Membangun Moralitas dalam Hubungan Anak dan Orang Tua

  • Joko Wahono
Keywords: Membangun Hubungan, Moralitas, Anak dan Orang Tua

Abstract

Sebagaimana kita ketahui, bahwa manusia lahir di dunia ini tidaklah dapat lepas dari keberadaan orang tua kita masing-masing. Ketika Allah telah membuat satu ketentuan bahwa Manusia dilahirkan adalah dijadikan sebagai khalifah Nya di muka bumi, maka terkandung konsekuensi bahwa manusia harus diperkembang-biakkan.Maka dalam hubungan kodrati ini akan timbul pula hubungan antara yang lahir dengan yang dilahirkan. Dalam hal ini disebut dengan anak dan orang tua. Dari hubungan antara keduanya ini akhirnya melekat pula hubungan hak dan kewajiban antara keduanya. Berbakti kepada orang tua merupakan perbuatan yang mulia dan termasuk kewajiban seorang anak. Tanpa orang tua tak mungkin kita bisa hadir di dunia ini. Sejak di dalam kandungan seorang anak telah merepotkan orang tuanya. Begitu pula disaat kelahiran, ibunya telah mempertaruhkan myawanya demi kelahiran sang buah hati di dunia ini dengan selamat, bahkan ia lebih rela kehilangan nyawanya asalkan anaknya selamat. Setelah lahir, seiring dengan masa pertumbuhannya, kedua orang tua memelihara dan merawat dengan segenap kasih sayangnya. Dengan senang hati kedua orang tua mengasuh dan menafkahi agar anaknya dapat tumbuh sehat sehingga dapat berkembang secara layak sebagaimana manusia yang lain. Waktu, tenaga, pikiran , nafkah hidup diprioritaskan untuk sang buah hati. Hal seperti itu mereka curahkan hingga anaknya benar-benar dewasa dan dapat hidup mandiri, berkarya dan selanjutnya mampu memenuhi kebutuhannya sebagai manusia dewasa. Untuk mengingatkan hubungan kodrati tersebut, maka perlu kiranya dibentuk keluarga yang sarat dengan moralitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hikmah, Al Quran dan terjemahnya, Yayasan Penterjemah Al Quran, Disempurnakan Lajnah Pentashih Mushaf Al Quran, Diponegoro, Bandung, 2005.

Kumpulan Hadits Terpilih Shahih Bukhari, Ust,Maftuh Ahnan Asy, Terbit Terang, Surabaya, 2003.

Hukum Islam, Prof.H.Mohammad Daud Ali, SH, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998, Edisi Revisi, 2014.

Ilmu Sosial Dasar, Ir.M.Munandar Soelaeman MS, PT. Eresco, Bandung, 1993.

Berita dari Surga dan Neraka, Terjemah Daqoiqul Akhbar, Karya Toha Putra, Semarang, 1992.

Ilmu Tauhid Tingkat Dasar, Achmad Sunarto, Al Miftah, Surabaya, 2012.

Published
2015-07-01
How to Cite
WahonoJ. (2015). Membangun Moralitas dalam Hubungan Anak dan Orang Tua. Academy of Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v6i2.130

Most read articles by the same author(s)