Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Lagoa 05

  • Toaini Toaini
Keywords: upgrading, motivation to learn, school environment, learning resources

Abstract

This research is to examine the importance of increasing motivation to learn science in class V SDN Lagoa 05 North Jakarta through the use of the school environment as a learning resource. This research is an action research study, which is carried out in class, so it is commonly called Classroom Action Research (CAR). The results showed that there had been an increase in student learning motivation by utilizing the school environment as evidenced by the increasing percentage of motivation from the questionnaire distributed to 40 respondents from each cycle, namely 70.59% in cycle I, which means it was still below the target, and in cycle II the results achieved were 81.73%. Utilization of the school environment in learning can increase student learning motivation, because students become more stimulated to learn better.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharismi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Fadlilah, Azizah Nurul. “Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi Abstrak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 373–384.

Masmulyono, Masmulyono. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Muatan Pembelajaran Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2018/2019.” Intersections 7, no. 1 (Februari 1, 2022): 30–38.

Narut, Yosef Firman, dan Mikael Nardi. “Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9, no. 3 (2019): 259–266.

Pantiwati, Yuni. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif.” Jurnal Bioedukatika 3, no. 1 (2015): 27.

Rahman, Afzalur. AlQur’an Sumber Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” In PROSIDING “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 289–302. Gorontalo : Pascasarjana Universitas Gorontalo, 2021.

Rahmaniar, Erita, dan Andi Prastowo. “Implikasi Model Simulasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2021): 639–647.

Rakasa, Indra. “Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik.” Psikologi Pendidikan (2011): 1–135.

Rosita, S., dan Aris Muharam. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas IV SD/MI. Jakarta: Depdinas, 2018.

Rumhadi, Tri. “Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Diklat Keagamaan 11, no. 1 (2017): 33–41.

Saragih, Jan Piter. “Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Melalui Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Siswa Kelas X IPA-1 SMA Negeri 1 Siborongborong Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.” Intersections 6, no. 2 (Agustus 1, 2021): 38–46.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya 6, no. 2 (2017): 1–10.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Almaydza Pratama Abnisa. “Motivasi Belajar Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Scaffolding:Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 4, no. 2 (2022): 210–219.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Wahyudin. “Pengaruh Kurikulum Muatan Lokal Dan Pendidikan Agama Islam Terhadap Kepercayaan (Trust) Orang Tua Di MTs Jamiat Kheir Jakarta.” Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 7, no. 2 (2018): 1–15.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Waluyo. “Pengaruh Kompetensi pedagogik guru tahfizh dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar tahfizh Al-Qur’an siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 8, no. 1 (2018): 48–62.

Sesri Utami, Priti, dan Indra Jaya. “Motivasi Belajar Anak Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Awal Sekolah Dasar Kecamatan Sutera.” Jurnal Pelita PAUD 5, no. 2 (2021): 239–246.

Sidik, Zafar, dan A Sobandi. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 2 (2018): 50.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2010.

Published
2023-06-30
How to Cite
Toaini, Toaini. “Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Lagoa 05”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 13, no. 1 (June 30, 2023): 75 - 84. Accessed April 26, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/1423.