Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Tentang Proses Lupa Dan Transfer Pembelajaran Melalui Strategi Diskusi Reflektif

Authors

  • Siti Hanifah Parawansah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • Mahmud Yunus Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • M Rizqil Hasan Muqorrobin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • Nurul Qomariyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • Syamsuddin Syamsuddin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • Sholehatul Muarrifah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • Miftahul Hasan Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia
  • Moh Hasan Firghol Muttaqien Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v15i2.2916

Keywords:

reflective discussion, forgetting process, learning transfer, student understanding, educational psychology

Abstract

This study investigates the use of reflective discussion strategies to improve students’ understanding of forgetting and learning transfer. Conducted as Classroom Action Research on second-semester students of the Islamic Education Management Program at Zainul Hasan University, the study followed the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data from observations, interviews, and documentation were analyzed through data condensation. Results show that reflective discussions enhanced students’ grasp of forgetting theories and learning transfer types, while increasing their metacognitive awareness. The strategy proved effective in deepening conceptual understanding within the context of higher education learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armanto, K. A. Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Bimbingan Belajar (BIMBEL) Praja Edukasi Banda Aceh. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(2), 13-23. 2024. https://doi.org/10.35870/jikti.v1i2.1066

Astiti, K. A., Yanti, B. A. S., Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., Zahara, L., & Wijaya, I. K. W. B. Teori Psikologi Konstruktivisme. Badung: Nilacakra. 2024

Aulia, S. P. Signifikansi Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara. Doctoral dissertation. UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2022

Bahri, S., & Masitoh, S. Pendidikan Agama Islam Dan Kebebasan Berpikir. Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan, 3(2), 169-183. 2024

Budiutomo, Triwahyu, Anggar Kaswati, Imroatun Imroatun, Moh. Nasruddin, and Zainul Arifin. “Pendidikan Kebangsaan Pada Masjid Kampus Di Perguruan Tinggi Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (May 2022): 99-114-99–114. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i1.1157.

Diputera, A. M., & Zulpan, E. G. Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 108-120. 2024

Fauzan, F. A. Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran interaktif di tengah dampak penyakit virus corona 19 bagi pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93-102. 2020. https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v6i1.159

Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., & Khotimah, R. C. K. Model-model pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 105-113. 2023

Gulo, R. P. Kecerdasan Buatan Sebagai Asisten Guru Dalam Pendidikan Kristen: Etika, Peluang, Dan Batasan. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 6, 18-32. 2025

Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., & Hasibuan, M. N. S. Pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia berwawasan literasi di perguruan tinggi dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Education and Development, 8(3), 33-33. 2020. https://doi.org/10.37081/ ed.v8i3.1869

Hasan, M., & Sofa, A. R. Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil’Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253-271. 2025

Hasanah, M. N., & Bermi, W. Metode pembelajaran PAI. Pasaman Barat: Cv. Azka Pustaka. 2022

Hidayat, U. S. Model-model pembelajaran efektif. Bina Mulia Publishing. 2016

Kertati, I., Muhammadiah, M. U., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., … & Artawan, P. Model & metode pembelajaran inovatif era digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia. 2023

Majid, A. Analisis data penelitian kualitatif. Makassar: Penerbit Aksara Timur. 2017

Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur’an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255-274.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Keluarga: Strategi Pembinaan Iman, Ibadah, dan Akhlak di Era Globalisasi dan Digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303-317. 2025

Mutmainnah, Mutmainnah, Ahmad Syafii Rahman, Zainul Arifin, Toto Hermawan, Subary Subary, Imroatun Imroatun, and Waiduri Waiduri. “Mathematical Logic in Fiqh Learning at Indonesia Islamic Higher Education.” In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 43–54. Serang, 2024. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/10625.

Nadawina, N., Jaya, A., Ramadhanti, D., Imronudin, I., Fatchiatuzahro, F., Halim, A., & Jati, G. P. R. S. Penerapan Pembelajaran Deep Learning dalam Pendidikan di Indonesia. Star Digital Publishing. 2025

Nurmahanani, I. Penerapan Strategi Metakognisi dan Berpikir Kritis dalam Menulis Argumentasi pada Mahasiswa PGSD UPI Kampus Purwakarta. Metodik Didaktik, 10(1), 57-68. 2016. https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3242

Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam Pengembangan Pendidikan Islam: Integrasi Nilai, Metode, Evaluasi, Sosio-Kultural, dan Kompetensi Pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187-205. 2025 https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.407

Prihantoro, Agung, Fattah Setiawan Santoso, and Hilman Haroen. “Penerapan Assessment Of, For Dan As Learning Dalam Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 14, no. 1 (June 25, 2024): 59–78. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v14i1.2371.

Qomariyah, N., & Sofa, A. R. Implementasi Nilai-Nilai Kesejahteraan Sosial Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi Kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 223-238. 2025

Rahmat, M. P. I. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural (Vol. 1). Depok: PT RajaGrafindo Persada. 2019.

Restian, A. Psikologi pendidikan teori dan aplikasi (Vol. 2). Malang: UMMPress. 2020

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. 2022. https://doi.org/10.24260/ add.v1i2.1113

Sani, R. A. Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2022

Santoso, Fattah Setiawan, Cipto Sembodo, Subari, Muhammad Nur Kholis Al Amin, Salahuding Daman, and Abdul Hafidh Saemasae. “The Future Of Islamic Law Studies At Indonesia Islamic Higher Education.” Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), November 30, 2023, 622–28.

Santoso, J. Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 469-478. 2023. https://doi.org/ 10.37304/jikt.v14i2.267

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 164-173. 2018. https://doi.org/ 10.23887/jippg.v1i2.16397

Simatupang, H. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Surabaya: Pustaka Media Guru. 2019

Sirait, Gloria, Irving Josafat Alexander, Melfa Uli Magalena Purba, Kristina Lestari Siahaan, and Xenia S Miranda. “Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pengendalian Sampah Plastik Di Perguruan Tinggi.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 10, no. 1 (June 2025): 309–24. https://doi.org/10.47200/ JNAJPM.V10I1.2824.

Siregar, T. Stimulus Dan Respon Dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: Goresan Pena. 2025

Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. Pengembangan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan strategi pada siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775-781. 2025 https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2270

Sofa, A. R., Firdausiyah, J., Putri, I. D. I. S., Romli, M., Bukhori, M. I., & Syamsuddin, S. Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI:: Motivasi dan Konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 720-727. 2025 https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2279

Sofa, A. R., Muarrifah, S., Hanafi, H., Parawansah, S. H., & Nurhamsalim, M. Penilaian Pembelajaran PBA Berbasis Google Data Studio Power Bi, Table AI dan Phyiton AI di MTs Thoyyib Hasyim Jorongan Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 107-116. 2025 https://doi.org/10.31004/irje.v5i3.2548

Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955-966. 2025 https://doi.org/ 10.31004/irje.v5i2.2377

Suparsawan, I. K., & SD, S. P. Kolaborasi pendekatan saintifik dengan model pembelajaran STAD geliatkan peserta didik. Jakarta: Tata Akbar. 2020

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. Penelitian tindakan kelas. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing). 2022.

Syaifudin, S. Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17. 2021 https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Warsah, I., & Daheri, M. Penggunaan Flipbook Sebagai Media Akuisisi Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Curup. Doctoral dissertation. Institut Agama Islam Negeri Curup. 2024

Wibowo, H. Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Jakarta: Puri cipta media. 2020

Yunus, M., & Sofa, A. R. Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi Dalam Kehidupan Peserta Didik di MTS. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209-225. 2025 https://doi.org/10.61132/ hikmah.v2i1.596

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Parawansah, Siti Hanifah, Mahmud Yunus, M Rizqil Hasan Muqorrobin, Nurul Qomariyah, Syamsuddin Syamsuddin, Sholehatul Muarrifah, Miftahul Hasan, and Moh Hasan Firghol Muttaqien. “Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Tentang Proses Lupa Dan Transfer Pembelajaran Melalui Strategi Diskusi Reflektif”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 15, no. 2 (July 25, 2025): 439–454. Accessed December 5, 2025. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/2916.