PENGARUH KONTEN PEMASARAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI YOGYAKARTA

Authors

  • Maria Kumalasanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Solusi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.1306

Keywords:

Konten Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini menggunakan lima variabel, yaitu Design (X1),berita terkini(X2), pengalaman menarik saat membaca(X3), waktu penayangan(X4) dan kesesuaian berita (X5). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online (e-kuesioner) pada Pelanggan di Yogyakarta yang pernah menggunakan aplikasi Tokopedia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel design (X1),berita terkini (X2), pengalaman saat membaca (X3), waktu penayangan (X4), kesesuaian berita (X5) secara bersama-bersama berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil Uji Simultan atau Bersama-sama (Uji F) menunjukkan bahwa berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Uji signifikansi pengaruh konten pemasaran Tokopedia terhadap keputusan pembelian pelanggan, dengan F statistik diperoleh  Fhitung sebesar 5,731 dan probabilitas (Sig.) = 0,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa konten pemasaran Tokopedia (meliputi indikator design, berita terkini, pengalaman saat membaca, waktu penayangan, dan keseuaian berita), secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan.

Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0.394 yang berarti bahwa sekitar 39.4% variasi pada variabel keputusan pembelian pelanggan mampu diterangkan oleh kelima indikator konten pemasaran Tokopedia, sedangkan sisanya yaitu sebesar 60,6% diterangkan oleh variasi lain di luar model

References

Ahmad, N. S., Musa, R., & Harun, M. H. M. (2016). The Impact of Social Media Content

Marketing (SMCM) towards Brand Health. Procedia Economics and Finance, 37(16),

–336.

Alagöz, S. B., & Ekici, N. (2016). The new phenomenon of the marketing world in the digital era: content marketing. International Journal of Economics, Commerce and Management, 4(12), 639–646.

Chan, A., & Astari, D. (2017). The Analysis of Content Marketing in Online Fashion Shops in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 6(2), 225.

Glucksman, M. (2008). A Case Study of Lucie Fink I . Introduction II. The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding, 77–87.

Kom, J. M. (2018). Pengaruh content marketing terhadap pembentukan brand awareness pada Kalbis Institute. (2), 45–57.

Limandono, J. A. D. D. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Limani, K. (2018). BRanding with content. (May).

Oktini, P. P. R. T. D. R. (2016). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen ( Survei pada Konsumen Thirteenth Shoes Bandung ). Prosiding Manajemen, 116–121.

Wijayanti, E. (n.d.). Model Social Media Content Marketing untuk Pengrajin di Kota Kudus. (0291), 33–43

Sumber dari internet:

Company Profile Tokopedia. Diperoleh dari Tokopedia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Kumalasanti, M. (2022). PENGARUH KONTEN PEMASARAN TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN DI YOGYAKARTA. Journal Competency of Business, 6(01), 77–94. https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.1306