Studi Kelayakan Biaya Dan Teknik Pada Pengembangan Kavling Perumahan Di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi D.I Yogyakarta

  • muhamad Arifin Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Fajar Purwoko Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Subarno Subarno Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Investasi, Pengembangan, Analisis Ekonomi

Abstract

Investasi properti menjamur di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan, sebab nilai investasi kian waktu kian meningkat. Peningkatan nilai investasi selaras dengan jumlah permintaan yang meningkat, yang disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk di kabupaten Bantul mengalami peningkatan sekitar 1,14% dalam satu tahun terakhir, melihat data tersebut ada sebuah peluang untuk dilakukannya investasi perumahan.

Dalam proses analisa penelitian dibagi dalam beberapa tahap, diantaranya pengumpulan data primer dan sekunder, kemudian analisis ekonomi. Luas lahan yang digunakan 805 m2 direncanakan dengan  total 8 unit rumah dengan type 45/77 sebanyak 2 unit dan type 55/88 sebanyak 6 unit.

Berdasarkan hasil perhitungan, NPV sebesar (=) Rp 1.086.000.000,00, PP terjadi pada tahun pertama, IRR bernilai 33%, PI sebesar 1,67 > 1. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa investasi di Pengembangan Kavling Perumahan di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul layak dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

muhamad Arifin, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Fajar Purwoko, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Subarno Subarno, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

References

Appraisal Institute. 2013. The Appraisal Of Real Estate. Appraisal Institute: Amerika Serikat

Badan Pusat Statistik. 2019. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. Badan Pusat Statistik: D.I. Yogyakarta

Christsanto. 2017. “Analisis Produktifitas Maksimum Penggunaan Lahan dengan Metode highest and best use (HBU) pada Lahan Kosong di Kawasan Perumahan Royal Residence, Surabaya.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Surabaya

Faizin, Bustanul. 2016. “Perencanaan Dan Studi Kelayakan Pembangunan Perumahan Di Desa Ngaru-Aru Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali”. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ling. David, dkk. 2013.Real Estate Principles A Value Approach. McGraw-Hill. Fourth Edition. Amerika Serikat

Menteri Pekerjaan Umum. 2007. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 05/PRT/M/2007 tenatang Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Susun Sederhana Bertingkat Tinggi. Menteri Pekerjaan Umum, 14 Maret.

Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI). 2018. KEPI & SPI 2018. Jakarta:CV. Gelora Karya Bharata.

Purnama Putra, Eko. 2013. “Analisis Kelayakan Pembangunan Perumahan Tipe 70/200 Bukit Barisan, Pekanbaru Dengan Sistem Bagi Hasil Oleh PT.Gilang Permata”. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau.

Rizal Pangestiawan, Muhammad. 2019. “Penilaian Tanah Kosong Dengan Land Development Analysis Di Jalan Karangkajen Desa Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta”. D3 Ekonomika Terapan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sudipta, I Gusti Ketut. 2018. “Analisis Kelayakan Proyek Pembangunan Perumahan Di Kabupaten Jembrana”. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Susanto, Hino. 2018. “Analisis Penggunaan Tertinggi Dan Terbaik Lahan Di Jalan Magelang, Daerah Istimewa Yogyakarta”. S2 Magister Ekonomika Pembangunan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Penerbitdeepublish.com. Penerbit Deepubublish. Cara Membuat Buku: Dari Ide Sampai Dijilid Penerbit Buku. 20 April 2016. 13.10 [Diakses 25 September 2019).

Published
2022-02-01
How to Cite
Arifin muhamad, PurwokoF., & SubarnoS. (2022). Studi Kelayakan Biaya Dan Teknik Pada Pengembangan Kavling Perumahan Di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi D.I Yogyakarta. CivETech, 4(1), 41 - 58. https://doi.org/10.47200/civetech.v4i1.1105
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)