PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.125Keywords:
Mutu pendidikan, Penilaian PBM, Input-proses dan outputAbstract
Penilaian terhadap hasil pelaksanaan proses belajar-mengajar sering diabaikan, dan sangat jarang dilakukan. Mutu pendidikan hanya diukur dari keberhasilan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan mutu melalui penilaian proses belajar mengajar. Mutu pendidikan tidak hanya di ukur dari produknya saja, tetapi di mulai dari dimensi input- proses dan output. Dalam hal ini, sesuai dengan dimensi penilaian proses belajar mengajar yang meliputi input-proses dan output serta perbaikan terus menerus (countinous improvement) merupakan esensi penilaian proses belajar mengajar. Dengan pendekatan analisis sistesis kedua obyek kajian tersebut dikaitkan, Hasil kajian menunjukan bahwa proses belajar mengajar sebagai obyek penilaian sangat tepat untuk dilakukan, khususnya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan mendasarkan pada hasil penilaian proses belajar mengajar.
Downloads
References
Bigge, M.L. , 1982, Learning theories for teachers, Fourth edition, New York : Harpen and Row
Daulat P. Tampubolon, 2001, Perguruan tinggi bermutu, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Depdibud.
Budiutomo, T. (2014). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN “UNGGAH UNGGUH” DI SEKOLAH. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/117
Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/120
Engkoswara, 1984, Dasar-dasar metodologi pengajaran, Jakarta : Bina Aksara
Gege, N. L., and Berliner, D.C. , 1984, Educational psychology, third edition, Boston : Houghton
Miffin
Gagne, R.M, , 1985, The Cognitive psychology of school Learning , Boston : Litle Brown
Nana Sudjana, 1990, Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Popham, W.Y. 1973, Criterion referenced measurement, Cliffs, N.J., Educational Technology
Publications.
Stufflebeam, D.L., 1972, Educational evaluation and decision making, Ithaca Peacock
Publishers, Inc.
Vincent Gaspersz, 1997, Manajemen bisnis total, Jakarta: Indonesia Emas dan Gramedia Pustaka
Utama.
----------------, (1983/1984), Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V Buku IIIA
Psikologi Pendidikan, Jakarta., Depdikbud Ditjen Dikti 1983/1984
----------------, (1983/1984),Materi Dasar Pendidikan Program Akta mengajar V Buku
Diagnostik Kesulitan Belajar, Jakarta : Depdikbud Ditjen Dikti 1983/1984
---------------, (2003), Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional Republik
Indonesia