Tanggung Jawab Pendidik Dan Implikasinya Terhadap Lingkungan Pendidikan Islam

  • Mumu Zainal mutaqin
  • Nurwadjah Ahmad
  • Andewi Suhartini

Abstract

Responsibility is a job to perform an obligation or complete a task with full satisfaction given by someone on his own promise or commitment. Educators are not just teachers, but the creation of adequate quality education includes parents, teachers and the community. The research aims to raise human awareness of intentional and unintentional behavior and actions. the responsibility of educators is the obligation to bear, maintain and provide training in the form of teaching about morals and intelligence of the mind. An educator has a responsibility for students who are under the auspices of his leadership how to direct them towards maturity, both intellectually, mentally and morally, to carry out the humanitarian function they carry. as a servant before his Khaliq and also as Khalifatu fil ardh (maintainer) in this universe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baidi. Kepribadian Pendidik Perspektif Pendidikan Islam. At-Tarbawi, Vol. 12, No. 2, Mei 2014, ISSN 1693-4032

Fatihah, Nurul, dan Difla Nadjih. “Hubungan Pendidik Dan Terdidik Dalam Al-Quran.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 7, no. 2 (2017): 73–86.

Hamid, Rusdiana. Keteladanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kepribadian Guru. (Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 2 Nomor 1 2012)

Hasbullah, H. “Karekteristik Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali Proses Pendidikan Islam Yang Berkelanjutan Dan Berangsur-Angsur.” As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 85–93.

Hasbullah. Lingkungan Pendidikan Dalam Al-Qur’an Dan Hadis. Tarbawi. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 4 No. 01, Juni 2018.

Imroatun, Imroatun, dan Ilzamudin Ilzamudin. “Sejarah Peristilahan Tarbiyah Dan Taklim Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 2 (Desember 29, 2020): 163–176.

Imroatun, Imroatun. “Kontribusi Lembaga Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Identitas Bangsa.” Jurnal Ilmiah Bidang pendidikan Studia Didaktika 8, no. 1 (2016).

Marwah, Siti Shafa, Makhmud Syafe, dan Elan Sumarna. “RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2018): 14–26.

Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2002

Muhaimin. Kontroversi Pemikiran Fazlur Rahman. Cirebon: Pustaka Dinamika. 1999

Mukhtar. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah (Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangasn dan Kepustakaan). Jakarta :Gaung Persada Press.2010.

Nasruddin, Muhammad, Endang Sriwinarsih, Yayah Rukhiyah, Supriyanti Supriyanti, dan Nginayatul Khasanah. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Terhadap Perilaku Anak Di Rumah Studi Kasus TK Aisyiyah 5 Kota Magelang.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (Juni 11, 2021): 77–88.

Rahayu, Supriati H., Hilman Haroen, TW Budiutomo, Nginayatul Khasanah, dan Nuryati Nuryati. “Manajemen Mutu Layanan Ta’lim Quran lil Aulad (TQA) di Yayasan Team Tadarus ‘AMM’ Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 2 (Desember 26, 2020): 117–130.

Rahmawati, Arum Yuli Dwi, Muhammad Nasruddin, dan Imroatun Imroatun. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 1 (Juni 16, 2020): 1–12.Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2004

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004

Sigit Priatmoko. Memperkuat Eksistensi pendidikan Islam di Era 4.0. Ta’Lim Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol.1 No. 2 Juli 2018. halaman 226.

Suhartono, Suparlan. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Suryapermana, Nana, dan Imroatun Imroatun. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. 1 ed. Serang: FTK Banten Press, 2017.

Syahraen, Andi. Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume2, Nomor 1 Desember 2015.

Syar’i, Ahm Salim. Moh. Hailami & Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Al-Utsaimin, 2012.

Untung, Moh. Slamet. Muhammad Sang Pendidik. Semarang: PT Pustaka Rizki Putera, 2005.

Salma, Zakiati. Tanggungjawab Orangtua dalam Membentuk Kepribadian Anak Perspektif Alquran dan Psikologi. Al-Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis. Volume 1, Nomor 1, 2017.

Published
2021-08-11
How to Cite
mutaqin, Mumu, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. “Tanggung Jawab Pendidik Dan Implikasinya Terhadap Lingkungan Pendidikan Islam”. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 2 (August 11, 2021): 143 - 162. Accessed December 5, 2021. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/867.