PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI READING GUIDE KOLABORASI INDEX CARD MATCH DALAM PROSESPEMBELAJARAN PKn SISWA SMP

  • Ahmad Nasir Ari Bowo
  • Novitasari Novitasari
Keywords: Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match, Motivasi Belajar, Siklus.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar Melalui Penerapan Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Sebelum diberi tindakan motivasi siswa sangat kurang, meski guru telah memberikan pembelajaran tukar kartu namun belum berhasil. Solusi yang ditawarkan peneliti dalam penelitian ini adalah peneraan strategi pembelajaran Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas, kepala sekolah, seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 40 dan peneliti itu sendiri. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informen atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, wawancara, dan angket. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Penelitian tindakan ini diharapkan penerapan strategi pembelajaran Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match motivasi siswa dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011, yaitu dari siswa yang termotivasi, siwa yang memiliki dorongan untuk belajar, dan siswa yang senang mengikuti pembelajaran sebanyak 14 siswa (35%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui penerapan strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu pada siklus I meningkat menjadi 27 siswa (67,50%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II meningkat menjadi 35 siswa (87,50%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. 1989. Metodologi Research jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar.1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jogiyanto. 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus.

Yogyakarta: Andi Offset.

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung:

Alfabeta.

Milles, Matthew B. dan A. Michael Hubberman. 1992. Analisis Data Kualitattif: Buku Sumber

Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Muashomah, Binti Faridatul. 2009. “Penerapan Strategi Reading Guide dan Index Card Match

Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tentang Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cengkok Ngronggot Nganjuk”. Skripsi Jurusan Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah. Malang: Universitas Islam Negeri

(http://lib.uin-malang.ac.id/ abstract /07140050.pdf). Diakses Rabu, 23 Maret 2011 Pukul

05 WIB.

Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2001. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari dan Martini Hadawi. 1992. Instumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:

Gajah Mada University Press.

Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi

Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitan Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora

pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Adminstrasi Dilengkapi dengan Metode R&B. Bandung:

Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Suyanto. “Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Index Card Match untuk

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 02 Wukir Sawit

Jatiyoso Kabupaten Karanganyar 2009/2010”. Skripsi. Program S-1 Pendidikan Guru

Sekolah Dasar FKIP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Wlodkowski, Raymond J. dan Judith H. Jaynes. 2004. Hasrat Untuk Belajar=Eager to Learn

Membantu Anak-anak Termotivasi dan Mencintai Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Published
2012-07-01
How to Cite
Ari Bowo, A., & Novitasari, N. (2012). PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI READING GUIDE KOLABORASI INDEX CARD MATCH DALAM PROSESPEMBELAJARAN PKn SISWA SMP. Academy of Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i2.90