PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK

  • Rahmat Satriawan, Retno Kurnianingsih Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Abstrak

Pilihan karir (profesi) merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan oleh mahasiswa. Faktanya menunjukkan bahwa profesi akuntan publik tidak menjadi pilihan utama mahasiswa akuntansi untuk berkarier, selain tingkat kelulusan ujian Certified Public Accountant (CPA) yang relatif rendah, dan  tidak semua lulusan akan terjun ke profesi akuntan publik. https://pppk.kemenkeu.go.id/in/post/membangun-profesi-akuntan-publik-kelas-dunia.  Penelitian ini mereplikasi penelitian Aryani Maulida (2022) mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi karir menjadi akuntan publik, hasil penelitian menyatakan bahwa lingkungan kerja, imbalan finansial, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar tenaga kerja, dan pelatihan profesional berpengaruh signifikan terhadap minat pilihan karir mahasiswa akuntansi untuk menjadi akuntan publik.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh 1ingkungan kerja, penghargaan finansial, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar, pelatihan professional dan personalitas terhadap persepsi mahasiswa akuntansi pada profesi akuntan publik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Populasi adalah mahasiswa Akuntansi Universitas Teknologi Yogyakarta. Pemilihan sampel dengan metode  purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer, teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online  (dengan google form) yang dibagikan melalui WhatsApp pada mahasiswa akuntansi semester akhir yang sudah mengambil mata kuliah pengauditan. Peneliti mengambil sampel laki-laki 36 responden dan perempuan 39 responden. Data  analisis menggunakan bantuan SPSS 29. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan pertimbangan pasar berpengaruh pada persepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik sedangkan pengahargaan finansial, nilai-nilai sosial, pelatihan profesional dan personalitas tidak berpengaruh pada persepsi mahasiswa akuntansi pada profesi akuntan publik.

Keterbatasan penelitian ini hanya menggunakan satu sampel dari perguruan tinggi swasta, teknik pengumpulan yaitu dengan non probability melalui kuisioner dengan data cross section sehingga hanya mencerminkan kondisi pada periode pengambilan data, oleh karena itu belum dapat mewakili keseluruhan populasi secara proporsional. Dengan demikian kesimpulan hasil penelitian tidak dapat digeneralisasi.

Referensi

Al-Hafis, S. I. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Owner, 6(1), 234–246. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.624

Chomariyah, S. N., Rosita, E., Wati, R., Anggraini, S. N. A., Nurdiyanti, D. A., & Rachma, A. F. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi UM Surabaya). June, 1–51.

Essera, F. A., & Djefris, D. (2022). Jurnal Akuntansi , Bisnis dan Ekonomi Indonesia Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi , Bisnis Dan Ekonomi Indonesia, 1(1), 86–91.

Rito, R., & Azzahra, F. (2018). Peran Audit Internal Dalam Good Corporate Governance Bank Syariah Di Indonesia. Agregat, 2(1), 79–99. https://doi.org/10.22236/agregat

Yopeng, M., & Hapsari, A. N. S. (2020). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Faktor-Faktor Yang Mendorong Pemilihan Profesi Akuntan Publik. Tirtayasa Ekonomika, 15(2), 234. https://doi.org/10.35448/jte.v15i2.7964

Ghozali, I (2005), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS . Semarang: Badan Penerbit Universitas diponegoro

Aditiyas, M. R. D. (2022). Peran profesi guru di dalan di dalam dunia pendidikan. Al-Hafis, S. I. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Herawati, L (2015) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir sebagai Akuntan Publik (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Di Medan). Skripsi. Medan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Astuti, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Karir sebagai Akuntan Publik pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, skripsi, Salatiga: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Chan, A. S. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal IlmiahMahasiswa Akuntansi, 1(1), 53–58.

Chomariyah, S. N., Rosita, E., Wati, R., Anggraini, S. N. A., Nurdiyanti, D. A., & Rachma, A. F. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi UM Surabaya). June, 1–51.

Essera, F. A., & Djefris, D. (2022). Jurnal Akuntansi , Bisnis dan Ekonomi Indonesia Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi , Bisnis Dan Ekonomi Indonesia, 1(1), 86– 91.

Gaspersz, L. L. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir akuntan publik dan non akuntan publik (studi empiris pada mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi di Perguruan Tinggi Swasta Kota Madiun) (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun).

Hutauruk, M. R. (2017). Akuntansi perusahaan jasa.repo.unikadelasalle.ac.id Herlin, H., & Sari, M. (2018). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Publik. Agregat: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 366-376.

Merdekawati, D. P., & Sulistyawati, A. I. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir akuntan publik dan non akuntan publik. Jurnal Ilmiah Aset, 13(1), 9-19.

Puspitasari, S. H. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Profesi Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Survei di UNS, UMS, dan STIE Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Prof. Dr. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis ( Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D ). Bandung : Alfabeta, cv

Rahayu, dkk (2003), Persepsi mahasiswa Akuntansi di Beberapa Universitas Negeri dan Universitas Swasta yang Ada di Wilayah Jakarta, Yogyakarta dan Surakarta Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik, Akuntan Perusahaan, Akuntan Pendidik dan Akuntan Pemerintah, skripsi, Bandung: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.
Rito, R., & Azzahra, F. (2018). Peran Audit Internal Dalam Good Corporate Governance Bank Syariah Di Indonesia. Agregat, 2(1), 79–99. https://doi.org/10.22236/agregat

Siregar, K. A. (2018). Pengaruh Persepsi dan Minat Mahasiswa Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Ausitor Di Kantor Akuntan Publik (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU). 18–20.

Saputra, K. A. K. (2013). Persepsi Mahasiswa Strata Satu Akuntansi Terhadap Undang-Undang No. 5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik (Sebuah Studi fenomenologi). Jurnal Ilmiah AKuntansi Dan Humanika.

Tandiontong, M. (2016). Kualitas Audit dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta. Yopeng, M., & Hapsari, A. N. S. (2020). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap
Faktor-Faktor Yang Mendorong Pemilihan Profesi Akuntan Publik.
Tirtayasa Ekonomika, 15(2), 234. https://doi.org/10.35448/jte.v15i2.7964
Diterbitkan
2023-07-27