PENGENDALIAN MUTU PELAKSANAAN ASPAL BETON (AC-BC)

  • Singgih Subagyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Emanuel Yosef M. Nana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Pengendalian Mutu, Aspal Beton

Abstract

Dalam tulisan ini disajikan metoda yang digunakan untuk mengendalikan mutu pekerjaan aspal beton (AC-BC) dalam pekerjaan pelaksanaan di pekerjaan yang sesungguhnya agar tercapai mutu  yang disyaratkan dalam spesifikasi.

Pekerjaan pengendalian mutu meliputi tahap awal, tahap pelaksanaan, dan pemeriksaan akhir di laboratorium dan pengambilan kesimpulan akhir.

Pada tahap awal dilakukan survai mengenai asal bahan-bahan yang akan digunakan mengenai mutu, jumlah dan jarak sumber material atau bahan-bahan yang akan digunakan. Pemeriksaan dilakukan ditempat sumber bahan di lokasi tempat pengambilan bahan dan di tempat penampungan bahan di base camp tempat pembuatan aspal beton.

Pada tahap pelaksanaan dikerjakan pengambilan sampel benda uji dengan core drill pada bagian-bagian yang sesuai persyaratan dalam spesifikasi.

Pada tahap akhir dilakukan analisa pada sampel-sampel yang diambil dari lapangan dengan core drill tersebut di laboratorium bahan  jalan raya.

Pada analisa akhir dilakukan pembandingan antara hasil analisa di laboratorium bahan jalan raya dengan persyaratan dalam spesifikasi dan selanjutnya diambil kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Assiciation of State Higway and Transportation Official (AASHTO), 1993, Guide for Design of Pavement Structures 11 AASHTO 2001, A Policy on geometric Jendral Bina Marga, Jakarta

Anonim, 2017, Manual Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017) Nomor 04/Se/Db/2017, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta

Anonim, 2020, Dokumen Teknis Proyek Peningkatan Ruas Jalan Kokap-pripih Kulonprogo, Dinas PUPK Kulonprogo.

Ananda, R.Y.F., 2019. Pemeriksaan Stabilitas Struktur Perkerasan Jalan AkibatGempa Lombok Pada Ruas Jalan Raya Tanjung Gunung Sari (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

DoniIkrar Dinata, Anita Rahmawati, Dian Setiawan M., 2017, Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Analisis Komponen Dari Bina Marga 1987 dan Metode AASHTO 1993 Menggunakan Program Kenpave, Jurnal Ilmiah Semesta Teknika Vol. 20, No. 1, 8-19, Desember 2022.

Fitriana, R., 2014. Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Tol Menggunakan Metode Bina Marga 2002 dan AASHTO dan AASHTO 1993 (StudiKasus: RuasJalanTol Solo - Kertasono) (Doctoral Dissertation, UniversitasMuhammadiyah Surakarta).

Santara, S,L., Styawan, A. and Sumarsono, A., 2019. Perbandingan Nilai Marshall Daspal (DamarApal) di Laboratorium dengan Hasil Coring di Lapangan Serta Analisis Serta Analisis Skid Resistance, Matriks Teknik Sipil, &(4).

Sudarno Sudarno, Akhmad Nurul Falakh, Nazila Dewi Navitasari, 2018, Evaluasi Tabel Perkerasan Jalan Raya Secang – Magelang Menggunakan Metode Analisis Komponen, Jurnal Disprotek, Vol 9, No 2 FST UINU Jepara,.

Nur Azizah Affandi dan Rasio Hepyanto (2018), Studi Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Dradah – Kedungpring Menggunakan Metode Bina Marga 2002, Jurnal UKARST Vol 2, Universitas Kediri.

Wong, I.L.K., 2013. Studi Perbandingan Perkerasan Jalan Lentur Metode Bina Marga dan AAStho dengan Menggunakan Uji Dynamic Cone Penetration (Ruas Jalan Bungku-Funasingko Kabupaten Morowali) (0637T).

Published
2023-02-01
How to Cite
SubagyoS., & M. NanaE. (2023). PENGENDALIAN MUTU PELAKSANAAN ASPAL BETON (AC-BC). CivETech, 5(1), 38-46. https://doi.org/10.47200/civetech.v5i1.1555
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)