Strategi Lembaga Keuangan Syariah Menghadapi Pembiayaan Bermasalah Di Masa Pandemi COVID-19

  • Abdul Ghofur
  • MA Syarifuddin
  • Abdul Majid Toyyibi
  • Retno Kurnianingsih
Keywords: Islamic Financial Institutions, Financing, customer loyalty

Abstract

The COVID-19 pandemic period is a disease outbreak that has brought the community's economy to a drastic decline because this outbreak resulted in the cessation of the community's business wheels and not only that, the banking sector, industry and so on were affected. So that people's income decreases and also results in the fulfillment of obligations, especially in payment of financing installments at Islamic financial institutions (LKS). This research is a type of descriptive qualitative research in which researchers conduct field studies to obtain accurate information by conducting interviews, from these results data analysis and data credibility are carried out in order to get good results. This results in LKS providing leeway and not everything depends on each financial institution which has its own policy, starting from reducing the amount of installment payments.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Amin, M. Nur Kholis. “Menakar Nilai Kemanfaatan dari Penangguhan Walimat Al- ‘Ursy Di Masa Darurat COVID-19 Melalui Sadd Adz-Dzari’ah.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 1 (2020): 27–38.

Antonio Syafi’i, 2001, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Gema Insani, Jakarta

Ayu, Navirta, Ahmad Zamroni, Ahmad Syafii Rahman, dan Toto Hermawan. “Regresi Linear Berganda Dalam Uji Pengaruh Sikap Dan Perilaku Terhadap Keinginan Menabung Santri Pada Bank Syariah.” Intersections 6, no. 2 (2021): 1–10.

Budiutomo, Tri Wahyu. “Penerapan Simbol Operasi Matematika Sederhana Sebagai Dasar Menghilangkan Essensi Bunga Bank Dalam Perspektif Islam.” Intersections 6, no. 1 (Februari 1, 2021): 54–63.

Eliningsih, Eliningsih. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Klinis Pengawas Di SDN 15 Perawang.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, no. 1 (Mei 10, 2021): 25–36.

Evita, Isretno. 2011, Pembiayaaan mudharabah dalam Sistem Perbankan Syariah, Cintya Press Jakarta

Firmansyah M. Anang, 2018, Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran, DEEPUBLISH, Sleman.

Ghofur, Abdul. “Dampak Kemitraan Bank Syariah Mandiri Cabang Gresik Terhadap Kinerja BMT (Studi Kasus BMT Mandiri Sejahtera Kabupaten Gresik).” JEBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) 1, no. 2 (2015): 173–202.

Hidayat, Fattah, Imam Hidayat, Abdul Ghofur, dan F Setiawan Santoso. “Penanganan Kesehatan Pasien Reaktif COVID-19 Melalui Terapi Zikir Dan Lingkungan Wawasan Pengalaman Subyektif.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 1 (Juni 12, 2021): 1–12.

https://analisis.kontan.co.id/news/dampak-ekonomi-pandemi-covid-19 diakses pada tanggal 06 Juni 2021 jam 23.10

https://kumparan.com/faizzahrr30/dampak-virus-corona-terhadap-perdagangan-internasional-di-indonesia-1utqcHOHGgA/full diakses pada tanggal 06 Juni 2021 jam 22.47

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all diakses pada tanggal 06 Juni 2021 jam 22.41

https://www.niagahoster.co.id/blog/dampak-virus-corona-terhadap-bisnis/ diakses pada tanggal 06 Juni 2021 jam 22.59

Humaemah, Ratu. “Persyaratan Khusus Dalam Ragam Akad Syirkah Pada Literatur Fikih Mazhab.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 9, no. 1 (2019): 61–80.

Karim Muhammad Abdul, 2012, Kamus Bank Syariah, Asnaliter Yogyakarta

Kasmir, 2013, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Rajawali Pers, Jakarta

Lubis Suhrawardi K., 2004, Hukum Ekonomi Islam, Sinar Grafika Cet. III, Jakarta

Mastoah, Imas, dan Zulaela MS. “Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 121–128.

Pandoman, Agus. “Analisis Quietus Politik Terhadap Upaya Pemerintah Menangani Wabah Covid-19 Pasca Deklarasi Public Health Emergency Of International Concern (PHEIC).” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 1 (2020): 1–12.

Rozaq M Yasin, Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah: Tinjauan Aspek Hukum (Studi Pada BPRS di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta), HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol. 7. No. 2. 2020

Saifuddin & Ali Hamdan, 2014, Koperasi Syariah, STAINA Press, Surabaya.

Santoso, Fattah Setiawan. “Masa Depan Pendidikan Hukum Islam Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Refleksi Pembelajaran Di Masa Kedaruratan COVID-19.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 1 (Juni 2020): 13–26.

———. “Motivasi Keagamaan Konsumen Muslim Dalam Penggunaan Bank Syariah.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 2 (Desember 26, 2020): 103–116.

Sitti Saleha Madjid, Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah, J-HES Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Volume 2 . Nomor 2. Juli-Desember 2018

Tim Penyusun. Al-qur’an Terjemahan. Jakarta: Pustaka Al-Mubin, 2013.

Trisadini P. 2013, Transaksi Bank Syariah, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Utomo, Priyanto Doyo, 2006, “Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Seluler”, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Published
2021-07-12
How to Cite
Ghofur, Abdul, MA Syarifuddin, Abdul Toyyibi, and Retno Kurnianingsih. “Strategi Lembaga Keuangan Syariah Menghadapi Pembiayaan Bermasalah Di Masa Pandemi COVID-19”. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 2 (July 12, 2021): 129 - 142. Accessed December 5, 2021. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/795.