PEMODELAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN MENGGUNAKAN EPA SWMM 5.1 DI KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

  • Ratih Nurmala Saridewi Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Muchamad Arif Budiyanto Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
Keywords: Debit Banjir Rancangan, Drainase Perkotaan, SWMM

Abstract

Banjir yang terjadi di wilayah pemukiman sering kali disebabkan oleh gagalnya saluran drainase membuang kelebihan air tersebut. Di mana curah hujan yang tinggi tidak diimbangi dengan kapasitas saluran yang memadai atau bahkan tertutup oleh sampah. Permasalahan yang terjadi pada sistem drainase Kabupaten Tapin terutama daerah Kecamatan Tapin Utara yaitu Ex Kantor Bupati Lama adalah saluran drainase yang ada belum sepenuhnya berfungsi secara maksimal Sebagai upaya untuk memperbaiki desain drainase yang terdapat di Kecamatan Tapin Utara maka dilakukannya evaluasi kapasitas saluran drainase eksisting sehingga ditemukan solusi yang dapat digunakan untuk menangani masalah genangan di daerah ini. Pemodelan sistem drainase pada penelitian ini menggunakan program EPA Storm Water Management Model (SWMM) 5.1. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan dengan hujan kala ulang 5 tahunan kondisi eksisting saluran masih banyak terjadi banjir di beberapa titik lokasi. Dengan memperbesar dimensi dan penggantian tipe saluran dihasilkan rencana sistem drainase sudah tidak mengalami banjir. Pengaruh perbedaan dari nilai kekasaran saluran (n, manning) sangat besar dalam penentuan jenis tipe saluran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M., Budiyanto, M. A., & Jaya, R. P. (2023). Analisis Kapasitas Sungai Doho Dalam Rangka Penanggulangan Banjir. CivETech, 5(2), 24-30.
Budiyanto, M. A., & Amri, C. (2019). Analisa Kapasitas Sungai Kaliyasa Cilacap. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 16(1), 26-39.
Budiyanto, M. A., Kristiyanto, H., & Savareno, M. A. (2022). Analisis Aliran Banjir Sungai Gajah Wong Daerah Istimewa Yogyakarta. CivETech, 4(1), 30-40.
Budiyanto, M. A. (2023). Analisis Kapasitas Volume Tampungan Polder Rumah Sakit Upt Vertikal Surabaya. CivETech, 5(1), 18-25.
Chow, V.T., Maidment, D.R., and Mays, L. W. (1988). “Applied Hydrology”. New York: McGraw-Hill Book Company.
Harto, S. (2000). Hidrologi Teori, Masalah Penyelesaian. Nafiri Offset, Yogyakarta
Permen PU No. 12/PRT/M2014 tentang “Tata Cara Perencanaan Sistem Drainase Perkotaan”, Jakarta, Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia.
Rossman, L. A. (2015). Storm Water Management Model User’s Manual Version 5. 1, no. September. Cincinnati: Office of Research and Development.
Triatmodjo, B. (2010). Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.
Published
2024-02-01
How to Cite
Saridewi, R., & Budiyanto, M. (2024). PEMODELAN SISTEM DRAINASE PERKOTAAN MENGGUNAKAN EPA SWMM 5.1 DI KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. CivETech, 6(1), 36-53. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/CivETech/article/view/2246
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)