PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Triwahyu Budiutomo

  • FKIP UCY FKIP UCY
Keywords: Mutu pendidikan, Penilaian PBM, Input-proses dan output

Abstract

Penilaian terhadap hasil pelaksanaan proses belajar-mengajar sering diabaikan, dan sangat jarang dilakukan. Mutu pendidikan hanya diukur dari keberhasilan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan mutu melalui penilaian proses belajar mengajar. Mutu pendidikan tidak hanya di ukur dari produknya saja, tetapi di mulai dari dimensi input- proses dan output. Dalam hal ini, sesuai dengan dimensi penilaian proses belajar mengajar yang meliputi input-proses dan output serta perbaikan terus menerus (countinous improvement) merupakan esensi penilaian proses belajar mengajar. Dengan pendekatan analisis sistesis kedua obyek kajian tersebut dikaitkan, Hasil kajian menunjukan bahwa proses belajar mengajar sebagai obyek penilaian sangat tepat untuk dilakukan, khususnya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan mendasarkan pada hasil penilaian proses belajar mengajar.

References

Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/120

Published
2019-05-09
How to Cite
UCY, F. (2019). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR. Academy of Education Journal, 6(1). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/125