PENGGUNAAN MODUL OPERASI HITUNG DI SD NEGERI 3 KANOMAN PANJATAN KULONPROGO PASCA COVID 19

Authors

  • Rina Febriana Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Ika Septi Hidayati
  • Prihastini Oktasari Putri

DOI:

https://doi.org/10.47200/gemi.v2i1.1340

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat penting karena menjadi dasar bagi siswa untuk lebih memahami konsep berpikir abstrak. Alat peraga adalah benda tertentu yang sengaja dibuat, dikumpulkan, dan disusun yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mempresentasikan konsep matematika. Salah satu hal tentang operasi bilangan bulat adalah pengurangan bilangan bulat. Materi matematika bilangan bulat khususnya pengurangan bilangan bulat perlu diajarkan kepada siswa sekolah dasar, terlihat setelah adanya pandemi ini siswa sekolah dasar kesulitan untuk mengurangi bilangan bulat. Maka kami dari tim P2M ingin mempermudah siswa SD ini dalam menggunakan bilangan bulat dengan menggunakan modul operasi aritmatika. konsep operasi aritmatika (penjumlahan dan pengurangan) meningkatkan kualitas pembelajaran dalam hal penggunaan media sehingga materi matematika menjadi lebih konkrit, dan pelaksanaan pelatihan mengembangkan fasilitas pembelajaran yang inovatif

References

Andhani, N., & L, E. N. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 1–8.

Anugrahana, A. (2020). Analisis kesalahan matematika konsep operasi hitung bilangan bulat mahasiswa calon guru sekolah dasar. SIGMA, 5(2), 91–99.

Ervin Oktavianingtyas. (2015). Media untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Pancaran, 4(4), 207–218.

Pranata, O. H., & Respati, R. (2019). Pengaruh Media Kartu Bilangan terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 58–67.

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). PENGENALAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Khwarizmi, II(1), 119–128.

Wahyuningtyas, D. T. (n.d.). Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 587–592.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Febriana, R., Hidayati, I. S., & Putri, P. O. (2022). PENGGUNAAN MODUL OPERASI HITUNG DI SD NEGERI 3 KANOMAN PANJATAN KULONPROGO PASCA COVID 19. JURNAL GEMI: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.47200/gemi.v2i1.1340

Issue

Section

Articles