Kompetensi Sosial Pendidik Dalam Perspektif Al-Quran

  • Ahmad Zain Sarnoto
  • Nur Fadhliyah
Keywords: Social Competence, Educator, Al-Qur'an

Abstract

This study examines the social competence of educators from the Al-Qur'an perspective, including the affective and psychomotor dimensions based on the values ​​of the Al-Qur'an. This study uses a qualitative approach with data collection techniques through library research and interpretation methods using the maudhu'i interpretation method This research proves that the internalization of Al-Qur'an values ​​in the implementation of educator social competencies will bring out the performance of moral teachers in learning communication according to the example of the Prophet, preventing the appearance of bad traits in students such as hatred, selfishness, unfriendlyness, intolerance. , grudges and other vices that lead to antipathy towards teachers and loss of respect. This research perfects the context of human relations with religious values ​​as a manifestation of faith in Allah, so that from this understanding the theory developed is not only anthropocentric but also theo-anthropocentric.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwikarta, Sudardja. Sosiologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016.

Amini. Profesi Keguruan. Medan: Perdana Publising, 2016.

Buyung, Ireine. “Murid Tusuk Guru hingga Tewas, Izin SMK Ichthus Manado Dicabut.” https://news.detik.com/berita/d-4762662/murid-tusuk-guru-hingga-tewas-izin-smk-ichthus-manado-dicabut, 2019.

Fatihah, Nurul, dan Difla Nadjih. “Hubungan Pendidik Dan Terdidik Dalam Al-Quran.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 7, no. 2 (Desember 19, 2017): 73–86.

Fikri, Muhammad, Muhammad Zaki Ananda, Nadiyatul Faizah, Rena Rahmani, Sefti Adelia Elian, dan Ade Suryanda. “Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis.” Jurnal Education and development 9, no. 1 (2021): 145–148.

Halim, M.Abdul. Menghias Diri dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pusaka, 2000.

Hardianto, Mujib, dan Syamsuddin Syamsuddin. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Dalam Islam (Studi Analisis Kitab Taisirul Khollaq Karya Al-Hafizh Hasan Al-Mas’uudi).” AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies) 8, no. 1 (2020): 1.

Mahmudi, Ihwan, dan Taufik Abdullah Attamimi. “Pengaruh Hidden Curriculum dan Disiplin Terhadap Religiusitas Siswa SMPN 1 Mlarak Ponorogo.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 1 (Juni 19, 2020): 71–85.

Nata, Abudin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana, 2009.

Nugroho, Taufik, Ahmad Zain Sarnoto, dan Siti Maria Ulfa. “Intelejensi Sosial Dalam Perspektif Quran.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 1, no. 1 (Januari 30, 2022): 61–76.

Octavia, Lilis Suryani, dan Siti Ina Savira. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 7.

Priatna, Tedi. Etika Pendidikan : Panduan bagi Guru Profesional. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.

Pujianti, Restu, Sumardi Sumardi, dan Sima Mulyadi. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (Agustus 16, 2021): 117–126.

Qutbh, Sayyid. Fî Zhilâl al-Qur’ân. Jakarta: Gema Insani, 2009.

Rahmawati, Arum Yuli Dwi, Muhammad Nasruddin, dan Imroatun Imroatun. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 1 (Juni 16, 2020): 1–12.

Ramayulis. Profesi, Etika dan Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia, 2016.

Rosyada, Dede. Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah. Jakarta : Kencana, 2017.

Sagala, Saiful. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2013.

Sampurno, Muchammad Bayu Tejo, Tri Cahyo Kusumandyoko, dan Muh Ariffudin Islam. “Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (2020): 529–542.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dalam Pendidikan.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 1, no. 1 (2011): 72–82.

———. “Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam.” Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya 1, no. 2 (2012): 41–50.

———. “Belajar Kecerdasan Berkomunikasi saat Pandemi.” Kompasiana.com, 2020.

———. “Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya 2, no. 2 (2013): 1–7.

———. “Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 5, no. 1 (2016): 48–58.

———. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 1, no. 2 (2012): 1–7.

———. “Metode Komunikasi Yang Ideal Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Al-Quran” 9, no. 1 (2021): 105–115.

———. “Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 2, no. 2 (2012): 55–66.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan M. Makbul Akbar. “Implementasi Reward Dan Punishment Pada Jenjang Sekolah Dasar Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Madani 11, no. 2 (2022): 17–28.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Dini Andini. “Sikap sosial dalam kurikulum 2013.” Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya 6, no. 1 (2017): 59–70.

Sarnoto, Ahmad Zain, Dien Nurmarina, dan Malik Fadjar. “Pembinaan Guru Profesional Berbasis Al- Qur ’ an.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2022): 675–682.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Sri Tuti Rahmawati. “Isyarat Kecerdasan Verbal Dalam Al-Qur’an.” Statement 11, no. 1 (2021): 1–13.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Siti Maria Ulfa. “Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an.” AoEJ : Academy of Education Journal 12, no. 2 (2021): 294–302.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Waluyo. “Pengaruh Kompetensi pedagogik guru tahfizh dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar tahfizh Al-Qur’an siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 8, no. 1 (2018): 48–62.

———. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Tahfizh Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Tahfizh Al-Qur’an Siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 8, no. 1 (2018): 49–62.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suhadi, Edi, Endin Mujahidin, Ending Bahruddin, dan Ahmad Tafsir. “Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2014): 42.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2010.

Sulistiyo, Razib Rozib. “Penguatan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Akhlak Di Sekolah.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 6, no. 1 (2016): 1–10.

Suriadi. “Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 21, no. 1 (2018): 123–141.

Tambak, Syahraini. Pendidikan Komunikasi Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2013.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research Methods). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Published
2022-12-31
How to Cite
Sarnoto, Ahmad, and Nur Fadhliyah. “Kompetensi Sosial Pendidik Dalam Perspektif Al-Quran”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 12, no. 2 (December 31, 2022): 305 - 322. Accessed May 1, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/1426.