PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA TEMPAT UMUM MELALUI METODE ULAR BERUNTUN

  • Sutrisno Sutrisno
Keywords: Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar ,Tempat Umum, Metode Ular Beruntun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ular beruntun pada tema tempat umum kelas III SDN 4 Ngraho semester I tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi.Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah berupa tes,observasi dan instrumen kuesioner motivasi berprestasi.Pembelajaran dilakukan dengan dengan menggunakan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, dan LKS. Selama penelitian, dilakukanpengamatan keterampilan proses, aktivitas, belajar siswa dan pada akhir pembelajaran dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes tulis menunjukkan peningkatan . Pra siklus 57 menjadi 66,pada siklus kedua ,meningkat lagi menjadi 87 ,pra sikulus ketuntasan belajar mencapai 35 % pada siklus 1 mencapai 70,5 %,pada siklus kedua meningkat menjadi 100%.Hasil pengisian kuesioner mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 ,dari 78 %dengan kategori baik meningkat menjadi 96%dengan kategori sangat baik.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ular beruntun dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari Bowo, A., & Novitasari, N. (2012). PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI READING GUIDE KOLABORASI INDEX CARD MATCH DALAM PROSESPEMBELAJARAN PKn SISWA SMP. Academy of Education Journal, 3(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/90

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/120

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

http://staff.Uny.ac.id/sites/default/files/132319838/motivasi berprestasi.(12/8/2015.08:10)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta:Ar-ruzz Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gatot Muhsetyo, dkk. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Uny press.

Wardani, dkk. 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Rositawaty,S,dkk:2008. Sain untuk Sekolah Dasar Kelas III.Jakarta:Pusat Perbukuan

Buchori,2008. Cerdas Berhitung Matematika untuk Kelas 3.Jakarta:Pusat Perbukuan

Prayoga,Bestari.2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas III.Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama

Published
2017-01-01
How to Cite
Sutrisno, S. (2017). PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA TEMPAT UMUM MELALUI METODE ULAR BERUNTUN. Academy of Education Journal, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i1.331