PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • Tri Wahyu Budiutomo

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.125

Keywords:

Mutu pendidikan, Penilaian PBM, Input-proses dan output

Abstract

Penilaian terhadap hasil pelaksanaan proses belajar-mengajar sering diabaikan, dan sangat jarang dilakukan. Mutu pendidikan hanya diukur dari keberhasilan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan mutu melalui penilaian proses belajar mengajar. Mutu pendidikan tidak hanya di ukur dari produknya saja, tetapi di mulai dari dimensi input- proses dan output. Dalam hal ini, sesuai dengan dimensi penilaian proses belajar mengajar yang meliputi input-proses dan output serta perbaikan terus menerus (countinous improvement) merupakan esensi penilaian proses belajar mengajar. Dengan pendekatan analisis sistesis kedua obyek kajian tersebut dikaitkan, Hasil kajian menunjukan bahwa proses belajar mengajar sebagai obyek penilaian sangat tepat untuk dilakukan, khususnya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan mendasarkan pada hasil penilaian proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bigge, M.L. , 1982, Learning theories for teachers, Fourth edition, New York : Harpen and Row

Daulat P. Tampubolon, 2001, Perguruan tinggi bermutu, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Depdibud.

Budiutomo, T. (2014). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN “UNGGAH UNGGUH” DI SEKOLAH. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/117

Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/120

Engkoswara, 1984, Dasar-dasar metodologi pengajaran, Jakarta : Bina Aksara

Gege, N. L., and Berliner, D.C. , 1984, Educational psychology, third edition, Boston : Houghton

Miffin

Gagne, R.M, , 1985, The Cognitive psychology of school Learning , Boston : Litle Brown

Nana Sudjana, 1990, Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Popham, W.Y. 1973, Criterion referenced measurement, Cliffs, N.J., Educational Technology

Publications.

Stufflebeam, D.L., 1972, Educational evaluation and decision making, Ithaca Peacock

Publishers, Inc.

Vincent Gaspersz, 1997, Manajemen bisnis total, Jakarta: Indonesia Emas dan Gramedia Pustaka

Utama.

----------------, (1983/1984), Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V Buku IIIA

Psikologi Pendidikan, Jakarta., Depdikbud Ditjen Dikti 1983/1984

----------------, (1983/1984),Materi Dasar Pendidikan Program Akta mengajar V Buku

Diagnostik Kesulitan Belajar, Jakarta : Depdikbud Ditjen Dikti 1983/1984

---------------, (2003), Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional Republik

Indonesia

Downloads

Published

2015-01-01

How to Cite

Budiutomo, T. W. (2015). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR. Academy of Education Journal, 6(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.125