PENGENDALIAN PEKERJAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL INTERCHANGE BANDARA ADI SOEMARMO SOLO

Authors

  • Singgih Subagyo Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Nurokhman Nurokhman Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47200/civetech.v3i2.1059

Keywords:

rigid pavement, jalan tol, CBR, beton

Abstract

Alternatif untuk mengatasi kemacetan jalan adalah penyediaan jalan tol dan salah satunya  Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo sebagai akses transportasi Salatiga-Kartasura. Dalam pelaksanaan untuk menjamin pemenuhan standar spesifikasi perkerasan kaku yang ditentukan maka dimonitoring melalui pengujian lapangan dan laboratorium PT.Waskita Beton Precast Plant Solo. Tujuan studi  untuk mengetahui parameter pengujian perkerasan kaku,  dan menganalisis hasil pengujian di lapangan dan di laboratorium baik pada material bahan susun, campuran dan mutu akhir betonperkerasan kaku. Data diambil dari pengujian yang telah dilakukan oleh kontraktor dan pengamatan langsung di lapangan.

 

Hasil analisis pengamatan pengujian pekerjaan perkerasan kaku menunjukkan telah memenuhi syarat yang telah ditentukan. Nilai CBR subgrade hasil pengujian DCP mencapai 6,07% - 8,23%, nilai kepadatan tanah melelui pengujian sand cone pada subgrade mencapai 95,1% - 95,5%, pada top subgrade mencapai 100,5% - 102,1%, dan pada LPA mencapai 100,1% - 102,9%, dan untuk nilai pengujian CBR lapangan pada top sub grade mencapai 14% - 15,44% , sehingga semua pengujiannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan spesifikasi teknis yang disyaratkan. Kualitas beton yang digunakan pada lean concrete yaitu beton Kelas E (setara K-125) dengan nilai kuat tekan karakteristik yang dicapai yaitu 140,34 kg/cm2 sehingga untuk kualitas beton pada leanconcrete telah memenuhi persyaratan, karena kekuatan karakteristik yang dicapai melebihi yang disyaratkan. Kualitas beton digunakan pada perkerasan kaku (rigid pavement) yaitu Kelas P(fs45) dengan nilai kuat lentur karakteristik yang dicapai yaitu 63,69 kg/cm2, sehingga untuk kualitas beton pada perkerasan kaku telah memenuhi yang disyaratkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

--------, 2020, Dokumen teknis Proyek Jalan Tol Interchange Bandara Adi Soemarmo Solo,

Sukirman, S., 1992, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung. Artur Wignall, dkk., 2000, Proyek Jalan Teori & Praktek, Penerbit Erlangga, Jakarta

Ari Suryawan, 2009, Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement), Penerbit Beta Offset, Yogyakarta.

Departemen KIMPRASWIL, 2002, Pedoman Perencanaan Jalan Beton Semen, Direktorat Jendral Prasarana Wilayah, Jakarta.

Solo Ngawi Jaya (SNJ), 2016, Spesifikasi Umum, Solo.

SNI 03-1972-1990, Tata Cara Uji Kelecakan Beton (Slump Test), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

SNI 03-4810-1998, Tata Cara Pembuatan dan Perawatan Benda Uji, Badan Standrisasi Nasional, Jakarta.

SNI 03-1974-1990, Tata Cara Pengujian Kuat Tekan Beton, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

SNI 03-4154-1996, Tata Cara Pengujian Kuat Lentur Beton, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

SNIPd-T-14-2003,Tata Cara Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Ir.Mohamad Anas Aly, 2004, Teknologi Perkerasan Jalan Beton Semen, Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen, Jakarta.

http://dpupr.grobogan.go.id/info/artikel/29-konstruksi-perkerasan-lentur-flexible-pavement

http://azanurfauzi.blogspot.co.id/search?q=perkerasan+kaku.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Subagyo, S., & Nurokhman, N. (2021). PENGENDALIAN PEKERJAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL INTERCHANGE BANDARA ADI SOEMARMO SOLO. CivETech, 3(2), 66–81. https://doi.org/10.47200/civetech.v3i2.1059

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>