PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN PADANG TALAGO BIRU PADASUKA
DOI:
https://doi.org/10.47200/jcob.v5i02.1098Keywords:
Product Quality, Service Quality, Customer SatisfactionAbstract
This study aims to explain the effect of product quality and service quality on customer satisfaction at Talago Biru Padasuka Restaurant where the independent variables, namely product quality and service quality, on customer satisfaction as the dependent variable. The research was conducted in Padasuka Village, Cimenyan District, Bandung City, West Java. Data collection methods used are interviews and questionnaires filled out by respondents, namely customers of the blue talagoPadasuka restaurant. Sampling of 100 respondents, in this study using convenience sampling technique. The research method of this thesis is quantitative method, the analysis used includes validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing which includes F test and T test. correlation coefficient, coefficient of determination. The results showed that with a significance of 0.000 <0.10 then there was a significant effect between product quality and service quality on customer satisfaction.
References
Andi Andika Wirawan, Herman Sjahruddin, Nurlaely Razak. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee Di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen 1 (8). 15 – 26.
Aneke Punuindoong, Harry J Sumampouw, Intan Puspitasari. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Premium Pada Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara Dan Gorontalo. Jurnal Administrasi Bisnis. 69 – 57.
Agus Supandi Soegoto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA, 3(7), 1658 – 1667.
Afdy Rasyid Ikhprastyo. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Mister Geprek Bandar Lampung.
Alfian Rahmat, Suharyono, Swasta Priambada. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Service Kendaraan Auto2000 Kediri Suharmadji. Jurnal Administrasi Bisnis 1 (nov). 153 – 160.
Budi D Soebakir, Bode Lumanauw, Ferdy Roring (2018). Pengaruh Brand Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal EMBA 4 (Sep). 2843 – 3852.
Daniel Adhi Satria dan Helena Sidharta. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Porkball. Jurnal Manajemen dan Star – Up Bisnis, 3 (agustus), 398 – 408.
Daniel Okki Rizki Kesuma Adi, Aziz Fathoni SE MM, Leonardo Budi H SE MM(2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk CKE Teknik Semarang.
LystiaIstiningtyas dan Lumawati – Lukmawati. (2019). Tracer study of the psychology faculty of UIN Raden Fatah Palembang in 2018: satisfaction of alumni and stakeholders on the implementation of Islamic psychology study programs. Jurnal Konseling dan Pendidikan 19(11). 8 – 15.http://jurnal.konselingindonesia.com
Novianti, Endri, dan Darlius. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajeme 1 (Feb). 90 – 108. http://dx.doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1006
Slamet Heri Winarno. (2018). Faktor – Faktor Penentu Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 OOREDOO. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 2(6). 2559 – 3410.
Sarifudin, Rehendra Maya. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Falah Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 25(7). 135 – 154. http://doi.10.30868/im.v2i02.513
Vina Islami. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Servicescape Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sekretari Dan Manajemen 2(September). 2550 – 0805. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3il
Wiwit Dian Rahmatika. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Salon Widya Di Desa Cokrah Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.