Evaluasi Properti Marshall Terhadap Mutu Aspal Beton Lapangan Pada Runway Bandara Yogyakarta International Airport

  • Suryanto Suryanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Nurokhman Nurokhman Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Yogyakarta International Airport, runway, aspal beton, Marshall, coredrill

Abstract

Pada pekerjaan runway Bandara YIA dengan lapis perkerasan aspal beton ACBC dan lapisan aus ACWC merupakan konstruksi penting dalam mendukung beban pesawat untuk landing dan take off yang harus sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Dalam penentuan kadar aspal yang akan berpengaruh pada kepadatan lapisan ACBC dan lapisan ACWC telah dilakukan pengujian Marshall di laboratorium untuk mendapatkan formula yang tepat agar hubungan kadar aspal dan kepadatan lapisan laston sesuai yang diharapkan. Studi bertujuan mengetahui hasil parameter pepada ngujian Marshall lapisan ACBC dan lapisan ACWC di laboratorium, menganalisis hasil pengujian pekerjaan lapisan perkerasan aspal beton sesuai dengan standar spesifikasi teknis yang ditentukan, menganalisis pengaruh property penguian Marshall terhadap tebal lapisan coredrill, mutu kadar aspal dan kepadatan laston. Metode penelitian dengan sumber data primer pengamatan langsung di laboratorium PT. ADP dan laboratorium Politeknik Negeri Semarang dan lokasi proyek serta data sekunder laporan pengujian runway pada tahap job mix design, trial dan penghamparan di lokasi runway Bandara YIA dari PT. Angkasa Pura dengan kontraktor PT. PP KSO dan Konsultan PMCC PT. Tata Guna Patria.

Dari hasil penelitian pelaksanaan pekerjaan lapisan runway sebagai landasan pacu pesawat di Bandara YIA dilakukan sesuai procedure dan spesifikasi yang tercantum pada Rencan Kerja dan Syarat-syarat serta peraturan lain yang berlaku. Bahan laston berupa aspal penetration grade 60-70, agregat quarry Kokap Kulon Progo mempunyai abrasi 12,52%, kekekalan 0,14%, nilai setara pasit  98,17%, partikel pipih 9,71%, dan pada pasir kadar lumpur 1,83% memenuhi persyaratan. Hasil pengujian trial mix design dengan kadar aspal 4,5% sampai dengan 6,5%  berat jenis aspal 1,03 gr/cm3 diperoleh penyerapan aspal 0,893% dan kadar aspal efektif aspal 4,757%. Properti Marshall AC-WC  diproleh Stabilitas 1400 kg, flow 3,30 mm, VIM  4,00 %, VFB 77,0 %, Berat Jenis Campuran 2,280 gr/ml, VMA 17,40 %, Kadar Aspal Effektif 5,198%, Kadar dan Aspal optimim  6,11%. Dari hasil pengujian ketebalan ACWC dengan core drill pada badan runway menunjukkan tebal 5,20 - 7,40 cm telah memenuhi syarat batas tebal ACWC yaitu 4,70. Untuk ACBC yang dilakukan dalam 2 layer menunjukkan tebal rata-rata layer 1 sebesara 8,2 cm dan tebal rata-rata layer 2 sebesar 6,4 cm seingga tebal total lapisan ACBC sebsar 14,6 cm yang berada pada minimum 12,6 cm  dan hasil pengujian dengan coredrill tercapai kepadatan 99,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suryanto Suryanto, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Nurokhman Nurokhman, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

References

Angkasa Pura, 2020, Laporan Pengujian ACBC Perkerasan Runway Bandara YIA Daerah Istimewa Yogyakarta.

Angkasa Pura, 2020, Laporan Pengujian ACWC Perkerasan Runway Bandara YIA Daerah Istimewa Yogyakarta.

Asrol, 2018, “Karakteristik Aspal Beton AC-WC dengan Subtitusi Buton Rock Asphalt Terhadap Rendaman Air Berlumpur ”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik Universitas Syah Kuala.

Dokumen Teknis, 2019, Pembangunan Infrastruktur Bandara Baru Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cut Khairani DE, 2018, “Uji Marshall Pada Campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) Dengan Tambahan Parutan Ban Bekas”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik Universitas Syah Kuala.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 013/T/Bt/1995, Pedoman Teknis Perencanaan dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta 1995.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga, Penentuan Presentase Komposisi Dari Fraksi Agregat Untuk Gradasi Campuran AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course) Dengan Aplikasi Microsoft Excel, Departemen Pekerjaan Umum, Tahun 2018.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga, Paket Pelebaran Jalan Yogyakarta – BTS. Kota Bantul, Departemen Pekerjaan Umum, Tahun 2019.

Masykur, 2016, “Analisis Pengujian Gradasi Ekstrasi Campuran AC-BC Hasil Produksi AMP (Asphalt Mixing Plant)”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Metro.

Muhammad Isya, 2018, “Karakteristik Aspal Beton AC-WC dengan Subtitusi Buton Rock Asphalt Terhadap Rendaman Air Berlumpur ”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik Universitas Syah Kuala.

Spesifikasi teknis Bina Marga Pekerjaan Umum, 2018, Persyaratan Teknis Jalan Dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan.

Sofyan M. Saleh, 2018, “Uji Marshall Pada Campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) Dengan Tambahan Parutan Ban Bekas”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik Universitas Syah Kuala.

Sofyan M. Saleh, 2018, “Karakteristik Aspal Beton AC-WC dengan Subtitusi Buton Rock Asphalt Terhadap Rendaman Air Berlumpur ”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik

Syahrul, 2012, “Perkerasan Campuran Aspal Beton (AC-BASE) Dengan Material Lokal Kutai Kertanegara”, Jurnal Sipil, Fakultas Teknik Sipil Universitas 17 agustus 1945

Published
2022-02-01
How to Cite
SuryantoS., & NurokhmanN. (2022). Evaluasi Properti Marshall Terhadap Mutu Aspal Beton Lapangan Pada Runway Bandara Yogyakarta International Airport. CivETech, 4(1), 59 - 72. https://doi.org/10.47200/civetech.v4i1.1106
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>