Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Tentang Proses Lupa Dan Transfer Pembelajaran Melalui Strategi Diskusi Reflektif
DOI:
https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v15i2.2916Keywords:
reflective discussion, forgetting process, learning transfer, student understanding, educational psychologyAbstract
This study investigates the use of reflective discussion strategies to improve students’ understanding of forgetting and learning transfer. Conducted as Classroom Action Research on second-semester students of the Islamic Education Management Program at Zainul Hasan University, the study followed the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data from observations, interviews, and documentation were analyzed through data condensation. Results show that reflective discussions enhanced students’ grasp of forgetting theories and learning transfer types, while increasing their metacognitive awareness. The strategy proved effective in deepening conceptual understanding within the context of higher education learning.
Downloads
References
Armanto, K. A. Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Bimbingan Belajar (BIMBEL) Praja Edukasi Banda Aceh. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(2), 13-23. 2024. https://doi.org/10.35870/jikti.v1i2.1066
Astiti, K. A., Yanti, B. A. S., Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., Zahara, L., & Wijaya, I. K. W. B. Teori Psikologi Konstruktivisme. Badung: Nilacakra. 2024
Aulia, S. P. Signifikansi Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara. Doctoral dissertation. UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2022
Bahri, S., & Masitoh, S. Pendidikan Agama Islam Dan Kebebasan Berpikir. Kaffah: Jurnal Pendidikan dan Sosio Keagamaan, 3(2), 169-183. 2024
Budiutomo, Triwahyu, Anggar Kaswati, Imroatun Imroatun, Moh. Nasruddin, and Zainul Arifin. “Pendidikan Kebangsaan Pada Masjid Kampus Di Perguruan Tinggi Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (May 2022): 99-114-99–114. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i1.1157.
Diputera, A. M., & Zulpan, E. G. Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 108-120. 2024
Fauzan, F. A. Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran interaktif di tengah dampak penyakit virus corona 19 bagi pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93-102. 2020. https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v6i1.159
Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., & Khotimah, R. C. K. Model-model pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 105-113. 2023
Gulo, R. P. Kecerdasan Buatan Sebagai Asisten Guru Dalam Pendidikan Kristen: Etika, Peluang, Dan Batasan. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 6, 18-32. 2025
Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., & Hasibuan, M. N. S. Pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia berwawasan literasi di perguruan tinggi dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Education and Development, 8(3), 33-33. 2020. https://doi.org/10.37081/ ed.v8i3.1869
Hasan, M., & Sofa, A. R. Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil’Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253-271. 2025
Hasanah, M. N., & Bermi, W. Metode pembelajaran PAI. Pasaman Barat: Cv. Azka Pustaka. 2022
Hidayat, U. S. Model-model pembelajaran efektif. Bina Mulia Publishing. 2016
Kertati, I., Muhammadiah, M. U., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., … & Artawan, P. Model & metode pembelajaran inovatif era digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia. 2023
Majid, A. Analisis data penelitian kualitatif. Makassar: Penerbit Aksara Timur. 2017
Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur’an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255-274.
Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Keluarga: Strategi Pembinaan Iman, Ibadah, dan Akhlak di Era Globalisasi dan Digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303-317. 2025
Mutmainnah, Mutmainnah, Ahmad Syafii Rahman, Zainul Arifin, Toto Hermawan, Subary Subary, Imroatun Imroatun, and Waiduri Waiduri. “Mathematical Logic in Fiqh Learning at Indonesia Islamic Higher Education.” In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 43–54. Serang, 2024. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/10625.
Nadawina, N., Jaya, A., Ramadhanti, D., Imronudin, I., Fatchiatuzahro, F., Halim, A., & Jati, G. P. R. S. Penerapan Pembelajaran Deep Learning dalam Pendidikan di Indonesia. Star Digital Publishing. 2025
Nurmahanani, I. Penerapan Strategi Metakognisi dan Berpikir Kritis dalam Menulis Argumentasi pada Mahasiswa PGSD UPI Kampus Purwakarta. Metodik Didaktik, 10(1), 57-68. 2016. https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3242
Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam Pengembangan Pendidikan Islam: Integrasi Nilai, Metode, Evaluasi, Sosio-Kultural, dan Kompetensi Pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187-205. 2025 https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.407
Prihantoro, Agung, Fattah Setiawan Santoso, and Hilman Haroen. “Penerapan Assessment Of, For Dan As Learning Dalam Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Indonesia.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 14, no. 1 (June 25, 2024): 59–78. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v14i1.2371.
Qomariyah, N., & Sofa, A. R. Implementasi Nilai-Nilai Kesejahteraan Sosial Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi Kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 223-238. 2025
Rahmat, M. P. I. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural (Vol. 1). Depok: PT RajaGrafindo Persada. 2019.
Restian, A. Psikologi pendidikan teori dan aplikasi (Vol. 2). Malang: UMMPress. 2020
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. 2022. https://doi.org/10.24260/ add.v1i2.1113
Sani, R. A. Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2022
Santoso, Fattah Setiawan, Cipto Sembodo, Subari, Muhammad Nur Kholis Al Amin, Salahuding Daman, and Abdul Hafidh Saemasae. “The Future Of Islamic Law Studies At Indonesia Islamic Higher Education.” Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), November 30, 2023, 622–28.
Santoso, J. Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 469-478. 2023. https://doi.org/ 10.37304/jikt.v14i2.267
Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 164-173. 2018. https://doi.org/ 10.23887/jippg.v1i2.16397
Simatupang, H. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Surabaya: Pustaka Media Guru. 2019
Sirait, Gloria, Irving Josafat Alexander, Melfa Uli Magalena Purba, Kristina Lestari Siahaan, and Xenia S Miranda. “Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pengendalian Sampah Plastik Di Perguruan Tinggi.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 10, no. 1 (June 2025): 309–24. https://doi.org/10.47200/ JNAJPM.V10I1.2824.
Siregar, T. Stimulus Dan Respon Dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: Goresan Pena. 2025
Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. Pengembangan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan strategi pada siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775-781. 2025 https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2270
Sofa, A. R., Firdausiyah, J., Putri, I. D. I. S., Romli, M., Bukhori, M. I., & Syamsuddin, S. Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI:: Motivasi dan Konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 720-727. 2025 https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2279
Sofa, A. R., Muarrifah, S., Hanafi, H., Parawansah, S. H., & Nurhamsalim, M. Penilaian Pembelajaran PBA Berbasis Google Data Studio Power Bi, Table AI dan Phyiton AI di MTs Thoyyib Hasyim Jorongan Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 107-116. 2025 https://doi.org/10.31004/irje.v5i3.2548
Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955-966. 2025 https://doi.org/ 10.31004/irje.v5i2.2377
Suparsawan, I. K., & SD, S. P. Kolaborasi pendekatan saintifik dengan model pembelajaran STAD geliatkan peserta didik. Jakarta: Tata Akbar. 2020
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. Penelitian tindakan kelas. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing). 2022.
Syaifudin, S. Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17. 2021 https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Warsah, I., & Daheri, M. Penggunaan Flipbook Sebagai Media Akuisisi Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Curup. Doctoral dissertation. Institut Agama Islam Negeri Curup. 2024
Wibowo, H. Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Jakarta: Puri cipta media. 2020
Yunus, M., & Sofa, A. R. Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi Dalam Kehidupan Peserta Didik di MTS. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209-225. 2025 https://doi.org/10.61132/ hikmah.v2i1.596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Hanifah Parawansah, Mahmud Yunus, M Rizqil Hasan Muqorrobin, Nurul Qomariyah, Syamsuddin Syamsuddin, Sholehatul Muarrifah, Miftahul Hasan, Moh Hasan Firghol Muttaqien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





