REVIEW SARANA PRASARANA LINGKUNGAN KAWASAN PARKIR NGABEAN YOGYAKARTA

  • Muhamad Arifin Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Muhammad Ryan Iskandar Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Nurokhman Nurokhman Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Parkir Ngabean, Permukiman, Sarana Prasarana

Abstract

Permasalahan dalam pengembangan Parkir Ngabean yang lahannya terbatas diperlukan perluasan dengan merelokasi  penduduk yang sebagian besar ngindung di tanah Sultan ground dan hak milik seseorang. Selain itu kondisi lingkungan permukiman menjadi pertimbangan dalam skenario perencanaan gedung parkir mengingat di wilayah Parkir Ngabean termasuk dalam Kawasan Kumuh yang saat ini sedang ditangai oleh program Kota Tanpa Kumuh sehingga akan menjadi kegiatan yang kontraproduktif. Kebanggaan warga di RW 01 dan RW02 Notoprajan yang turut serta dalam pembenahan mengurangi kekumuhan dengan penyediaan infrastruktur jalan, drainase, saluran air limbah, sarana air bersih, sarana persampahan, sarana proteksi kebakaran dan ruang terbuka publik menjadi sia-sia.  Tujaun penelitian Analisis Lingkungan Permukiman Sekitar Rencana Pengembangan Parkir Ngabean Yogyakarta adalah mengidentifikasi saran prasarana di Parkir Ngabean, mengevaluasi sarana prasarana permukiman yang menjadi target pengembangan Parkir Ngabean, menganalisis pengembangan kebutuhan sarana prasaran parkir Ngabean.  Metode penelitian dilakukan dengan survey lokasi di Parkir Ngabean dan Sarana Prasarana lingkungan di sekitanrnya dengan pendukung data sekunder dari Dinas Perhubungan DIY, Program Kota Tanpa Kumuh Kota Yogykarta, dan data pendukung lainnya. Dari hasil analisis dan pembahasan Sarana Prasarana  Parkir Ngabean dapat disimpulkan kondisi saat ini Parkir Ngabean tidak terkelola dengan baik berakibat pada pemeliharaan sarana prasana tidak memadai yang menimbulkan kesan kumuh tidak tertata, sedangkan struktur bangunan gedung parkir dengan struktur profil baja dan pelat precast masih memadai sesuai fungsi parkir. Jika akan dilakukan pengembangan perlu dilakukan perhitungan ulang kapasitasnya terkait kebijakan pengalihan kapasitas parkir di Abu Bakar Ali dan Senopati yang akan berimplikasi pada perluasan kawasan hingga permukiman RW 01 dan RW 02 Notoprajan. Secara umum warga di lokasi pengembangan parkir Ngabean berupa Ngindung pada lahan hak milikperorangan, magersari milik Sultan Ground dan sebagian milik yayasan untuk pondok dan pendidikan tinggi serta sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

----------. 2019, Masterplan Pengembangan Parkir Ngabean Yogyakarta, Dinas Perhubungan DI Yogyakarta, Yogyakarta, Laporan
Abubakar, I., Sinaga, E. A., & Budiarso, S. T. (1998). Pedoman perencanaan dan pengoperasian fasilitas parkir. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Kusumawati, Ira. 2015. Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas Pertanian (FP) dan Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Lampung
Lansart, G., Manoppo, M. R., & Jansen, F. (2015). Perencanaan Terminal Sasaran Sebagai Pengembangan Terminal Tondano di Kabupaten Minahasa. Jurnal Sipil Statik, 3(7).
Nurokhman, N. (2019). Pengurangan parameter kawasan permukiman kumuh di sinduadi sleman berdasarkan Permen PUPR 02/2016. Jurnal Teknik Sipil, 15(2), 105-114.
Nurokhman, N., & Kurniawan, A. (2019). Keterpaduan Program Kotaku Dalam Penataan Permukiman Kumuh Di Bantaran Sungai Gajahwong. CivETech, 1(2), 28-46.
Parkir, P. T. P. F. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta, Indonesia.
Perhubungan, K. M. (1994). Keputusan Menteri Nomor 4 tahun 1994 tentang Tata Cara Parkir Kendaraan Bermotor di Jalan.
Perhubungan, D. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian fasilitas Parkir. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Suharyanto, I., & Arfianto, W. (2019). Peningkatan Kualitas Pelayanan Pt. Cipta Graha Nusalaras Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Terhadap Konsumen Perumahan Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. CivETech, 1(1), 29-38.
Published
2024-02-01
How to Cite
Arifin, M., Iskandar, M., & Nurokhman, N. (2024). REVIEW SARANA PRASARANA LINGKUNGAN KAWASAN PARKIR NGABEAN YOGYAKARTA. CivETech, 6(1), 13-26. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/CivETech/article/view/2244
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>