ANALIASIS EFISIENSI KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: JALAN SELOKAN MATARAM – JALAN WAHID HASYIM)

Authors

  • Suryanto Suryanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Cahyaning Kilang Permatasari Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Kevin Nur Hidayah Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/civetech.v7i2.3105

Keywords:

Derajat Kejenuhan, Kinerja Lalu Lintas, Panjang Antrian Simpang Bersinyal, Tundaan

Abstract

Pertumbuhan kendaraan bermotor di wilayah Yogyakarta yang tidak diimbangi dengan peningkatan infrastruktur lalu lintas yang memadai telah menyebabkan berbagai permasalahan, khususnya pada titik simpang jalan. Salah satu simpang yang mengalami kepadatan signifikan adalah simpang bersinyal Jalan Selokan Mataram – Jalan Wahid Hasyim, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang tersebut dengan menggunakan parameter kinerja lalu lintas, yaitu derajat kejenuhan (DJ), tundaan rata-rata (Ti), panjang antrian (Q), dan kapasitas (C), sesuai metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023.Metode penelitian yang digunakan adalah survei lalu lintas pada hari sibuk dan hari libur pada tiga periode waktu (pagi, siang, dan sore), serta pengukuran langsung data geometri jalan dan waktu sinyal. Data kemudian dianalisis untuk memperoleh kinerja tiap lengan simpang (utara, selatan,
timur, barat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan signifikan antara kondisi hari sibuk dan hari libur, terutama pada pendekat timur dan barat yang memiliki derajat kejenuhan (DJ) lebih dari 1 dan tundaan yang sangat tinggi, yaitu hingga 895,9 detik/SMP pada kondisi eksisting.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa simpang Selokan Mataram – Wahid Hasyim dalam kondisi eksisting belum bekerja secara efisien, terutama pada jam-jam sibuk dan pendekat dengan volume lalu lintas tinggi. Diperlukan evaluasi lanjutan terkait pengaturan fase sinyal dan kemungkinan rekayasa lalu lintas lainnya guna meningkatkan efisiensi simpang serta mengurangi risiko kemacetan dan kecelakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bina Marga Direktorat Jendral. (2023). Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014.

Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), 68.

Hasanuddin, H. A., Halim, H., Hanafi, I. M., & T. (2021). Analisis Kapasitas dan Kinerja

Simpang Bersinyal Pada Simpang Abdullah Dg. Sirua. J. Appl. Civ. Environ. Eng.,

1(1), 72. doi:10.31963/jacee.v1i1.2700

Hobbs, 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Gadjah Mada University Press,

Yogyakarta

indrian, A. S., Sebayang, N., & Erfan, M. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal

Menggunakan Metode PKJI 2014 Dan Software Vissim 11 Pada Simpang W.R.

Supratman Kota Malang. Student J. Gelagar, 4(2), 236-246.

Jepriadi, K. (2022). Kalibrasi dan Validasi Model Vissim untuk Mikrosimulasi Lalu Lintas

pada Ruas Jalan Tol dengan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU). Keselam.

Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), 9(2), 110-118. doi:10.46447/ktj.v9i2.439.

Kajian, J., & Multidisipliner, I. (2024). Analisis kinerja simpang bersinyal berbasis

software vissim di banyuwangi. vol (8), 1–16

Nurhidayah, A. A., & Wibisono, R. E. (2023). Prediksi dan Penerapan Simulasi

Menggunakan Software VISSIM Terhadap Kinerja Lalu Lintas untuk Menguraikan

Kemacetan Simpang Bersinyal di Jl. Raya Manyar Kota Surabaya. J. Media Publ.

Terap. Transp., 1(1), 73-84.

Pertiwi Kartika (2024). Analisis Evaluasi Kinerja Simpang (Studi Kasus: Jalan Jendral

Sudirman). Jurnal : Kinerja simpang vol (1) 1-10.

Subagyo Singgih&Rosyada Namira (2024). Analisis Lalu Lintas Harian Satu Arah (Studi

Kasus: Jalan Letjen Suprapto Kota Yogyakrta). Jurnal CivETech vol. 6 (1) 54-65.

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Suryanto, S., Permatasari, C. K., & Hidayah, K. N. (2025). ANALIASIS EFISIENSI KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: JALAN SELOKAN MATARAM – JALAN WAHID HASYIM). CivETech: Civil Engineering and Technology Journal, 7(2). https://doi.org/10.47200/civetech.v7i2.3105

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>