IMPLEMENTASI PENDIDIKAN FORMAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN SALAF BUDI MULYO KALIAGUNG SENTOLO KULON PROGO 2014

Authors

  • Joko Wahono
  • Syariful Anam

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.97

Keywords:

Pendidikan Formal, Santri, Pomdok Pesantren

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui proses pembelajaran di pondok pesantren salaf Budi Mulyo. 2) untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan formal bagi santri pondok pesantren salaf Budi Mulyo. 3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan formal bagi santri. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Jenis metode penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif karena penelitian ini di gunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan dalam pelaksanaan pendidikan formal bagi santri di pondok pesantren salaf Budi Mulyo. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di pondok pesantren salaf Budi Mulyo secara garis besar meliputi dua metode, yakni metode klasikal dan non klasikal. Implementasi pendidikan formal bagi santri dilaksanakan dengan cara santri bersekolah di luar pondok pesantren atau sekolah-sekolah formal yang ada disekitar pondok pesantren. Dalam pelaksanaannya pondok pesantren memberikan beasiswa bagi seluruh santri yang mondok. Upaya tersebut dilaksanakan melalui kerjasama dengan pihak sekolah dan mencari donatur. Ada empat faktor pendukung pelaksanaan pendidikan formal bagi santri yaitu : 1) program BOS untuk pendidikan dasar 9 tahun. 2) koordinasi yang baik antara pondok pesantren dan sekolah tempat santri menempuh pendidikan formal. 3) Dukungan dari donatur 4) usaha yang dimiliki pondok pesantren. Adapun faktor penghambatnya adalah 1) Sedikitnya jumlah angkutan desa yang melintasi sekolah santri sehingga santri harus menempuh perjalanan ke sekolah dengan sepeda ontel yang menguras tenaga santri 2) Prilaku yang kurang baik disekolah terbawa ke lingkungan pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Wahid, “Asal Usul Tradisi Keilmuan Pesantren.” Pesantren, Jakarta: P3M, 1984,

Edisi perdana, 4-11.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001

Affandi Mochtar H., Kitab Kuning & Tradisi Akademik Pesantren. Bekasi: Pustaka Isfahan,

Dirto Hadisusanto, Suryati Sidharto dan Dwi Siswoyo, Pengantar Ilmu Pendidikan.

Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1995.

Dwi Siswoyo dkk, Ilmu Pendidikan,Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Kartini Kartono Dr., Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional Beberapa kritik

dan Sugesti. Jakarta: Pradnya Paramita, 1977.

Marwan Saridjo, dkk., Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta: Penerbit Dharma

Bhakti, 1982.

Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta:

Erlangga, 2005.

Mundzier Suparta, Perubhan Orientasi Pondok Pesantren Salafiyah Terhadap Perilaku

Keagamaan Masyarakat. Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2009.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis, Edisi kedua, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2002.

Nurcholish Majid, Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.

______________, “Keilmuan Pesantren, Antara Materi dan Medologi.” Pesantren, Jakarta:

P3M, 1984, Edisi perdana, 12-19.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta, 2012.

Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradikma Baru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2012.

Zamakhsyari Dhofier Dr., Tradisi Pesantren Memadu Modernitas Untuk Kemajuan Bangsa.

Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2009.

__________________, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:

LP3S, 1985.

________, Undang-Undang Dasar Republic Indonesia UUD ’45 dan Amandemennya. Solo:

Pustaka Mandiri,___.

________, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional no. 20 tahun 2003. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 2011.

________, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 3 Tahun 2012 tentang

Pendidikan Keagamaan Islam

http://5antri.blogspot.com/2013/02/pondok-pesantren-modern.html diunduh pada tanggal 22

Desember 2014

http://www.alkhoirot.com/beda-pondok-modern-dan-pesantren-salaf/ diunduh pada tanggal 22

Desember 2014

Downloads

Published

2013-01-01

How to Cite

Wahono, J., & Anam, S. (2013). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN FORMAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN SALAF BUDI MULYO KALIAGUNG SENTOLO KULON PROGO 2014. Academy of Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.97