : 0,9 AH : 2,25 AK yang berarti diperlukan berat agrgat kasar yang lebih banyak.

Hasil pengujian kuat lentur FS 45 balok campuran beton dengan agregat Merapi telah memiliki kuat lentur relatif lebih tinggi 102% dimana kuat lentur dengan agregat Progo 52,792 kg/cm2 dan kuat lentur agregat Merapi 53,569 kg/cm2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Suryawan, 2009, Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement), Penerbit Beta Offset, Yogyakarta.
Dokumen Teknis Paket Peningkatan Ruas Jalan Dudukan-simpang Ngentakrejo Kabupaten Kulonprogo, 2021
Departemen KIMPRASWIL, 2002, Pedoman Perencanaan Jalan Beton Semen, Direktorat Jendral Prasarana Wilayah, Jakarta.
Erlina, E. (2020). Validasi Kuat Tekan Dan Kuat Lentur Beton Normal Terhadap Kuat Tekan Dan Kuat Lentur Beton Dengan Penambahan Serbuk Kayu Jati Dan Serbuk Kayu Kelapa.CivETech, 2 (2), 1 -10.
Mohamad Anas Aly, 2004, Teknologi Perkerasan Jalan Beton Semen, Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen, Jakarta.
Nurokhman, N., Suharyanto, I., & Rochmawati, U. (2021). Evaluasi Mutu Beton Dari Berbagai Ready Mix Pada Gedung Parkir Yogyakarta International Airport.CivETech, 3 (2), 55-65, https://doi.org/10.47200/civetech.v3i2.1058
SNI 03-1972-1990, Tata Cara Uji Kelecakan Beton (Slump Test), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
SNI 03-1974-1990, Tata Cara Pengujian Kuat Tekan Beton, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
SNI 03-2458-1991, Metode Pengujian dan Pengambilan Contoh untuk Campuran Beton Segar, Badan Standar Nasional, Jakarta
SNI 03-4154-1996, Tata Cara Pengujian Kuat Lentur Beton, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
SNI 03-4810-1998, Tata Cara Pembuatan dan Perawatan Benda Uji, Badan Standrisasi Nasional, Jakarta.
SNIPd-T-14-2003, Tata Cara Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
Subagyo, S., & Nurokhman, N. (2021). Pengendalian Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo.CivETech.
Subagyo, S., & Nurokhman, N. (2021). Pengendalian Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo.CivETech, 3 (2), 66-81. https://doi.org/10.47200/civetech.v3i2.1059
Suryanto, S., & Nurokhman, N. (2022). Evaluasi Properti Marshall Terhadap Mutu Aspal Beton Lapangan Pada Runway Bandara Yogyakarta International Airport.CivETech,4 (1), 59 - 72. https://doi.org/10.47200/civetech.v4i1.1106
Published
2023-08-01
How to Cite
NurokhmanN., KristiyantoH., SubagyoS., & HermantoH. (2023). KOMPARASI AGREGAT PROGO DAN MERAPI DAN PENGARUNYA TERHADAP MUTU BETON FS 45. CivETech, 5(2), 31 - 44. https://doi.org/10.47200/civetech.v5i2.1897
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>