PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PT. CIPTA GRAHA NUSALARAS DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TERHADAP KONSUMEN PERUMAHAN DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Indra Suharyanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Wawan Arfianto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/civetech.v1i1.844

Keywords:

Peningkatan kualitas Pelayanan, Quality Function Deployment (QFD)

Abstract

Banyaknya perusahaan pengembang perumahan mengakibatkan persaingan bisnis yang ketat. Dalam menghadapi persaingan ini perusahaan harus mampu meningkatkan kualitas. Menentukan kualitas adalah hal yang cukup sulit sebab masalah kualitas berhubungan langsung dengan selera konsumen.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana maksimalisasi PT. CIPTA GRAHA NUSALARAS dalam memberikan kepuasan konsumen dengan melakukan peningkatan kualitas perumahan yang sesuai dengan selera dan keinginan konsumen dengan metode Quality Function Deployment (QFD).

Langkah penelitian dengan cara menyebar kuesioner kepada konsumen perumahan yang terdiri dari karakteristik kebutuhan konsumen dan penilaian baik buruknya perumahan. Responden yang diteliti adalah yang membeli dan tinggal di Perumahan Griya Suryo Asih I, Karanganyar Asri, Jetis Asri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Quality Function Deployment (QFD) dapat memberi kontribusi besar terhadap PT. CIPTA GRAHA NUSALARAS dalam upaya menigkatkan kualitas pelayanan yang terdiri dari lima karakter yaitu : harga, bangunan, sarana dan prasarana, ligkungan dan lokasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahar, P Dian (penerjemah), 1998, Kualitas Global Perwujudan Manajemen Kualitas Total (TQM) di Singapore Airlines (SIA), PT. Pusaka Delaprasta.

Bendell, Tony, Louise Boulter, and John Kelly (penyunting), 1995, Benchmaking For Competitive Advantage : Benchmarking untuk keunggulan bersaing, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Dale,G. Barie, 1994, Managing Quality, second edition, Prentice Hall International, (UK) Limited.

Goets, L. David and Stanley Davis, 1994, Introduction To Total Quality : Quality Productivity, Competitiveness, Prentice Hall International Inc, Eagle Wood Cliffs, New Jersey.

Hadi, Sutrisno, 1973, Cara Menghitung Validitas Dan Realibits Dan Analisa Uitem Dan Teknik Korelasi, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Hardjosoedarmo, Soewarso, 1994, Dasar-Dasar Total Quality Management, Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

Heizer, Jay and Barry Render, 1996, Production And Operational Management, Fourth Edition, Prentice Hall International.

Kandahjaya, Hudaya (penerjemah), 1989, Kendali Mutu Terpadu, Edisi 3, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Karlof, Bengt and Svante Osblom, 1997, Benchmarking : Petunjuk Menuju Keunggulan, Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

Kotler, Philip, 1994, Marketing Manajemen : Analysis, Planning, Implementation and Control, Eigth Edition, Prentice Hall International, USA.

Reksohadiprojo, Sukanto, 1995, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 1, BPFE, UGM, Yogyakarta.

Russel, S. Roberta and Bernand W. Taylor, 1995, Production and Operating Management : Focusing on Quality and Competitiveness, Prentice Hall International Inc, New Jersey.

Suprananto, J, 1990, Teknik Riset dan Ramalan Penjualan, Edisi 2, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, 1994, Total Quality Management, Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-02-01

How to Cite

Suharyanto, I., & Arfianto, W. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PT. CIPTA GRAHA NUSALARAS DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TERHADAP KONSUMEN PERUMAHAN DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. CivETech, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.47200/civetech.v1i1.844

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>