Upaya Peningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dengan Metode CIRC Pada Siswa SMKN 58

  • Anik Kurniatun
Keywords: Learning Outcomes, Civic Education, CIRC, Vocational High School

Abstract

This research is motivated by the implementation of traditional/conventional teaching and learning activities. This system only emphasizes conventional teaching approaches and Knowledge Transfer so that many students feel bored and are not interested in Civics lessons. This classroom action research was carried out in 3 cycles for 3 months. In this study the researchers collaborated with Civics subject teachers, all students of class X for the 2019-2020 academic year as well as data sources. The results of the study show that applying the Cooperative Integrated Reading and composition approach can improve student achievement in Civics subjects and increase student learning activities and can generate student interaction in the learning process. Student learning outcomes experienced an increase in mastery learning cycles 1, 2, and 3, namely 77.5%, 82.5% and 100%. This approach can overcome students who are slow learners so that they can interact and work together with other students. Thus the learning objectives designed by the teacher can be achieved. In this study the researchers suggested that every teacher's activities and steps in the learning process can apply learning models that can arouse students' enthusiasm, especially the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) approach.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Iskandar. Mengembangkan Profesionalitas Guru: Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru. Jakarta: Bee Media, 2014.

Anwar, Hamdani, Ahmad Zain Sarnoto, dan Nurul Habiburrahmanuddin. “Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Al- Qur ’ an.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2002): 1453–1470.

Arikunto, Suharismi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Azzahra, Nurma Annisa, Hardika, dan Dedi Kuswandi. “Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Bunga Rampai Usia Emas 07, no. 01 (2021): 27–37.

Damayanti, Anita, Agus Suradika, dan BT Asmas. “Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi.” Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (2020): 1–10.

Fatihah, Nurul, dan Difla Nadjih. “Hubungan Pendidik Dan Terdidik Dalam Al-Quran.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 7, no. 2 (Desember 19, 2017): 73–86.

Fithriyah, Muh, dan Fithrah. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak, 2017.

Gemnafle, Mathias, dan John Rafafy Batlolona. “Manajemen Pembelajaran.” Jurnal pendidikan profesi guru indonesia 11, no. 1 (2017): 99–132.

Harianja, Sabam. “Pelaksanaan Kegiatan iHT Dengan Aplikasi Google Meeting Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Daring Masa Pandemi COVID 19.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 7, no. 1 (November 9, 2021): 1–12.

Hartati, Hartati. “Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Electronic Book (E-Book) Terhadap Hasil Belajar Menulis Karya Ilmiah dan peningkatan Karakter Mahasiswa PGSD Universitas Negeri Semarang.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, no. 1 (Januari 25, 2018): 84–93.

Hartati, Tatat, dan Anggi Citra Apriliana. “Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Literasi Siswa Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 1 (Februari 16, 2021): 31–42.

Prihantoro, Agung. “Mengembangkan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Kreatif.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 8, no. 1 (Juni 14, 2018): 49–62.

Saifulloh, Ahmad Munir, dan Mohammad Darwis. “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2020): 285.

Sari, Ayu Winda, Dina Natalia, dan Nurul Hasanagh. “Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Filsafat Pendidikan Islam.” Suhuf 32, no. 1 (2020): 28–49.

Sarnoto, A Zain, dan Taufik Nugroho. “Dimensi Mutu dalam Pendidikan Sekolah.” Jurnal Ulumuddin 5, no. 1 (2015): 48–57.

Sarnoto, Ahmad Zain. “Konsepsi Komunikasi Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan 6, no. 1 (2016): 36–45.

———. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 1, no. 2 (2012): 1–7.

———. “Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 4, no. 1 (2015): 1–4.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Ely Budiyanti. “Karakteristik Model Quantum Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” as-sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021): 65–76.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Permadi Trisna Siswanto. “Esensi Nilai-Nilai Keindonesiaan Dalam Pendidikan Karakter.” Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 2, no. 1 (2013): 1–7.

Shunhaji, Akhmad, dan Nurlia Aliyah. “Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan Al-Qur’an Di Sdit Buahati Islamic School 2 Jakarta Timur.” Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya 10, no. 1 (2021): 6.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sumitra, Agus, dan Nita Sumini. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud.” Jurnal Ilmiah Potensia 4, no. 2 (2019): 115–120.

Susiprayati, Ni Komang, Ni Wayan Arini, dan Ignatius I Wayan Suwatra. “Penerapan Model Pembelajaran CIRC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Wacana Narasi Siswa Kelas V SD No.3 Panjianom.” MIMBAR PGSD Undiksha 2, no. 1 (Februari 27, 2014).

Widiastuti, Asti, Dinie Anggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. “Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa di Era Globalisasi.” Jurnal Edumaspul 6, no. 1 (2022): 1079–1082.

Published
2022-12-31
How to Cite
Kurniatun, Anik. “Upaya Peningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dengan Metode CIRC Pada Siswa SMKN 58”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 12, no. 2 (December 31, 2022): 323 - 332. Accessed April 25, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/1412.