IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 27 TAHUN 2017 TENTANG PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN

Keywords: perwali, yogyakarta, peraturan walikota, anak jalanan, anak, perlindungan anak, jaminan kesehatan, harapan fian, hak anak, jaminan sosial, hukum

Abstract

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah merupakan wujud dari hak masyarakat untuk memperoleh Jaminan Kesehatan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Perkumpulan Harapan Fian merupakan suatu organisasi di isu anak di situasi jalanan yang turut membantu proses pengimplementasian Peraturan Daerah dalam pendampingan Anak di Situasi Jalanan di Yogyakarta. Fokus utama permasalahan dalam artikel ini adalah; pertama, implementasi pengaturan hak jaminan kesehatan bagi anak di jalanan berdasarkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 27 Tahun 2017 tentang Jaminan Kesehatan Daerah, dan kedua, adalah peran Perkumpulan Harapan Fian (selanjutnya dapat disebut Harapan Fian) dalam mengimplementasikan hak jaminan kesehatan Anak di Situasi Jalanan sebagaimana Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data, studi lapangan juga dilakukan yang terdiri dari observasi dan wawancara mendalam dengan para narasumber. Observasi dilakukan oleh penulis dengan terlibat langsung dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Harapan Fian.

Kata Kunci: Peraturan Walikota, Yogyakarta, Anak Jalanan, Jaminan Kesehatan, Harapan Fian, Hak Anak, Jaminan Sosial.

References

Perempuan, Kementerian Pemberdayaan. (2018), "Profil anak indonesia 2018." Jakarta (ID): KPPA

Peraturan Walikota Yogyakarta No 27 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah.

Wawancara kepda Bpk. Ahmad Syaifuddin, Selaku Direktur Perkumpulan Harapan Fian Yogyakarta, pada tanggal 20 Juni 2022, jam 13.00.

Wawancara dengan Ade Nurbaya anggota Perkumpulan Harapan Fian dan selaku anggota komunitas anak di situasi jalanan, pada tanggal 20 Juni 2022 di kos Kadipiro. Pada jam 10.00.

“Covid 19 Response 2: The Introduction of Posyandu Jalanan”. https://harapanfian.org/619. (Diakses pada tanggal 10 Agustus 2022, pukul 13.23)

Published
2023-01-01
How to Cite
SuprihatunS., FadliS., & Dyah RahmawatiN. (2023). IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 27 TAHUN 2017 TENTANG PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN. Fortiori Law Journal, 3(01), 1-20. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/flj/article/view/1595

Most read articles by the same author(s)