PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI READING GUIDE KOLABORASI INDEX CARD MATCH DALAM PROSESPEMBELAJARAN PKn SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v3i2.90Keywords:
Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match, Motivasi Belajar, Siklus.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar Melalui Penerapan Strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Sebelum diberi tindakan motivasi siswa sangat kurang, meski guru telah memberikan pembelajaran tukar kartu namun belum berhasil. Solusi yang ditawarkan peneliti dalam penelitian ini adalah peneraan strategi pembelajaran Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas, kepala sekolah, seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 40 dan peneliti itu sendiri. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informen atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, wawancara, dan angket. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Penelitian tindakan ini diharapkan penerapan strategi pembelajaran Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match motivasi siswa dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Negeri 5 Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011, yaitu dari siswa yang termotivasi, siwa yang memiliki dorongan untuk belajar, dan siswa yang senang mengikuti pembelajaran sebanyak 14 siswa (35%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui penerapan strategi Reading Guide dikolaborasikan dengan Index Card Match dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil yaitu pada siklus I meningkat menjadi 27 siswa (67,50%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II meningkat menjadi 35 siswa (87,50%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja.