Penanaman Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Oleh Orang Tua Muslim Kepada Anak Usia Dini Saat Wabah COVID-19

  • Yayah Rukhiyah
  • Busthomi Ibrohim
  • Nila Karunia
Keywords: instilling, clean and healthy living behavior, Parents, early childhood

Abstract

This study is intended to understand how parents of early childhood instill clean and healthy living behavior (PHBS) in them in urban village areas during the COVID-19 pandemic. By allowing conditions to run naturally, the use of a qualitative methodology with an ethnographic pattern is the choice in this research method. All informants are devoted to families who have children aged 5 years who experience school from home by collecting data through observation, documentation and in-depth interviews. As a result, PHBS education has been carried out by parents according to the abilities and conditions of each family. These limitations cause certain behaviors that occur during a pandemic that do not run optimally, such as the use of masks. Suggestions for further studies are research on PHBS education which involves three educational environments for early childhood, both during the pandemic or normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi, Anggito. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: CV Jejak, 2018.

Anhusadar, Laode, dan Islamiyah Islamiyah. “Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (Juli 9, 2020): 463–475.

Atikah, Proverawati. PHBS perilaku hidup bersih dan sehat. Yogyakarta: Medical book, 2017.

Baharuddin. 2019-nCov melindungi diri sendiri dengan lebih memahami virus Corona.Yogyakarta. Rapha Publishing, 2020.

Hastuti, Eka Puji, Siti Aisah, dan Budi Santosa. “HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN MENCUCI TANGAN PADA ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK SIWI PENI GUNTUR DEMAK.” Fikkes - Jurnal Keperawatan 4, no. 2 (2011): 106–120.

Hidayat, Fattah, Imam Hidayat, Abdul Ghofur, dan F Setiawan Santoso. “Penanganan Kesehatan Pasien Reaktif COVID-19 Melalui Terapi Zikir Dan Lingkungan Wawasan Pengalaman Subyektif.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 11, no. 1 (Juni 12, 2021): 1–12.

Idad, Suhada. Psikolog Perkembangan Anak Usia dini(Raudhatul Athfal). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Imroatun, Imroatun, Ine Nirmala, Juhri Juhri, dan Birru Muqdamien. “Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 57–66.

Imroatun, Imroatun. “Masjid dan Pengembangan Wawasan Anak Usia Dini dalam Pelestarian Lingkungan Hidup Nasional.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 5, no. 1 (2015): 21–28.

Iskandar. Metodolog penelitian kualitatif. Jakarta. Persada, 2009.

Jaka, Pradipta. Antipanik buku panduan virus Corona. Jakarta. PT Elex media komputindo, 2020.

Jauhari. “PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19.” Jurnal Buah Hati 7, no. 2 (September 16, 2020): 169–181.

Julianti, Ratna, Muhammad Nasirun, dan Wembrayarli Wembrayarli. “PELAKSANAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI LINGKUNGAN SEKOLAH.” Jurnal Ilmiah Potensia 3, no. 2 (Juli 16, 2018): 76–82.

Kristanti, Retyan, Elisa Novie Novie Azizah, dan Narendra Kusumastuti. “PENGARUH PENGENALAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP KESEHATAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19.” JCE (Journal of Childhood Education) 5, no. 1 (Maret 29, 2021): 174–184.

Lilis, Madyawati. Strategi pengembangan bahasa anak usia dini. Jakarta. Kencana, 2017.

Mansyur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 2009.

MARDHIATI, RETNO. “GURU PAUD : PENDIDIKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA DINI.” IKRA-ITH ABDIMAS 2, no. 3 (2019).

Maspupah, Ulpah. manajemen pengembangan kurikulumPAUD teori dan aplikasi. Yogyakarta. Ar-Ruzz media, 2019.

Mulianah, Khaironi. perkembangan anak usia dini, Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, Vol.3 No. 1, 2018.

Nadjih, Difla, dan F Setiawan Santoso. “Sosialisasi Fikih Lingkungan Usulan Pemberdayaan Majelis Taklim Di Desa Nelayan.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 5, no. 2 (2015): 65–73.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta, 2012.

Nurhayati, Ria. “Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 4, no. 1 (Juni 28, 2019): 79–88.

Pandoman, Agus. “Analisis Quietus Politik Terhadap Upaya Pemerintah Menangani Wabah Covid-19 Pasca Deklarasi Public Health Emergency Of International Concern (PHEIC).” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 1 (Juni 2020): 1–12.

Prihatmoko, Dedik Dwi. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Sekolah Islam Terpadu Dalam Kajian Literatur.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 10, no. 2 (Desember 29, 2020): 117–132.

Pujianti, Restu, Sumardi Sumardi, dan Sima Mulyadi. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (Agustus 16, 2021): 117–126.

Rahmadi. (2011). pengantar metodologi penelitian, Banjarmasin. Antasari Press.

Santoso, Fattah Setiawan. “Lingkungan Keluarga Sebagai Awal Pengembangan Kewirausahaan Islam.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 1 (Juni 16, 2020): 13–22.

Sujiono, Nuraini Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Indeks, 2013.

Surur, Agus Miftakus, dan Ana Ulin Nadhirin. “Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020).

Susilo, Adityo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, et al. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7, no. 1 (April 1, 2020): 45–67.

Tabi’in, A. “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Covid 19.” JEA (Jurnal Edukasi AUD) 6, no. 1 (Juli 1, 2020): 58–73.

Zakiyah, Nurjanah, Nurhikma Nurhikma, dan Asiyah Asiyah. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi COVID-19.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021): 127–138.

Published
2022-06-18
How to Cite
Rukhiyah, Yayah, Busthomi Ibrohim, and Nila Karunia. “Penanaman Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Oleh Orang Tua Muslim Kepada Anak Usia Dini Saat Wabah COVID-19”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 12, no. 1 (June 18, 2022): 171 - 184. Accessed April 26, 2024. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/1200.