Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Evaluasi Hasil Belajar Melalui Lokakarya Berkesinambungan Di SMPN 56

  • Naryo Naryo
Keywords: improving, teacher capabilities, evaluation, learning outcomes, continuous workshop

Abstract

This research is motivated by the existence of various problems related to the teacher's ability to prepare test questions for student learning outcomes that have not referred to established standards. Collecting data using the method of observation, documentation, and interviews. The analysis is carried out through records of changes that occur in the stages of implementing the action until saturated data is found, then it is concluded as a whole. The results of this study indicate that the implementation of continuous workshops has a significant impact on improving the skills of SMP Negeri 56 Jakarta teachers. This can be seen from the ability to write quality questions in each cycle has increased. The ability to write multiple choice questions in the pre-action obtained an average of 61.06% and in cycle 1 increased to 70.72% because it did not meet the performance indicators, the action was continued in cycle 2 and the average acquisition increased to 79.41% and already fulfilled the performance indicators in this study . Furthermore, the ability to write description questions in the pre-action obtained an average of 60.54% and in cycle 1 increased to 70.56% because it did not meet the performance indicators, the action was continued in cycle 2 and the average acquisition increased to 80.95% and already fulfilled the performance indicators in this study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Iskandar. Mengembangkan Profesionalitas Guru: Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru. Jakarta: Bee Media, 2014.

Arikunto, Suharismi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Efride, Susi. “Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademis Kepala Sekolah Di SMPN 4 Murung Satu Atap Tahun Pelajaran 2021/2022.” e- Jurnal Mitra Pendidikan 6, no. 5 (Juni 30, 2022): 314–327.

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. “Peserta Didik Dalam Wawasan Al-Qur’an.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam (2020): 40.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Bandung, 2001.

Handoyo, Ari Dwi dan Zulkarnaen. “Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional 1, no. 1 (2019): 21–24.

Jamian, Jamian. “Pelaksanaan Tindakan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 29 Sanggau.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, no. 2 (Agustus 23, 2021): 191–202.

Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan Johar Permana. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Khusni, Moh. Faishol. “Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2, no. 2 (2018): 1–31.

Kusaeri, dan Suprananto. Pengukuran dan Penilain Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Mardiah, Ainal. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Irasional Melalui Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two Siswa Kelas X MIA 2 SMAN 1 BUKIT Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.” Intersections 7, no. 1 (Februari 1, 2022): 20–29.

Mujitahid, Ahmad. “Peningkatan Kinerja Guru dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademis Kepala Sekolah.” Journal of Classroom Action Research 4, no. 1 (Maret 1, 2022): 93–100.

Mulyasa, E. Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya, 2005.

Mustagfiroh, Siti. “Konsep ‘ Merdeka Belajar ’ Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3, no. 1 (2020): 141–147.

Nurhayati, Sri, M Fajar Wicaksono, Riani Lubis, Myrna Dwi Rahmatya, dan Hidayat Hidayat. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung.” Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE) 1, no. 2 (2020): 70–76.

Panjaitan, Belman. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, no. 1 (Mei 10, 2021): 37–48.

Pendidikan, Tim Pusat Penilaian. Panduan Penulisan Soal Tahun 2021. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Penelitian, Pusat Penilaian Pendidikan, 2021.

Prihantoro, Agung. “Asesmen Formatif Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (Juni 11, 2021): 53–64.

———. “Kegagalan Pelaksanaan Asesmen Autentik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Dan Menengah.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 1 (Juni 12, 2021): 29–54.

Rosali, Ely Satiyasih. “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya.” Geography Science Education Journal (GEOSEE) 1, no. 1 (2020): 21–30.

Saifulloh, Ahmad Munir, dan Mohammad Darwis. “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2020): 285.

Santoso, Fattah Setiawan. “Lingkungan Keluarga Sebagai Awal Pengembangan Kewirausahaan Islam.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 1 (Juni 16, 2020): 13–22.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar.” Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 3, no. 1 (2014): 46–56.

———. “Konsepsi Evaluasi Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya 3, no. 2 (2014).

———. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 1, no. 2 (2012): 1–7.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Deni Suryanto. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa.” Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 6, no. 2 (2017): 43–56.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Siti Maria Ulfa. “Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an.” AoEJ : Academy of Education Journal 12, no. 2 (2021): 294–302.

Semiawan, Conny. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: PT Ideks, 2009.

Sirait, Lince. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, no. 1 (Mei 10, 2021): 63–74.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Suyatno, Suyatno. “Direct Instruction Aproach (DIA) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran.” Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 1, no. 1 (Januari 30, 2022): 77–90.

Tarmini, Wini, Imam Safi’i, Yeni Witdianti, dan Suci Larassaty. “Peningkatan kompetensi profesional guru melalui webinar evaluasi hasil belajar bagi guru-guru MTs Al-Ma’arif 1 Aimas.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 1 (Juni 30, 2020): 53–62.

Wardani, Naniek Sulistya, Slameto, dan Adi Winanto. Asesmen Pembelajaran SD : Bahan Belajar Mandiri. Salatiga: Widya Sari Press, 2012.

Wibowo, Slamet. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Melalui Lokakarya Berkesinambungan Bagi Guru SMK Negeri 43 Jakarta.” Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya 8, no. 2 (November 18, 2019): 89–96.

Published
2023-06-30
How to Cite
Naryo, Naryo. “Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Evaluasi Hasil Belajar Melalui Lokakarya Berkesinambungan Di SMPN 56”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 13, no. 1 (June 30, 2023): 13 - 30. Accessed December 10, 2023. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/1416.