Falak Dan Ilmu Yang Berkaitan Dengannya

  • Muthmainnah Muthmainnah
Keywords: Falak, astronomy, scientific, Interdisiplinary

Abstract

This paper confirms, through a literature review, that astronomy has been the concern not limited to its circle only. Many studies and scientific studies related to it co-developed the hisab and rukyat which became the main theme of its studies. Interdisciplinary studies in astronomy is revealed in the discourse of the Hijra calendar, among other things.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Syamsul., 2008, Hari Raya dan Problematika Hisab Rukyat, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Azhari, Susiknan, 2006, Penggunaan Sistem Hisab dan Rukyat ; Studi tentang Interaksi NU dan Muhammadiyah, Yogyakarta: Disertasi.

Badan Hisab & Rukyat Dep. Agama, 1981, Almanak Hisab Rukyat, Jakarta: Proyek Pembinaan Badan Peradilan Agama Islam.

Darsono, Ruswo, 2010, Penanggalan Islam;Tinjauan Sistem, Fiqh dan Hisab Penanggalan, Yogyakarta: Labda Press.

Djamaluddin, dkk, 2010, Hisab rukyat di Indonesia serta Permasalahannya, Jakarta: BMKG

___________., 2005, Menggagas Fiqh Astronomi, Bandung: Kaki Langit.

Jannah Sofwan, 2004, Kalender Hijriah dan Masehi 150 Tahun, Yogyakarta: UII Press.

Keputusan Muktamar Satu Abad, 2010, Berita Resmi Muhammadiyah, Yogyakarta: Surya Sarana Grafika.

Khazin, Muhyiddin., 2004, Ilmu Falak dalam Teori dan Praktik, Yogyakarta: Buana Pustaka.

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah., 2009, Pedoman Hisab Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Manshur bin Abdul Hamid, 1925 Sullamun Nayyirain, Jakarta: Al-Madrasah Al-Khoiriyah Al-Manshuriyah,.

Raharto, Moeji., 2001, Sistem Penanggalan Syamsiyah/ Masehi, Bandung: Penerbit ITB.

Ridha, Rasyid, dkk., 2008, Hisab Bulan Kamariah: Tinjauan Syar’i tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Ruskanda, Farid., 1996, 100 Masalah Hisab dan Rukyat; Telaah Syari’ah, Sains dan Tekhnologi, Jakarta: Gema Insani Press.

Saksono, Tono., 2007, Mengkompromikan Rukyat & Hisab, Jakarta: P.T. Amythas Publicita.

Suma, Amin M., Penetapan awal bulan qamariyah Berdasarkan Qur’an dan Sunnah, Workshop Nasional Hisab Rukyat.

Anwar, Syamsul., 2008, Perkembangan Upaya Penyatuan Kalender Internasional, Makalah disampaikan pada “Seminar Nasional Penetuan Awal Bulan Kamariah di Indonesia: Merajut Ukhuwah di Tengah Perbedaan,” yang diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, hari Kamis s/d Ahad, 29 Zulkaidah s/d 2 Zulhijah 1429 H / 27-30 Desember 2008 M.

Arkanuddin, Muthoha, Mengenal Peralatan Hisab Rukyat, Makalah Disampaikan pada Acara Pelatihan Hisab Rukyat Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hotel Plaza Arjuna Yogyakarta, 29 Juli 2007.

Iman Ma’rifat, Kapan dan Dimana Hari Dimulai: Tinjauan Fiqh, Makalah disampaikan pada acara Musyawarah Ahli Hisab dan Fikih Muhammadiyah, yang diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Yogyakarta: 20-22 Jumad al-Tsâniyah 1429 H. / 24-26 Juni 2008 M.

Khafid Dr. Ing., Garis Tanggal Internasional: Antara Penanggalan Miladiyah dan Hijriyah, Makalah disampaikan pada Musyawarah Nasional Penyatuan Kalender Hijriah, 17-19 Desember 2005.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Penggunaan Hisab Dalam Penetapan Bulan Baru Hijriah/Qomariyah, makalah disampaikan pada acara Seminar Nasional: Hisab Rukyat dan Perbedaannya, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Beragama, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, 20-22 Mei 2003.

Raharto Moeji, Kalendar Islam: Sebuah Kebutuhan dan Harapan, makalah Seminar Nasional Hilal 2009 “Mencari Solusi Kriteria Visibilitas Hilal dan Penyatuan Kalender Islam dalam Perspektif Sains dan Syari’ah di Lembang JABAR tanggal 19 Desember 2009.

Saksono, Tono., 2008, Pemikiran dalam Penyusunan Kalender Muslim Prolepsis: Universalitas dalam Spirit Lokal Disampaikan pada Musyawarah Ahli Hisab dan Fikih Muhammadiyah, Majelis Tarjih Dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Yogyakarta 24-26 Juni 2008.

Shadiq, Sriyatin, 1996, Tahun Miladiyah dan Tahun Hijriyah, Makalah disajikan dalam Pertemuan Ilmiah Ahli Hisab Jawa Timur, pada tanggal 5 Februari 1996, Surabaya : Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur.

Siddiq, Suwandojo, “Imkan al-Ru’yah sebagai Basis Terwujudnya Kalender Islam Internasional (International Islamic Calendar Based on Expected First Crescent Visibility)”, Makalah, disampaikan pada Simposium Internasional “Upaya Penyatuan Kalender Islam Internasional”, yang diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di Hotel Syahid Jaya, Jakarta, 22-24 Sya’ban 1428 H./ 4-6 September 2007 M.

Published
2016-06-30
How to Cite
Muthmainnah, Muthmainnah. “Falak Dan Ilmu Yang Berkaitan Dengannya”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 6, no. 1 (June 30, 2016): 49 - 59. Accessed July 3, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/2025.