Upaya Peningkatan Kinerja Belajar Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik Pada Pelaksanaan Manajemen Kepala Sekolah Di SMPN 13

  • Sugiyarti Sugiyarti
Keywords: upgrading, teacher performance, teaching and learning activities, academic supervision

Abstract

This study examines the managerial capabilities of school administration which emphasizes: the ability to develop learning tools, the ability to renew/innovate is a set of technical skills in an effort to carry out educational reform and teaching and learning processes in schools, in the context of carrying out school administration managerial tasks at least three kinds of skill areas, namely: technical, human and conceptual. The three school administration managerial skills vary according to the level of the manager's position in the organization. Managers can be divided into three levels, namely: top manager, middle manager and teacher manager. Likewise with this research, there are a number of benefits for both writers and readers. The impacts or benefits of this research are: (1) The results of this research are expected to be useful for developing educational administration disciplines, especially regarding teacher management at SMP Negeri 13 Kebayoran Baru, South Jakarta, (2) For the world of education in general, the results of this research are expected to be used as a reference as input for improving the quality of students in high schools, and the results of this study can be useful for teachers at SMP Negeri 13 Kebayoran Baru, South Jakarta in improving their performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Iskandar. Mengembangkan Profesionalitas Guru: Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru. Jakarta: Bee Media, 2014.

Arikunto, Suharismi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Djuhartono, Tjipto, Ulfiah Ulfiah, Hanafiah Hanafiah, dan Deti Rostini. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan.” Research and Development Journal of Education 7, no. 1 (2021): 101.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. (Jakarta: Bumi Aksar, 2006.

Hermawati, Wawat, Rohmatul Fawaiz, dan Laelatul Nurjanah. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 2 Susukan Lebak.” Jurnal Manajemen 15, no. 1 (2021): 1–6.

Isbianti, Pandit, dan Dwi Esti Andriani. “Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah.” Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2021): 75–85.

Mansyur, Umar, Erick Irawadi Alwi, dan Ihramsari Akidah. “Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (Februari 21, 2022): 23–34.

Marusdi, Marusdi. “Upaya Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Fasilitas Voice Note Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 1, no. 2 (Agustus 29, 2022): 201–2014.

Muklis Riyanto. “Manajemen kepala sekolah dalam melaksanakaan supervisi akademik di sma negeri 5 lubuklinggau.” Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2015): 50–56.

Mulyani, Ade. “Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pembelaran pada SMK Sekabupaten Purwakarta.” Jurnal Administrasi Pendidikan 14, no. 1 (2012): 86.

Mulyasa, E. Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya, 2005.

Nasution, Ruqoyyah. “Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi.” Proceeding Biology Education Conference 13, no. 1 (2016): 352–358.

Panjaitan, Belman. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, no. 1 (Mei 10, 2021): 37–48.

Sanglah, I Nyoman. “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, no. 3 (2021): 528.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya 2, no. 2 (2013): 1–7.

———. “Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 4, no. 1 (2015): 1–4.

———. “Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 2, no. 2 (2012): 55–66.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Nanang Gunadi. “Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Dalam Pembinaan Profesionalisme Guru.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya 2, no. 1 (2013): 57–66.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Waluyo. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Tahfizh Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Tahfizh Al-Qur’an Siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 8, no. 1 (2018): 49–62.

Sirait, Lince. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, no. 1 (Mei 10, 2021): 63–74.

Sudjana, Nana. Standar Mutu Kepala Sekolah. Jakarta : Depdiknas, 2006.

Sulistiadi, Andi, Otto Berman, Virza Utama, dan Fredson Kotamena. “Strategi Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Era Online Learning.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya 18, no. 4 (2020): 233–242.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Published
2023-06-30
How to Cite
Sugiyarti, Sugiyarti. “Upaya Peningkatan Kinerja Belajar Mengajar Guru Melalui Supervisi Akademik Pada Pelaksanaan Manajemen Kepala Sekolah Di SMPN 13”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 13, no. 1 (June 30, 2023): 51 - 64. Accessed April 27, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/1420.